Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia ? Simak Alasanya!

Indonesia terkenal memiliki lautan yang luas, itulah sebabnya Indonesia disebut sebagai negara maritim. Lalu Selain sebutan tersebut, Indonesia juga dikenal sebagai negara poros maritim terbesar di dunia. Lalu Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia ?

Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia

Inilah alasan Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia dan mendapat julukan ini.

1. Lokasi geografis

Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia karena Posisi Indonesia sangat strategis dibandingkan dengan negara lain. Sebagai negara poros maritim, Indonesia dikatakan strategis karena diapit oleh dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Lokasi ini menguntungkan karena wilayah laut yang dimiliki Indonesia sangat luas.

2. Jalur perdagangan dunia

Sebelum ditemukannya pesawat, Indonesia telah menjadi negara transit perdagangan internasional. Titik perdagangan internasional Indonesia terletak di Selat Sunda, Selat Lombok, Selat Makassar dan terakhir Selat Malaka. Hingga saat ini, selat tersebut masih menjadi jalur laut yang ramai.

3. Memiliki banyak pulau

Istilah maritim biasanya diberikan kepada negara yang memiliki wilayah laut yang luas dan banyak pulau yang tersebar. Indonesia memiliki persyaratan tersebut dan menjadi negara maritim yang besar dan disegani. Tidak hanya jalur perdagangan, industri perikanan dan sektor kelautan cukup baik.

4. Lautnya sangat luas

Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia karena luas dari Wilayah laut juga menjadi syarat suatu negara disebut negara maritim. Indonesia memiliki garis pantai yang panjangnya mencapai 81.000 kilometer. Pantai panjang ini tidak dimiliki oleh setiap negara di dunia. Merupakan suatu kebanggaan memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada.

5. Merupakan Wilayah Mega Biodiversity

Indonesia adalah negara yang disebut dengan mega biodiversitas laut, tidak semua negara mendapatkan julukan tersebut. Kawasan yang memiliki mega biodiversitas laut ini memiliki biota laut yang besar. Indonesia memiliki lebih dari 8.000 spesies ikan, 555 spesies alga, dan 950 terumbu karang.

6. Perdagangan Laut yang Besar

Lalu lintas dan angkutan air di Indonesia memegang peranan penting dalam distribusi pangan. Sekitar 40 persen lalu lintas Indonesia melalui jalur air. Hal ini tentunya menjadi salah satu alasan mengapa Indonesia sering disebut sebagai negara maritim terbesar di dunia.

7. Memiliki sejarah yang hebat

Sebelum berdirinya Indonesia, banyak kerajaan telah memerintah di berbagai wilayah Indonesia. Sejak dulu, kerajaan ini telah menarik banyak negara asing untuk datang dan bertransaksi dengan kerajaan lokal. Sejak awal, Indonesia terkenal memiliki wilayah laut yang luas dan jalur perdagangan yang digunakan juga memanfaatkannya.

8. Jumlah Kapal yang banyak Melintasi di Indonesia

Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia karena Banyaknya Kapal-kapal dari seluruh dunia sering berlayar dan melewati Indonesia, baik untuk transaksi, pengisian bahan bakar atau alasan lainnya. Jalur pelayaran Indonesia menjadi sarana kapal keluar masuk Australia, Eropa, Amerika bahkan benua Asia.

9. Banyaknya Profesi Nelayan

Berikutnya adalah banyaknya orang yang berprofesi sebagai pemancing. Luasnya wilayah laut membuat sebagian besar masyarakat pesisir memilih menjadi nelayan untuk mencari nafkah. Ini mungkin salah satu alasan mengapa negara-negara maritim memiliki banyak orang yang bekerja sebagai nelayan.

10. Hasil Laut yang Melimpah

Hasil laut yang dimiliki negara Indonesia jauh lebih besar dibandingkan dengan negara-negara yang memiliki wilayah laut lainnya. Produk maritim yang besar ini juga diimbangi dengan kegiatan impor dan ekspor yang baik, sehingga mendorong perekonomian negara.

Apa itu Negeri Maritim

Negeri maritim merupakan negeri yang bergerak di bidang air. Negeri maritim mempunyai cadangan air yang melimpah. Tidak cuma itu, terdapat aktivitas yang dicoba oleh negara- negara maritim.

Salah satu negeri maritim merupakan Indonesia. Kenapa Indonesia diucap negeri maritim? Postingan ini hendak mangulas 5 alibi kenapa Indonesia diucap negeri maritim.

Secara simpel, negeri maritim merupakan negeri yang mempunyai daerah perairan yang sangat luas. Luas daerah ini melebihi luas wilayahnya. Perairan sesuatu daratan maritim pastinya melebihi permukaan bumi.

Tetapi sebagian orang mengklaim kalau negeri maritim merupakan negeri yang mempunyai banyak pulau. Definisi ini pula diketahui selaku negeri kepulauan. Bisa ditarik kesimpulan kalau negeri maritim merupakan negeri yang dikelilingi oleh daerah laut ataupun perairan yang lebih luas dari daratannya.

Kenapa Indonesia tercantum negeri maritim? Jawabannya sebab daerah perairan Indonesia lebih luas dari negeri. Indonesia terdiri dari 30% daratan serta 70% lautan.

Itu dapat dilihat dari tepi laut. Panjang tepi laut pulau di Indonesia ini menggapai dekat 81 ribu kilometer. Panjang ini cuma no 2 sehabis Kanada. Kadana diketahui selaku negeri dengan garis tepi laut terpanjang di dunia.

Indonesia mempunyai perbatasan laut dengan 10 negeri. Negara- negara tersebut antara lain Singapore( bagian dari daerah), Thailand( landas kontinen), India( landas kontinen), Filipina( ZEE), Vietnam( landas kontinen), Palau( ZEE serta landas kontinen), Filipina( ZEE), Papua Nugini.( ZEE serta landas kontinen).), Australia( ZEE serta landas kontinen) serta Timor Leste( laut teritorial, ZEE serta landas kontinen).

Ciri ciri negeri maritim

berikui ciri ciri Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia

  • Identitas negeri maritim merupakan selaku berikut:
  • Negeri maritim mempunyai perairan yang lebih teritorial. Laut ataupun laut teritorial mempunyai luas dekat 2/ 3 dari permukaan bumi.
  • Negeri maritim mempunyai banyak pulau yang dikelilingi oleh laut ataupun perairan.
  • Negara- negara maritim mempunyai sumber energi alam yang besar di zona maritim. Sumber energi alam ini bisa mengaitkan mineral, tenaga, santapan, serta banyak lagi.
  • Sebagian besar negeri maritim merupakan nelayan. Tidak hanya nelayan, warga bekerja di zona kelautan.

Pilar Penyangga Negeri Maritim

mooring operator yang bertanggung jawab atas keselamatan navigasi kapal yang berangkat dari pelabuhan

Terdapat sebagian pilar yang menopang negeri maritim. Perihal ini sebab negara- negara maritim terletak dalam keadaan alam serta budaya. Keadaan ini dipengaruhi oleh sebagian faktor.

Semacam faktor sosial, faktor politik, faktor ekonomi, faktor budaya dan faktor pertahanan serta keamanan. Ada pula unsur- unsur yang hendak jadi pilar penopang bangsa maritim merupakan selaku berikut:

1. Sistem politik

Sistem politik dibutuhkan buat menjamin integritas. Keutuhan segala daerah nusantara di Indonesia jadi berarti. Sebab Indonesia merupakan negeri kesatuan. Sistem politik ini hendak mengaitkan perbatasan, daerah pedalaman, pulau- pulau terpencil, pulau- pulau besar. Pula wajib bersumber pada Pancasila serta UUD 1945.

2. Sistem ekonomi

Sistem ekonomi yang kokoh diharapkan bisa membetulkan sistem perdagangan. Ini tercantum laut, baik laut dalam ataupun laut luar. Tidak hanya itu, wajib mendesak perkembangan industri serta jasa maritim.

3. Sistem pertahanan serta keamanan

Sistem ini digunakan buat menjamin kedaulatan negeri. Tidak hanya itu, buat menjamin kedaulatan hukum di segala daerah laut serta yurisdiksi nasional. Daerah tersebut meliputi laut, darat serta hawa di segala Indonesia.

4. Sistem sosial serta budaya

Dalam sistem ini harkat serta martabat warga wajib dilindungi. Pluralisme suku, budaya serta agama yang hendak melahirkan semangat cinta laut.

Aktivitas Ekonomi Negeri Maritim

Di dasar ini merupakan sebagian aktivitas ekonomi yang kerap dicoba oleh negara- negara maritim:

  • Ini menawarkan ekspedisi kapal antara pulau- pulau serta antar negara
  • Industri pembuatan kapal
  • Industri revisi kapal
  • Industri logistik buat pengiriman benda lewat laut
  • Aktivitas ekonomi pelabuhan
  • pajak laut
  • Layanan navigasi angkatan laut
  • halte kontainer
  • Layanan penyimpanan maritim
  • Pembuatan senjata serta kapal perang.

Akhir kata

Itulah alasan Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia semoga artikel kita bermanfaat, salam sehat