Pahami Korespondensi Bisnis Agar Bisnis Tetap Lancar

Korespondensi secara etimologis berasal dari bahasa Inggris yaitu korespondensi, atau dari bahasa Belanda yaitu koresponden, yang menunjukkan suatu hubungan atau kegiatan yang timbul antara pihak-pihak yang berhubungan, yang berlangsung dengan saling berkirim surat. lalu apa yang di maksud dari Korespondensi Bisnis? mari kita simak penjelasanya!

Korespondensi Bisnis
yt3.ggpht.com

Hubungan bisnis yang berkaitan dengan entitas yang ada pada umumnya bersifat resmi dan dilakukan melalui surat menyurat.

Oleh karena itu, tujuan lain dari surat menyurat juga diartikan sebagai surat menyurat. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang korespondensi, lihat penjelasannya di artikel berikut.

Apa Itu Korespondensi Bisnis

Korespondensi Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berkesinambungan antara dua pihak dengan saling berkirim surat, atau singkatnya surat menyurat adalah kegiatan surat menyurat antara satu pihak dengan pihak lain yang terkait.

Surat merupakan salah satu sarana dalam saluran komunikasi tertulis yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada pihak lain, yang biasanya berisi informasi, pesan, perintah, pendapat, permintaan atau laporan.

Informasi tersebut dapat berupa surat elektronik atau email, atau dapat ditulis atau ditulis pada secarik kertas atau konvensional.

Dalam setiap proses komunikasi korporat, maupun dalam komunikasi biasa, sangat diharapkan setiap pesan yang dikirim oleh pengirim memahami dan memahami informasi yang diberikan.

Jika pengirim surat ingin suratnya dibalas, pengirim juga akan memberikan beberapa langkah berdasarkan apa yang diinginkan pengirim. Ini adalah tujuan umum dari setiap pengirim surat, yaitu agar ada tanggapan dari pembaca atau penerima surat, persis seperti yang diharapkan.

Sementara itu, sebagai orang yang berwenang atau berhak menandatangani surat atas nama orang pribadi atau perusahaan, ia bergelar koresponden.

Kriteria kecocokan juga biasanya dikemas dalam bentuk yang menarik dengan bahasa yang mudah dipahami yang dapat dipahami secara langsung untuk kebetulan atau tidak berambut panjang.

Korespondensi dalam sebuah perusahaan, lembaga, dewan atau organisasi dibagi menjadi dua bagian. Berikut penjelasannya.

  • Korespondensi eksternal: Korespondensi yang dilakukan oleh perusahaan atau oleh pihak-pihaknya dengan pihak eksternal.
  • Korespondensi Internal: Korespondensi yang dilakukan oleh orang-orang dalam suatu perusahaan, termasuk hubungan antara kantor pusat dengan cabang atau departemen lain.

Ciri-Ciri Korespondensi Bisnis

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, Korespondensi Bisnis adalah kegiatan atau kegiatan yang dilakukan dengan mengungkapkan beberapa poin dari inti pembicaraan yang dilakukan melalui korespondensi, yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Bersifat Informasi atau Persuasi

Surat menyurat ini memberikan surat yang berisi informasi atau bujukan agar pihak penerima atau perusahaan menjadi tertarik dan mau bekerjasama dengan pihak pengirim sehubungan dengan berbagai hal seperti produk baru, manfaat, harga, dan sebagainya.

Ciri dari Korespondensi Bisnis ini adalah pada dasarnya lebih terbuka dan jelas tujuannya agar perusahaan memiliki relasi yang lebih banyak sehingga nantinya perusahaan atau industri tersebut dapat berkinerja lebih baik dan memperoleh keuntungan yang banyak karena telah bekerjasama dengan baik. .

2. Memiliki Bagian Standar

Surat-surat dalam Korespondensi Bisnis ini harus selalu dirinci dan memiliki bagian-bagian yang baku, seperti kop surat, pembuka, isi, surat pengantar, tanda tangan penulis, dan lain-lain, yang dimaksudkan agar surat tersebut tampak sesuai, serta sebagai jaminan bahwa surat itu terbentuk. oleh pihak ketiga atau oleh pejabat atau badan hukum.

3. Memiliki Satu Pesan Inti

Menulis surat bertujuan untuk menyampaikan pesan sentral atau pesan tunggal agar penerima pesan mengetahui isi pesan dengan baik dan memudahkan kedua belah pihak karena pengirim surat dapat fokus pada pesan yang akan disampaikan sedangkan penerima surat lebih mudah memahami maksud atau tujuan dari pesan yang diterima.

4. Gaya Bahasa Formal

Karena setiap surat tertulis sudah memiliki aturannya masing-masing, maka penggunaan bahasa formal jelas wajib.

Oleh karena itu, surat yang ditujukan kepada bisnis atau organisasi harus ditulis dalam bahasa baku dan tidak boleh menggunakan bahasa yang menyinggung atau bahasa gaul sehari-hari.

Jenis Jenis Korespondensi

Selain fitur dan manfaat yang berbeda, surat menyurat juga memiliki beberapa jenis. Penjelasan tentang jenis-jenis kecocokan.

1. Surat pribadi

Hal ini ditandai dengan surat-surat yang ditulis oleh individu atau orang yang dikirimkan kepada pihak lain yang merupakan teman, saudara dan sebagainya.

Perbedaan antara surat pribadi dan surat dinas juga dapat dilihat pada penulisannya yang lebih santai dan bebas dari aturan formal yang berbeda.

2. Surat dinas pribadi

Surat ini merupakan jenis surat setengah resmi yang akan dikirimkan oleh perorangan atau perorangan kepada instansi, badan atau perusahaan yang berkaitan dengan kepentingan kerjasama dan sebagainya.

3. Surat Dinas Swasta

Surat dinas yang dibuat oleh instansi atau badan usaha dan ditujukan kepada pegawai, relasi atau klien merupakan surat dinas pribadi yang bentuknya biasanya berupa tugas pekerjaan, produk, dan sebagainya.

4. Surat Dinas Pemerintah

Terakhir, surat resmi pemerintah dibuat untuk tujuan bisnis formal, seperti surat tugas kantor, serta badan layanan yang juga memiliki fungsi penting, termasuk dokumen tertulis, bukti sejarah, surat keputusan, seperti arsip dan lainnya.

Korespondensi Bisnis memainkan peran penting dalam sebuah perusahaan yang berfungsi dengan baik karena pengetahuan sangat penting. Adanya match yang sesuai tentunya akan menjamin kelancaran proses matching sehingga perkembangan bisnis dapat berjalan dengan cepat dan siap untuk profit yang maksimal.

Karena dalam menjalankan kegiatan operasional suatu perusahaan tidak akan lepas dari kegiatan surat menyurat, kegiatan surat menyurat ini juga merupakan jantung dari kegiatan kerjasama suatu perusahaan dengan pihak lain. Kami harap artikel Korespondensi Bisnis ini bermanfaat dan senang mengambil tindakan!