Aplikasi Serupa Google Maps Untuk Menemani Perjalanan Kamu

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, penggunaan peta atau peta semakin banyak bermunculan. Meski demikian, Google Maps tetap mendominasi pasar pengguna karena memiliki banyak keunggulan. Apa saja Aplikasi Serupa Google Maps paling direkomendasikan?

Aplikasi Serupa Google Maps
telset.id

12 Aplikasi Serupa Google Maps Terbaik 2022

Smartphone merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Pengguna dapat memanfaatkan Aplikasi Serupa Google Maps untuk membantu memecahkan masalah mereka, termasuk menemukan rute. Berikut adalah pilihan Aplikasi Serupa Google Maps terbaik yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Google Maps

Google Maps tidak diragukan lagi salah satu aplikasi peta terbaik yang digunakan oleh jutaan pengguna. Selain fiturnya yang lengkap dan beragam, aplikasi ini juga dapat digunakan secara offline. Jadi ketika kuota internet habis, pengguna tidak perlu khawatir lagi.

Aplikasi ini juga membantu para pebisnis untuk meningkatkan traffic pengunjung melalui fitur Google Bisnisku. Pengunjung akan dengan mudah mengetahui dimana lokasi usaha Anda dan dapat melihat secara detail informasi yang tertulis pada form yang telah disediakan.

2. BackCountry Navigator

Bagi kamu yang suka mendaki atau mendaki gunung, wajib menggunakan aplikasi BackCountry Navigator. Walaupun cukup mahal, namun sangat direkomendasikan karena dapat memberikan rute peta offline yang lengkap dan akurat meskipun berada di gunung.

Ada juga beberapa fitur menarik yang bisa digunakan untuk membantu Anda saat mendaki gunung. Tempat favorit dapat ditambahkan dan ditandai di peta. Berbagai informasi terkait jalur pendakian juga tersedia secara lengkap. Tayangan iklan gratis untuk penggunaan berbayar.

3. MapFactor

Aplikasi Serupa Google Maps selanjutnya  MapFactor hadir dengan berbagai fitur navigasi dan GPS dasar. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini secara offline dan gratis serta dapat diupdate setiap bulannya. Untuk penggunaan berbayar, Anda mendapatkan opsi tambahan untuk pengaturan peta.

Fitur unggulan yang ditawarkan aplikasi ini antara lain pembuatan rute lintas batas, navigasi suara, tema siang dan malam, mode 2D dan 3D beserta banyak fitur menarik lainnya. Aplikasi ini juga merupakan salah satu rekomendasi yang telah digunakan di berbagai belahan dunia.

4. Here We Go Maps

Seperti Google Maps, aplikasi ini juga dapat mengunduh peta area tertentu untuk penggunaan offline. Aplikasi ini juga disebut-sebut sebagai pesaing Google Maps untuk aplikasi peta.

Here We Go Maps juga memberikan informasi peta angkutan umum dan kondisi lalu lintas jalan untuk rute yang akan dilalui. Sehingga Anda bisa mengetahui seperti apa kondisi jalan secara real time. Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

5. Waze

Aplikasi Serupa Google Maps ini sudah tidak asing lagi karena sudah digunakan oleh jutaan pengguna. Waze kini dimiliki oleh Google untuk fitur dan tampilan yang lebih sederhana dibandingkan dengan aplikasi peta milik Google lainnya, yaitu Google Maps. Sehingga sangat cocok untuk panduan perjalanan harian.

Berbagai informasi tentang lalu lintas, seperti lokasi kantor polisi, kemacetan lalu lintas, dan informasi berguna lainnya bagi penggunanya, juga disajikan di sini. Perintah suara juga tersedia di sini untuk membantu Anda menghindari memilih jalur yang salah. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di Play Store.

6. Maps.Me

Anda dapat menggunakan Maps.Me secara gratis, tetapi akan ada iklan yang ditampilkan saat menggunakan aplikasi ini. Terdapat fitur-fitur yang menarik dan dapat digunakan meskipun sedang offline. Peta-peta dalam aplikasi ini selalu diupdate melalui OpenStreetMap.

Fitur pendukung di dalamnya seperti belokan demi belokan, pencarian offline, penambahan bookmark lokasi serta informasi lalu lintas dan dukungan peta regional di berbagai negara di dunia. Anda dapat menggunakan aplikasi ini sebagai opsi lain dari Google Maps.

7. Scout GPS Navigation

Aplikasi ini merupakan aplikasi GPS yang sudah ada sejak lama namun telah didesain ulang dengan tampilan yang lebih segar. Aplikasi ini sebelumnya bernama TeleNav kemudian berganti nama menjadi Scout GPS Navigation. Bukan hanya namanya saja yang berubah, tapi juga icon dan tampilannya.

Navigasi GPS Scout dilengkapi dengan fungsi dasar seperti belokan demi belokan, navigasi suara, dan lainnya. Aplikasi ini lebih berfokus pada orang daripada tampilan navigasinya. Aplikasi ini cukup menarik karena Anda dapat mengirim teks secara otomatis dengan ETA.

8. OsmAnd

Dibandingkan dengan Aplikasi Serupa Google Maps lainnya, aplikasi ini tidak diragukan lagi sedikit berbeda. OsmAnd dibuat khusus untuk kebutuhan kartu offline, sehingga tetap dapat digunakan meskipun pengguna tidak online. Aplikasi ini unggul dalam fitur peta offline.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengunduh lokasi sebanyak yang Anda inginkan, bahkan jika Anda memiliki sinyal yang sulit atau tidak ada kuota internet. OsmAnd juga mendukung fitur seperti belokan demi belokan, peta jalur mengemudi, dan lainnya. Tersedia secara gratis atau berbayar.

9. MapQuest

MapQuest merupakan program yang cukup menarik karena telah didesain ulang berkali-kali untuk mendapatkan tampilan terbaik seperti sekarang. Fitur turn by turn yang sangat berguna bagi pengguna juga tersedia di aplikasi ini.

Update informasi lalu lintas terbaru, layanan mencari SPBU dengan harga lebih murah, serta rerouting sesuai rute lalu lintas akan sangat membantu Anda menemukan lokasi titik tertentu. Anda bahkan dapat memanggil truk derek dengan MapQuest.

10. Sygic

Jutaan pengguna telah mengunduh dan menggunakan Aplikasi Serupa Google Maps populer ini. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara offline. Menariknya, peta yang digunakan dalam aplikasi ini adalah peta dari TomTom.

Ada beberapa fitur menarik yang semakin menunjang tampilan aplikasi ini. Mulai dari belokan demi belokan, batas kecepatan, hingga jalur alternatif. Navigasi suara juga disediakan untuk membantu Anda dengan menyebutkan nama jalan agar pengguna tidak mudah tersesat.

11. Bing Maps

Microsoft juga memiliki aplikasi yang mirip dengan Google Maps. Dapat digunakan sebagai alternatif Google Maps, Bing Maps dapat diakses melalui Microsoft Bing di Android dan iOS.

Anda dapat menemukan informasi menarik di sekitar Anda melalui peta Bing ini.

Microsoft Bing sebenarnya adalah sebuah program dengan sejumlah fungsi. Pengguna tidak hanya mendapatkan akses ke peta atau maps, tetapi juga dapat menemukan informasi menarik lainnya melalui Aplikasi Serupa Google Maps.

Jika Anda bosan, Anda juga bisa bermain game di Microsoft Bing.

12. MAPS.ME

Dari nama app store saja, MAPS.ME: Offline Map GPS Nav. Sebagai alternatif dari Google Maps yang dapat Anda gunakan, MAPS.ME dapat diakses secara offline, tanpa perlu internet sama sekali.

Anda juga dapat mencari secara offline, navigasi GPS dengan peta juga dioptimalkan untuk menghemat ruang memori secara efisien.

Lebih hemat data ponsel, MAPS.ME dapat membantu Anda berkendara ke mana pun sebagai alternatif Google Maps.

Anda dapat memilih dan menggunakan Aplikasi Serupa Google Maps di atas sesuai kebutuhan. Setiap aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, aplikasi ini dibuat dengan tujuan yang sama, yaitu untuk memudahkan pengguna menemukan alamat lokasi titik tertentu. Pilih untuk menggunakan aplikasi peta terbaik yang memiliki semua fitur dan dapat membantu menyelesaikan masalah Anda.