10 Aplikasi Promosi Gratis Paling Efektif yang Harus Anda Coba

Saat ini banyak sekali UMKM yang bermunculan setiap tahunnya. Hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi UMKM agar dapat dikenal masyarakat dan mampu memenangkan persaingan di pasar.

Cara yang bisa digunakan adalah dengan melakukan promosi. Anda harus kreatif dalam mengembangkan strategi pemasaran. Salah satu caranya adalah dengan Aplikasi Promosi Gratis. Jika bisnis Anda memiliki website resmi, umumnya akan lebih dipercaya orang dan reputasi bisnis akan meningkat.

Aplikasi Promosi Gratis
www.nataconnexindo.com

Buat situs web yang unik. Misalnya, Anda dapat menggunakan domain yang berbeda dari biasanya untuk membuat kesan yang unik. Contoh domain adalah .online atau .site. Memiliki domain yang unik dan berbeda akan membuat pengunjung situs mengingatnya dan menarik pengunjung baru untuk mengunjungi website Anda.

Jika Anda pernah berpromosi melalui website tetapi tidak puas dengan hasilnya dan ingin mencoba promosi di tempat lain, berikut ini kami akan memberikan referensi tentang 8 Aplikasi Promosi Gratis yang bisa Anda coba. Berikut ulasannya.

10 Aplikasi Promosi Gratis Paling Efektif

Sebenarnya ada banyak platform promosi yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis online Anda. Ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Namun bagi anda yang baru memulai bisnis dan belum tertarik dengan promosi berbayar, jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang 10 Aplikasi Promosi Gratis. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

1. Facebook

Facebook adalah aplikasi yang sangat populer. Hampir semua orang menggunakan Facebook. Hingga saat ini, Facebook memiliki sekitar 2,3 miliar pengguna.

Facebook dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda secara online secara gratis. Anda dapat mempromosikan semua jenis produk melalui Aplikasi Promosi Gratis ini. Ada alat yang dirancang sedemikian rupa sehingga lebih mudah bagi pengguna untuk mempromosikan produk yang sesuai dengan target bisnis.

Dengan alat ini, promosi Anda akan dijangkau oleh lebih banyak pengguna sesuai dengan tujuan bisnis. Ini terbukti sangat efektif dan dapat meningkatkan tingkat percakapan situs web Anda.

2. Instagram

Instagram juga merupakan salah satu media sosial yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda secara online. Jumlah pengguna Instagram juga tidak kalah dengan pengguna Facebook.

Cara mempromosikan bisnis Anda secara gratis di Instagram melalui fitur Instagram Stories atau melalui feed Instagram. Anda dapat membuat akun khusus untuk bisnis Anda dan kemudian memposting foto atau video terkait bisnis.

Saat Anda menuju promosi berbayar melalui Instagram, Anda dapat menggunakan fitur Instagram Ads. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk mengunjungi akun atau situs web Anda. Atau, Anda dapat berpromosi dengan berkolaborasi dengan artis, selebriti, atau influencer.

Bagi Anda yang memiliki target pasar anak muda, aplikasi ini sangat cocok untuk promosi. Karena sebagian besar pengguna Instagram adalah anak-anak muda.

3. Zomato

Zomato adalah Aplikasi Promosi Gratis yang cocok untuk bisnis di bidang kuliner.

Di aplikasi Zomato ini kita bisa menemukan review tempat makan. Beberapa informasi yang ditampilkan di aplikasi Zomato antara lain nama tempat makan, alamat, lokasi, menu, nomor kontak yang bisa dihubungi, selama acara berlangsung di situs.

Zomato juga menampilkan informasi tentang jam buka restoran, layanan yang disediakan, Wi-Fi, live music. Pengguna dapat menilai tempat makan.

4. Linked Business

Tahukah Anda bahwa LinkedIn dapat digunakan untuk promosi bisnis online? LinkedIn tidak hanya digunakan sebagai wadah bagi para profesional saja, namun ada juga fitur solusi pemasaran yang bernama LinkedIn Business.

Aplikasi ini dapat membantu Anda menemukan calon pelanggan. Anda dapat menjangkau lebih dari 500 juta orang melalui aplikasi ini. Anda juga dapat menghubungi pemilik bisnis untuk menjadi pelanggan Anda.

5. Google My Business

Aplikasi Google Bisnisku dapat membantu Anda menjangkau banyak pelanggan. Semua orang menggunakan Google ketika mereka ingin menemukan kebutuhan mereka. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan Google Bisnisku, bisnis Anda jelas bisa lebih dikenal.

Google Maps adalah fitur dari Google Bisnisku. Jika bisnis Anda terkait dengan apa yang ditelusuri orang melalui Google Maps, informasi tentang bisnis Anda mungkin muncul di hasil penelusuran dan memungkinkan orang untuk mengunjunginya.

6. Twitter

Anda bisa dipromosikan dari aplikasi Twitter. Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan fitur Iklan Twitter untuk menjangkau banyak pengguna yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah men-tweet tentang promosi dan memberikan tagar tertentu. Dalam tweet tersebut, Anda dapat memberikan informasi tambahan dan menanggapi komentar dari pengguna lain.

7. Quora

Anda bisa menganggap aplikasi Quora sebagai sarana promosi karena konten tanya jawab Quora sering muncul di halaman pencarian Google, jadi dengan menggunakan Quora sebagai sarana mempromosikan bisnis Anda, Anda akan semakin dikenal.

8. Forum Indonesia

Pesan promosi terakhir adalah Anda dapat menggunakan forum. Sederhana dan gratis, Anda hanya perlu mendaftar di forum, lalu Anda membuat utas diskusi terkait produk yang Anda tawarkan.

9. Wanelo

Aplikasi Promosi Gratis ini seperti mall yang menampung berbagai produk dari toko yang berbeda. Wanelo adalah kependekan dari Want, Need and Love, sebuah aplikasi oleh Deena Varshavkaaya yang berbasis di San Francisco, Amerika. Saat ini, aplikasi Wanelo telah menampung lebih dari 12 juta produk dari berbagai toko online. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini dapat dengan baik mendukung strategi pemasaran digital Anda.

Untuk mendukung strategi pemasaran digital Anda, aplikasi seluler ini menyatukan semua umpan produk di satu tempat. Ini akan memudahkan Anda untuk mempromosikan toko dan produk Anda.

10. Google Analytics

Google Analytics adalah aplikasi untuk memonitor traffic website Anda. Untuk menyederhanakan pelaksanaan strategi pemasaran digital, Google Analytics tersedia sebagai aplikasi seluler. Aplikasi ini akan memudahkan kita untuk memantau berbagai elemen yang terkait dengan kemajuan strategi digital marketing Anda seperti traffic, kata kunci yang digunakan, jangkauan, dll.

11. Hootsuite

Anda mungkin memiliki saluran pemasaran yang berbeda di jejaring sosial yang berbeda. Bisnis yang memiliki profil di berbagai media sosial akan memberikan lebih banyak kesempatan untuk terhubung dengan pelanggan potensial yang lebih luas. Hal ini sangat penting untuk diterapkan dalam strategi digital marketing Anda. Untuk ini, Hootsuite akan membantu Anda mengelola berbagai media sosial yang Anda miliki dalam satu dasbor.

12. Buffer

Terkadang kita sering menemukan pekerjaan lain saat mengelola konten media sosial. Sehingga konten menjadi terlambat untuk diperbarui, padahal pembaruan konten sangat penting untuk keberhasilan strategi digital marketing Anda. Buffer adalah aplikasi seluler yang diperlukan jika konten di media sosial ingin terus diperbarui. Anda dapat dengan mudah menjadwalkan konten untuk diunggah di media sosial. Cukup pilih tanggal, hari dan waktu yang Anda inginkan dan Buffer akan memposting konten media sosial untuk Anda.

Akhir Kata

Berikut adalah 10 Aplikasi Promosi Gratis yang dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan. Karena gratis, tentu saja, Anda dapat menikmati aplikasi ini sepenuhnya.

Dengan pemilihan tips pemasaran yang baik dan platform promosi yang tepat, Anda akan menikmati banyak keuntungan, termasuk banyak orang yang mengenal bisnis Anda dan bisnis Anda menjadi lebih maju. Semoga beruntung.