10 Cara Menghilangkan Ketombe Basah dan Berminyak, Ampuh dan Dijamin Aman!

Ada 2 jenis ketombe yaitu kering dan basah atau berminyak. Jika Anda menderita ketombe basah, perlu Cara Menghilangkan Ketombe Basah dan perawatan yang lebih rumit,

Untuk melihat perbedaannya, ketombe basah ditandai dengan munculnya ketombe berminyak di kulit kepala. Ini karena kulit kepala menghasilkan banyak sebum, yang menyebabkan sebum berlebih.

Cara Menghilangkan Ketombe Basah
operaqqlounge.com

Sedangkan untuk ketombe kering ditandai dengan bedak berwarna putih yang menempel di bahu. Kedua hal ini pasti mengganggu dan membuat kulit kepala gatal.

Salah satu dari sekian banyak masalah yang mengganggu kesehatan rambut dan kulit kepala adalah ketombe. Jangan khawatir, dengan perawatan rambut yang tepat, rasa gatal dan serpihan putih yang mengotori pakaian bisa dihilangkan. Namun memilih cara menghilangkan ketombe sebaiknya dimulai dengan mengetahui jenis dan penyebab ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe Basah dan Berminyak

Produksi sebum atau minyak di kulit kepala diperlukan untuk menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala. Tapi masalahnya dimulai ketika ada kelebihan minyak atau kelenjar sebaceous. Inilah penyebab ketombe. Kondisi ini memburuk jika kotoran menempel di kulit kepala yang lengket, menyebabkan gatal dan infeksi parah.

1. Gunakan sampo ketombe

Shampo anti ketombe bisa digunakan sebagai cara ampuh menghilangkan ketombe. Namun untuk hasil terbaik, pilihlah yang memiliki formulasi ringan atau mengandung bahan organik. Selain mencegah kerusakan lebih lanjut pada rambut, juga membantu mengontrol produksi sebum di kulit kepala.

2. Cuci rambut Anda secara teratur

Ketombe yang bercampur dengan kotoran dan sebum dapat menyebabkan kulit kepala menjadi sangat gatal. Sering mencuci rambut adalah cara yang tepat dan efektif untuk menghilangkan ketombe. Selain membantu menghilangkan minyak berlebih, juga mencegah penumpukan kotoran dan sel kulit mati, sehingga terhindar dari risiko gatal dan infeksi.

3. Cara Menyisir Rambut

Pijat kulit kepala dengan sisir, setiap kali dengan sampo anti ketombe. Selain membantu melancarkan peredaran darah yang menutrisi rambut, juga membersihkan kulit kepala dengan lebih efektif. Lakukan secara perlahan dan teratur sebagai cara alami menghilangkan ketombe.

4. Bilas sampo ketombe sampai bersih

Pastikan Anda membilas rambut secara menyeluruh setelah setiap penggunaan sampo anti ketombe. Tetap kering secara alami. Untuk mengatasi ketombe, hindari menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan rambut Anda. Kondisi yang membuat rambut kering justru meningkatkan produksi minyak di kulit kepala.

5. Gunakan produk perawatan rambut dengan benar

Jika Anda melihat peningkatan tiba-tiba dalam produksi minyak di kulit kepala Anda, Anda harus curiga menggunakan produk perawatan rambut. Ini mungkin karena residu dari penggunaan sampo dan kondisioner ketombe yang berlebihan, yang tidak tersapu secara optimal. Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan hair spray, yang akan menyumbat pori-pori di kulit kepala dan memperparah masalah ketombe yang ada.

6. Gaya hidup sehat

Selain menggunakan produk yang tepat, Cara Menghilangkan Ketombe Basah yang lain adalah dengan gaya hidup sehat juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Perbaiki pola makan Anda dengan memasukkan banyak buah dan sayuran, minum banyak air, dan menjaga tingkat stres serendah mungkin. Sistem tubuh yang sehat tentunya akan mempengaruhi kondisi rambut dan kulit kepala. Hasilnya ketombe basah tidak berani datang kembali!

7. Lakukan Perawatan dengan Cuka Apel

Cuka sari apel dapat mengurangi tingkat sebum di kulit kepala, dan sifat antimikrobanya juga membantu menekan pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Untuk mengobati ketombe basah, encerkan 4 sendok makan cuka sari apel dengan jumlah air yang sama. Oleskan ke kulit kepala menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam larutan. Biarkan selama minimal 30 menit, lalu cuci rambut Anda dengan sampo anti ketombe ringan.

8. Tambahkan suguhan jus lemon

Jus lemon adalah zat alami yang membantu mengontrol produksi sebum di kulit kepala. Selain itu, juga menyeimbangkan nilai pH kulit kepala, sehingga mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Berhati-hatilah untuk tidak mengoleskan jus lemon langsung ke kulit kepala karena dapat menyebabkan iritasi. Sebagai cara alami menghilangkan ketombe, encerkan dengan sedikit air lalu oleskan secara merata ke kulit kepala. Lakukan rutin ini hingga 10 hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

9. Menghilangkan Ketombe dengan Baking Soda

Trakhir Cara Menghilangkan Ketombe Basah adalah dengan menggunakan baking soda, baking soda mengurangi kelebihan sebum di kulit kepala dan mengurangi perkembangan jamur penyebab ketombe. Sebagai cara menghilangkan ketombe yang efektif, caranya cukup mudah. Oleskan ragi pada kulit kepala yang basah, lalu pijat selama beberapa menit. Biarkan selama 2-5 menit, lalu bilas hingga bersih.

Jangan menyerah pada ketombe basah yang mengganggu penampilan Anda. Berjuang dengan beberapa Cara Menghilangkan Ketombe Basah ini, ya.