Mengenal dan Tips Investasi Emas di Dana Simak Penjelasannya!

Berdasarkan kondisi saat ini dan masa depan, investasi emas merupakan peluang investasi yang aman dan menguntungkan. Ketika DANA melihat peluang investasi emas, DANA mengembangkan fitur DANA eMAS sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin Investasi Emas di Dana dengan mudah dan aman.

Investasi Emas di Dana
vocasia.id

Mengenal Investasi Emas di Dana

Melalui fitur DANA eMAS, masyarakat dapat membeli emas mulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp. 10.000 tanpa biaya tambahan. Dengan Investasi Emas di Dana, masyarakat tidak perlu repot. Cukup dari rumah dan melalui dompet digital DANA yang terpasang di smartphone Anda. Masyarakat tidak perlu khawatir untuk pergi ke toko resmi atau toko yang menjual logam mulia karena transaksi jual beli dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi digital melalui smartphone. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari kontak fisik selama pandemi.

Jangan khawatir, meskipun Anda tidak memberikan emas fisik saat membeli atau menjual, investasi emas digital ini aman dan mengacu pada harga emas fisik resmi. Plus, keuntungan Investasi Emas di Dana digital adalah Anda tidak perlu khawatir dengan masalah penyimpanan. Berbeda dengan investasi fisik emas, yang akan merugikan masyarakat jika Anda menyimpannya di bank atau tempat Anda bisa membeli emas.

Selanjutnya, masyarakat tidak perlu khawatir karena semua transaksi telah terdaftar pada otoritas terkait, yaitu Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Seperti halnya emas yang disimpan secara fisik dijamin oleh Lembaga Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Hadirnya fungsi DANA eMAS merupakan bentuk komitmen aplikasi DANA untuk berpartisipasi dalam inklusi ekonomi yang lebih besar di masyarakat dan membantu masyarakat memanfaatkan teknologi digital.

Tips Investasi Emas untuk Pemula

TemanDANA pasti sudah sering mendengar bahwa emas adalah peluang investasi yang minim risiko dan aman dibandingkan instrumen investasi lainnya. Dianggap aman karena emas memiliki nilai yang cenderung stabil dalam jangka panjang. Selain itu, keuntungan lain dari emas adalah kita dapat menjualnya dengan cepat atau memiliki likuiditas yang tinggi.

Oleh karena itu, emas dapat menjadi salah satu pilihan investasi yang tepat bagi kita. Nah, buat TemanDANA yang tertarik mencoba, berikut beberapa tips cara Investasi Emas di Dana yang bisa kamu lakukan:

1. Tentukan tujuan dan buat perencanaan

Langkah pertama adalah menentukan tujuan berinvestasi emas. Misalnya, investasi emas untuk biaya pernikahan, untuk membiayai pendidikan anak di masa depan, untuk biaya pergi haji, keliling dunia atau lainnya. Dengan cara ini, kita dapat membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Gunakan “uang dingin”

Investasi diharapkan dimulai dengan lebih banyak dana yang tidak terpakai dalam waktu dekat. Beberapa istilah orang, “uang dingin”. Jadi, jika kita menghasilkan keuntungan setiap bulan, kelebihan dana dapat disisihkan untuk investasi untuk dikembangkan untuk penggunaan di masa depan. Tapi pertama-tama kita harus memiliki dana cadangan darurat yang memadai sebelum berinvestasi. Ingat, TemanDANA, jangan berhutang untuk keuntungan investasi.

3. Perhatikan momen yang tepat

Kita perlu mempelajari seperti apa trend pergerakan harga emas di pasar. Hal ini untuk menentukan waktu terbaik untuk membeli atau menjual emas untuk keuntungan yang optimal. Waktu yang tepat untuk membeli emas adalah saat harga turun dan menjualnya saat harga naik. Investasi emas sebaiknya diadakan untuk jangka menengah hingga panjang, misalnya lebih dari 5 tahun, untuk mencapai keuntungan yang optimal.

4. Pilih jenis emas yang tepat

Sebagai permulaan, disarankan untuk berinvestasi dalam logam mulia. Investasi emas logam mulia lebih menguntungkan dan cocok digunakan sebagai tabungan masa depan dibandingkan investasi emas dalam bentuk perhiasan yang harga jualnya cenderung lebih rendah karena dipengaruhi oleh komponen biaya seperti biaya pembuatan, jumlah karat, nilai seni, model dan harga jatuh.

5. Pastikan Anda membeli tempat yang tepat

Ini penting. Kami tidak membeli emas di tempat yang tidak kredibel dan tidak aman.

Jadi, jika kamu ingin mencoba memulai investasi emas yang aman dan terpercaya, kamu bisa memulai Investasi Emas di Dana. Untuk memanfaatkan fungsi ini, TemanDANA harus melakukan upgrade terlebih dahulu ke akun DANA premium. Caranya mudah, Anda hanya perlu KTP dan foto diri (selfie).

Dalam hal ini, kita dapat menekan tombol fungsi DANA eMAS dan langsung membeli emas 0,01 gram atau kurang dari Rp 10.000 tanpa biaya tambahan. Selain jual beli, TemanDANA juga bisa membeli emas menggunakan program cicilan 3 sd 24 bulan.

Investasi Emas di Dana dijamin. Pasalnya, DANA bermitra dengan Pluang yang bernaung di bawah PT PG Berjangka, telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), sedangkan emas kami disimpan dan diamankan di Lembaga Kliring Indonesia (KBI).

Tunggu apa lagi, TemanDANA? Kami memulai rencana Investasi Emas di Dana mulai sekarang.