Mengenal Aplikasi Google Earth dan Fiturnya

Aplikasi Google Earth adalah aplikasi globe virtual bernama Earth Viewer yang dibuat oleh Keyhole, Inc. Program ini membuat peta Bumi dengan melapisi gambar yang dikumpulkan dari peta satelit, foto udara, dan balon GIS 3D. Tersedia dalam tiga lisensi berbeda: Google Earth, versi gratis dengan fitur terbatas; Google Earth Plus ($20), yang memiliki fitur tambahan; dan Google Earth Pro ($400 per tahun), dirancang untuk penggunaan komersial.

Awalnya dikenal sebagai Earth Viewer, Google Earth dikembangkan oleh Keyhole, Inc., sebuah perusahaan yang diakuisisi oleh Google pada tahun 2004. Produk ini, yang kemudian berganti nama menjadi Google Earth pada tahun 2005, sekarang tersedia untuk komputer pribadi PC . dengan Microsoft Windows 2000, XP. , atau Vista, Mac OS X 10.3.9 dan lebih tinggi, Linux (dirilis 12 Juni 2006), dan FreeBSD. Selain merilis klien berdasarkan pembaruan Lubang Kunci, Google juga menambahkan peta dari basis datanya ke perangkat lunak pemetaan webnya. Peluncuran Google Earth menyebabkan peningkatan liputan media di dunia maya

antara tahun 2005 dan 2006, menarik perhatian publik pada teknologi dan aplikasi geospasial.

Mengenal aplikasi google earth

Bola dunia maya ini menunjukkan rumah, warna mobil dan bahkan bayangan orang dan rambu jalan. Izin yang tersedia bervariasi menurut tujuan, tetapi sebagian besar wilayah (kecuali beberapa pulau) dicakup oleh izin 15 meter. Las Vegas, Nevada dan Cambridge, Massachusetts memiliki resolusi tertinggi pada 15 cm (6 inci). Google Earth memungkinkan pengguna untuk mencari alamat (untuk beberapa negara), memasukkan koordinat, atau menggunakan mouse untuk menemukan lokasi.

Google Earth juga memiliki data model elevasi digital (DEM) yang dikumpulkan oleh misi Radar Topografi Antariksa Antariksa NASA. Ini berarti kita dapat melihat Grand Canyon atau Gunung Everest dalam 3D, bukan 2D di peta/program lain. Sejak November 2006, pemandangan 3D pegunungan, termasuk Gunung Everest, telah digunakan dengan data DEM untuk mengisi gerbang jangkauan SRTM.

Banyak orang yang menggunakan aplikasi ini menambahkan data mereka sendiri dan membuatnya tersedia melalui berbagai sumber seperti BBS atau blog. Google Earth mampu menampilkan semua gambar permukaan bumi. dan juga merupakan klien dari Layanan Peta Web. App Google Earth mendukung pengelolaan data geospasial 3D menggunakan Keyhole Markup Language (KML).

Fitur Menarik aplikasi google earth

Apk Google Earth memiliki kemampuan untuk menampilkan bangunan dan struktur (seperti jembatan) dalam 3D, termasuk yang dibuat oleh pengguna menggunakan SketchUp, program pemodelan 3D. Versi Google Earth yang lebih lama (sebelum versi 4), bangunan 3D terbatas pada beberapa kota dan terlihat buruk tanpa tekstur. Banyak bangunan dan struktur di seluruh dunia dirinci dalam 3D; termasuk (namun tidak terbatas pada) Amerika Serikat, Inggris Raya, Irlandia, India, Jepang, Jerman, Kanada, Pakistan, dan kota-kota Amsterdam dan Alexandria. Pada Agustus 2007, Hamburg menjadi kota pertama yang sepenuhnya ditampilkan dalam 3D, termasuk tekstur seperti fasad. Tampilan 3D tersedia untuk berbagai bangunan dan struktur di seluruh dunia melalui Gudang Gambar 3D Google dan situs web lainnya.

aplikasi google earth

Google Earth adalah program pemetaan dan citra satelit yang dibuat oleh Keyhole Inc pada tahun 2004. Sebelum berganti nama, program ini awalnya bernama Earth Viewer dan resmi menjadi Google Earth pada tahun 2005.

Google Earth adalah program pemetaan untuk citra satelit dengan resolusi hingga hingga 15 m per piksel, Google Earth juga merupakan salah satu aplikasi gratis yang dapat digunakan siapa saja untuk melihat data umum tentang Bumi dari udara, darat, atau laut. 

Dengan bantuan Google Earth, kita dapat melihat lokasi rumah, bentuk bangunan, morfologi dan topologi area, dan dengan perkembangan waktu, Google Earth selalu memperbarui fitur yang ada untuk memberikan informasi yang lebih baik. yang dapat diberikan kepada penggunanya.

Saat ini, Google Earth telah berganti nama menjadi aplikasi Google Earth Pro dan dapat diunduh secara gratis dari situs resminya.Mengenai salah satu fitur lainnya, setelah membuka database utama dan melihat foto-fotonya, di beberapa tempat kita bisa melihat keadaan area dalam bentuk panorama atau tampilan 360 derajat dalam mode Street View.

Kelebihan dan beberapa fitur dari aplikasi Google Earth Pro antara lain :

Melihat perubahan topografi suatu daerah pada masa lalu dan melihat ANALISISnya, hal ini dapat dilakukan dengan cara mengecek tahun pencatatan yang dilakukan oleh Google Earth dengan mengklik tombol “Show Historical Imagery ” toolbar, maka kita dapat menentukan tahun, berapa banyak yang ingin Anda tampilkan.

Dapatkan informasi terupdate dengan mengaktifkan fitur di database utama dan kita bisa melihat informasi seperti foto, tempat umum, jalan.

Bisa untuk overlay data bitmap atau vektor, biasanya dilakukan ketika kita memiliki 2D dan ingin menampilkannya dalam 3D atau ingin melihat informasi tambahan lainnya.

Buat peta terpisah dengan kemampuan untuk mengimpor data GIS atau kml/kmz dan kami dapat menambahkan fitur dari luar dan mengimpornya ke Google Earth dalam format kml/kmz sehingga dapat diedit di lapisan Google Earth.

Untuk melihat dan menjelajahi lautan, karena Google Earth dapat merekam atau memvisualisasikan kondisi laut, kita tinggal memperbesar salah satu laut yang ingin kita lihat.

Dapat mengukur luas, jari-jari dan keliling bumi.

Fitur terakhir memungkinkan pengguna untuk mencetak multi-layered, gambar resolusi tinggi.

Manfaat dan fitur Google Earth dapat dipelajari dengan mengunduh dan menjelajahi aplikasi, sehingga kami dapat membantu Anda mendapatkan informasi peta yang Anda butuhkan.