Fund Manager atau Manajer Investasi Adalah

Bagi Anda yang baru mengenal investasi, pernahkah Anda mendengar tentang Fund Manager atau Manajer Investasi ? Ingin tahu apa saja peran dan fungsi yang dimiliki manajer investasi?

Fund Manager atau Manajer Investasi
satutumbuhseribu.valbury.co.id

Fund Manager atau Manajer Investasi Adalah

Jadi begini jika berdasarkan pengertian Manajer Investasi (MI) atau Asset Management, ada seseorang yang bertugas mengelola dana nasabah atau investor secara profesional di berbagai penempatan instrumen investasi seperti saham, obligasi, deposito dan berbagai produk investasi lainnya, dengan tujuan untuk menciptakan keuntungan bagi investor. Ini seperti jika kita mengendarai bus, pengemudi MI membawa kita ke tujuan kita. Dengan berinvestasi, uang kita akan disalurkan ke instrumen investasi.

Tujuan Manajer Investasiadalah untuk mengelola aset portofolio dari dana investor untuk diinvestasikan pada reksa dana. Jika kita uraikan secara mendalam, tugas utama Manajer Investasiadalah:

  1. Dalam mengelola aset nasabah, manajer investasi dalam pengelolaan reksa dana mematuhi kebijakan investasi yang ditetapkan dalam prospektus reksa dana. Berdasarkan semua aspek, manajer investasi memilih instrumen investasi sebagai portofolio dana investasi, yang dapat berupa saham, obligasi, produk kustodian atau efek lainnya. Oleh karena itu, kinerja dan keberhasilan reksa dana sangat dipengaruhi oleh kemampuan manajer investasi dalam mengelola portofolio investasinya.
  2. Manajer investasi wajib menghitung nilai wajar (NPW) efek dalam portofolio efek Reksa Dana guna menghitung kekayaan bersih (NAB) reksa dana bank kustodian. Yang akan dihitung dan dilaporkan kepada nasabah adalah terkait dengan seberapa besar nilai investasi reksa dana tersebut di pasar saham setiap harinya, sehingga Anda dapat mengetahui seberapa besar pertumbuhan aset kita dibandingkan hari sebelumnya. Selain bisa mendapatkan laporan ini dari bank kustodian dan koran, biasanya juga bisa Anda dapatkan di berbagai aplikasi investasi, mudah bukan?

Fund Manager atau Manajer Investasi adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk menerapkan strategi investasi dan mengelola dana investasi dalam portofolio. Memang, fund manager adalah bagian dari manajer investasi, yaitu mereka yang mengelola portofolio investasi yang dimiliki oleh klien, baik klien individu maupun kolektif.

Cara Kerja Fund Manager atau Manajer Investasi

Dalam menjalankan perannya, Fund Manager atau Manajer Investasi akan mengelola dana investor untuk kemudian ditempatkan di berbagai instrumen investasi, seperti reksa dana, dana pensiun dan sebagainya.

Sebelum itu, kualitas instrumen investasi akan dianalisa secara menyeluruh oleh fund manager sehingga dapat dipastikan dana investor dikelola secara efisien dan menuai keuntungan. Bagaimanapun, manajer dana memiliki kekuatan untuk memutuskan kapan harus membeli, menjual, atau menahan aset di pasar.

Seorang fund manager memegang peranan penting dalam dunia investasi. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa menjadi fund manager. Seorang fund manager yang handal harus berhati-hati dalam menganalisis biaya dan risiko investasi, termasuk peluang keuntungan.

Sebagai informasi, meskipun pengelola dana dapat berupa individu, pengelola dana bekerja sebagai tim dalam menjalankan tugasnya. Melalui tim, informasi yang dikumpulkan akan lebih lengkap, sehingga melengkapi analisis yang dilakukan terhadap harga dan tren investasi ke depan.

Fund Manager vs Financial Planner

Profesi seperti fund manager dan financial planner memiliki bagian yang bersinggungan karena sama-sama mengelola dana investor untuk tujuan investasi. Namun, ada perbedaan mendasar antara keduanya, terutama dalam hal ruang lingkup pekerjaan.

Tugas paling mendasar seorang fund manager adalah merumuskan dan merekomendasikan strategi investasi tertentu kepada investor. Namun, pengelola dana berwenang untuk mengambil keputusan investasi (beli/jual/tahan).

Sementara itu, ruang kerja perencana keuangan lebih luas, yakni hingga membuat asumsi tentang tujuan pengembalian investasi. Jadi seorang perencana keuangan harus memiliki keterampilan untuk memperkirakan jumlah investasi yang dibutuhkan investor untuk dilakukan dan memantau kinerja investasi.

Jika kalian ingin tahu lebih jauh tentang hal-hal yang berkaitan dengan Fund Manager atau Manajer Investasi, kalian bisa kunjungi web kami, Selamat belajar investasi