Sebutkan Komponen Kebugaran Jasmani Yang Berkaitan Dengan Kesehatan adalah

Kuis Komponen Kebugaran Jasmani Yang Berkaitan Dengan Kesehatan adalah …

Soal : Sebutkan Komponen Kebugaran Jasmani Yang Berkaitan Dengan Kesehatan adalah

Jawaban

Komponen Kebugaran Jasmani Yang Berkaitan Dengan Kesehatan adalah
www.ayoksinau.com

Komponen kesegaran jasmani merupakan faktor penentu derajat kondisi setiap individu. Seseorang dikatakan fit apabila mampu melakukan segala aktivitas kehidupan sehari-hari tanpa menemui kendala yang berarti dan dapat segera melaksanakan tugas selanjutnya. disusun oleh Wahjoedi (1994). Komponen Kebugaran Jasmani Yang Berkaitan Dengan Kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Kekuatan (Streght)
2. Daya Tahan (Endurance)
3. Daya Otot (Muscular Power)
4. Kecepatan (Speed)
5. Daya Lentur (Flexibility)
6. Kelincahan (Agility)
7. Koordinasi (Coordination)
8. Keseimbangan (Balance)
9. Ketepatan (Accuracy)
10. Reaksi (Reaction)

Pembahasan

1. Kekuatan (Streght)

Kekuatan adalah kemampuan otot untuk menerima beban saat melakukan suatu aktivitas. Kekuatan otot, baik pada otot lengan maupun otot tungkai, dapat dicapai dengan latihan terus menerus dengan beban tinggi dan frekuensi rendah.

Angkat besi dapat digunakan untuk melatih kekuatan otot lengan. Beberapa latihan untuk meningkatkan kekuatan antara lain:

  • Jump squat: Latihan ini dapat meningkatkan kekuatan otot kaki dan otot perut.
  • Push up: Latihan ini dapat meningkatkan kekuatan otot lengan.
  • Sit up – selain bisa mengecilkan perut, latihan ini bisa menguatkan otot perut.
  • Angkat Berat: Latihan ini digunakan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan. Lakukan latihan ini dengan frekuensi kecil.
  • Mendukung: Seperti sit up, backup dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut.

2. Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan jantung, paru-paru, atau sistem pernafasan dan peredaran darah secara efektif dan efisien.

Berbeda dengan latihan kekuatan, endurance dapat dilatih dengan beban yang tidak terlalu berat. Frekuensinya juga lebih lama dan lama.

Contoh latihan kebugaran bagian endurance antara lain lari minimal 2km, lari minimal 12 menit, lari multi-langkah, angkat besi dengan beban ringan tapi repetisi lebih banyak, dan lari naik turun bukit atau naik turun bukit.

3. Daya Otot (Muscular Power)

Pengertian kekuatan otot adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan kekuatan maksimum yang digunakan dalam waktu yang singkat. Selanjutnya, dapat dikaitkan dengan sistem anaerobik dalam proses penyediaan energi.

Kekuatan otot bisa juga disebut kekuatan eksplosif otot atau kekuatan eksplosif. Beberapa latihan yang dapat meningkatkan kekuatan otot, antara lain:

  • Lompat vertikal, atau gerakan lompat tinggi, dapat melatih daya ledak otot tungkai.
  • Lompat depan atau gerakan lompat ke depan juga dapat melatih daya ledak otot tungkai.
  • Lompatan ke samping atau gerakan melompat ke samping, melatih daya ledak otot tungkai.

4. Kecepatan (Speed)

Kecepatan adalah kemampuan seseorang untuk bekerja secara terus menerus atau terus menerus dalam bentuk yang sama dalam waktu yang singkat. Kecepatan dibutuhkan dalam olahraga lari pendek dengan jarak 100 dan 200 meter.

5. Daya Lentur (Flexibility)

Fleksibilitas adalah tingkat adaptasi seseorang terhadap semua aktivitas kerja secara efektif dan efisien dengan menggunakan regangan tubuh yang baik. Jika seseorang memiliki fleksibilitas yang baik, orang tersebut akan dapat terhindar dari cedera.

Cedera tidak hanya dialami oleh mereka yang melakukan olahraga, tetapi dapat terjadi pada siapa saja yang tiba-tiba melakukan aktivitas fisik.

Contoh latihan atau olahraga untuk meningkatkan kelenturan antara lain yoga, senam, dan berenang.

6. Kelincahan (Agility)

Kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk dengan cepat mengubah posisi dalam suatu bidang tertentu. Salah satu olahraga yang mengandalkan kelincahan adalah bulu tangkis.

Atlet bulutangkis harus bisa membawa shuttlecock kemanapun lawan menunjuk, selama masih dalam garis lapangan. Oleh karena itu, bulutangkis perlu memiliki teknik dan kelincahan yang baik.

7. Koordinasi (Coordination)

Koordinasi adalah kemampuan seseorang untuk mengintegrasikan berbagai gerakan yang berbeda dan mampu mengkoordinasikan seluruh bagian tubuh dengan baik.

Contoh latihan komponen kebugaran bagian koordinasi adalah memantulkan bola tenis ke dinding dengan tangan kanan kemudian menangkapnya dengan tangan kiri dan sebaliknya.

8. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan tubuh agar gerakan yang dilakukan dapat dilakukan dengan benar dan tepat. Senam merupakan olahraga yang sangat bergantung pada keseimbangan.

Beberapa contoh latihan untuk meningkatkan keseimbangan antara lain berjalan di atas balok kayu dengan lebar 10 cm dan panjang 10 meter, berdiri dengan satu kaki berjinjit, atau dalam posisi menyalakan lilin.

9. Ketepatan (Accuracy)

Akurasi adalah kemampuan seseorang untuk mengontrol gerakan bebas tubuh menuju suatu tujuan. Beberapa contoh olahraga yang membutuhkan ketelitian antara lain panahan, bowling, sepak bola, dan bola basket.

Contoh latihan untuk meningkatkan akurasi meliputi:

  • Lempar bola tenis ke dinding sebelum dinding menjadi sasaran atau mencetak gol terlebih dahulu.
  • Untuk lebih spesifiknya, berlatihlah dengan akurat dengan menempatkan bola di ring basket lawan.
  • Untuk sepak bola, dengan latihan menendang bola ke gawang yang dijaga oleh penjaga gawang sehingga bisa diperhitungkan akurasinya dan mendapat tantangan.

10. Reaksi (Reaction)

Reaksi adalah kemampuan seseorang untuk bertindak segera dan menanggapi rangsangan yang ditangkap oleh panca inderanya. Salah satu latihan yang dapat meningkatkan reaksi adalah olahraga menangkap bola.

jadi dari pertanyaan diatas tentang ” Komponen Kebugaran Jasmani Yang Berkaitan Dengan Kesehatan adalah ” sudah terjawab yaa kawan, semoga bermanfaat, salam olahraga