Aplikasi Monitoring Network Gratis Sering di Pakai IT Profesional

Pemantauan jaringan pada komputer dapat dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Monitoring Network, yang berguna untuk mengumpulkan data analisis jaringan. Nah, tujuannya agar semua sumber daya jaringan di komputer dioptimalkan.

Aplikasi Monitoring Network
3.bp.blogspot.com

Selain itu, monitor jaringan juga memiliki keunggulan sebagai asisten admin untuk mendesain ulang berbagai jaringan yang ada. Muat mis. lalu lintas jaringan ke antarmuka atau router di komputer Anda, atau status naik turun alat jaringan menggunakan alat ping di komputer Anda.

10 Aplikasi Monitoring Network Gratis Di PC

Di bawah ini adalah beberapa pilihan Aplikasi Monitoring Network yang tentunya bisa Anda gunakan dengan mendownloadnya terlebih dahulu. Aplikasi bersama ini dapat mengoptimalkan layar seperti layanan, port, lalu lintas, dan sebagainya, seperti ulasan berikut:

1. Nagios

Jika Anda mencari aplikasi yang siap membantu administrator jaringan mengetahui bahwa setiap layanan aktif dan berjalan, maka Nagios adalah aplikasi yang Anda butuhkan. Aplikasi Monitoring Network akan langsung memantau host dan juga layanan yang telah diimplementasikan oleh administrator jaringan. Jika host ini tiba-tiba memburuk atau mengalami masalah, Nagios akan segera memberi tahu administrator jaringan.

Perlu Anda ketahui bahwa ada fitur-fitur yang membuat Nagios menjadi aplikasi monitoring yang powerful. Anda dapat menggunakan fungsi yang disajikan untuk memantau jaringan seperti POP3, SMTP, NNTP, HTTP, PING dan sebagainya.

Sumber daya host seperti beban, prosesor, penggunaan memori, log, dan hard drive dapat dipantau menggunakan Nagios. Terlebih lagi, aplikasi ini menghadirkan antarmuka yang mudah dipahami, bahkan jika administrator jaringan adalah orang yang baru pertama kali menggunakan Nagios.

2. Microsoft Network Monitor

Microsoft Network Monitor adalah program yang dibuat untuk memantau paket data. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat melihat, menangkap, atau menganalisis lalu lintas jaringan.

Aplikasi ini juga sangat cocok jika Anda ingin melakukan troubleshooting jaringan. Salah satu fitur yang paling penting dan unggul adalah dukungan untuk lebih dari 300 protokol publik Microsoft.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Microsoft Network Monitor untuk menangkap sesi secara bersamaan. Tidak berhenti sampai di situ saja, software ini juga dapat membantu Anda mengetahui lalu lintas data seperti apa yang sedang dikirim dan diterima di suatu jaringan komputer. Padahal, masih banyak fitur menarik lainnya yang menjadikannya salah satu aplikasi monitoring terbaik sejauh ini

3. Zenoss Core

Memiliki sifat kuat dari aplikasi Zenoss Core dalam satu aplikasi untuk monitoring jaringan seperti server, virtualisasi, aplikasi dan lain-lain. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menggunakannya di mana saja dengan perangkat mirip Linux.

Selain itu, aktivasi perangkat secara keseluruhan dapat disajikan dalam bentuk teks, pesan, dan grafik. Semua perangkat ini dapat dengan mudah dikirim melalui SMS atau email.

4. Pandora FMS

Aplikasi ini mampu memonitor operasi server, komunikasi dan aplikasi dalam mode fleksibel. Selain itu, fungsi aplikasi ini juga dapat mengontrol dan mengelola infrastruktur pada jaringan.

Tidak hanya itu, Pandora FMS juga dapat mengambil informasi dan perintah untuk penggunaan CPU. Bahkan tool ini juga mampu memberikan informasi apapun yang terjadi pada sistem dan dapat menghapus file atau proses eksekusi di web.

5. Cacti

Cacti juga merupakan Aplikasi Monitoring Network yang dapat menyimpan semua data untuk membuat grafik atau database MySQL. Aplikasi ini bekerja dengan dukungan software seperti PHP, PRDTool, MySQL dan lain-lain.

6. Collectd

Aplikasi pemantauan server sumber terbuka untuk jaringan menggunakan kumpulan grafis sistem tampilan data. Perangkat lunak ini menggunakan C++ sebagai bahasa pemrograman untuk semua platform sistem operasi.

7. Zabbix

Salah satu Aplikasi Monitoring Network yang juga bersifat open source yang dapat diunduh secara gratis. Kemampuan aplikasi ini untuk memonitor jaringan terdistribusi, baik skala enterprise maupun jaringan kecil.

8. NetXMS

NetXMS adalah aplikasi pemantauan jaringan yang dapat digunakan menggunakan platform yang menawarkan pemantauan, acara, peringatan, grafik, dan pelaporan. Basis data yang dimiliki oleh software ini dapat membantu administrator untuk penemuan jaringan atau analisis jaringan.

9. The Dude

The Dude adalah Aplikasi Monitoring Network untuk berbagai perangkat dan dapat mengirimkan info jika terjadi kesalahan pada sistem jaringan. Aplikasi ini dapat secara otomatis melacak dan pengaturan jaringan saat ini.

10. Munin

Aplikasi ini merupakan software yang dapat memonitor infrastruktur jaringan dengan fitur open source. Selain itu, aplikasi ini mampu memonitor layanan server, aplikasi, switch dan lain sebagainya jika terjadi kegagalan pada jaringan.

11. Advanced IP Scanner

Salah satu Aplikasi Monitoring Network yang cepat dan mudah digunakan adalah Advanced IP Scanner. Aplikasi ini akan segera mendeteksi semua perangkat, termasuk perangkat nirkabel seperti printer, smartphone, dan router WiFi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk terhubung ke beberapa layanan seperti FTP dan HTTP.

Ada juga folder bersama jika Anda mengaktifkan fitur di perangkat jarak jauh. Advanced IP Scanner hadir dengan dua versi yaitu versi lengkap dan versi portabel. Saat Anda ingin menjalankan software ini, mulailah dari Setting – Setting untuk menentukan resource mana yang ingin Anda scan. Anda juga dapat menentukan seberapa cepat dan akurat pemindaian Anda.

Jika demikian, cukup tekan Pindai. Tunggu saja hingga aplikasi melakukan pemindaian yang Anda inginkan. Kemudian Anda dapat melihat hasilnya untuk mengetahui kira-kira sumber daya apa yang dapat Anda sambungkan ke setiap perangkat.

12. Fiddler

Selanjutnya Fiddler adalah program debugging web yang menangkap lalu lintas HTTP antara Internet dan komputer. Fiddler dapat digunakan untuk menganalisa paket data yang masuk atau keluar dan paket data yang keluar atau keluar.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan dapat mengubah tanggapan dan permintaan sebelum muncul di layar browser. Filler akan memberikan informasi lengkap terkait trafik HTTP dan nantinya juga bisa Anda gunakan untuk menguji performa dan keamanan website pada aplikasi website.

Saat Anda menggunakan Fiddler, Fiddler secara otomatis mulai menangkap lalu lintas HTTP. Jika Anda ingin berhenti merekam, cukup tekan F12. Anda juga dapat menentukan proses mana yang ingin Anda tangkap dengan mengklik Semua Proses di bilah status bawah. Anda juga dapat menyeret ikon Proses Apa Saja ke bilah menu atas program yang aktif.

13. NetworkMiner

Cara kerja NetworkMiner adalah dengan menangkap paket data dan kemudian mem-parsing data untuk mengekstrak file dan gambar. Dengan begitu, proses rekonstruksi acara dapat dipermudah.

Anda juga dapat memasukkan kata kunci saat aplikasi ini menangkap paket data. Aplikasi ini juga dikategorikan sebagai Network Forensic Analysis Tool (NFAT) yang berguna untuk mengumpulkan informasi seperti sistem operasi, nama host dan juga port terbuka pada host.

Dari semua Aplikasi Monitoring Network yang telah kami bagikan di atas, Anda dapat memilih apa pun yang Anda inginkan jika ingin menggunakannya. Tentu saja, unduh dan instal terlebih dahulu di perangkat yang Anda gunakan.