Proses Pemasaran Dalam Bisnis, Pengertian dan Tahapannya

Pemasaran atau sering disebut marketing merupakan hal penting yang selalu dilakukan dalam segala bidang usaha. Pemasaran Dalam Bisnis ini pada umumnya merupakan sarana atau strategi suatu perusahaan atau produsen untuk menarik pelanggan atau konsumen. Dengan cara ini, proses penjualan dapat dilakukan dengan baik dan efisien untuk menghasilkan keuntungan bagi bisnis.

Pemasaran Dalam Bisnis
cdns.klimg.com

Dalam hal ini, proses pemasaran dilakukan dengan perencanaan yang sistematis. Dimulai dengan analisis strategis dari berbagai kebutuhan dan faktor pemasaran, kemudian menyusunnya menjadi rencana pemasaran yang terstruktur. Selanjutnya proses Pemasaran Dalam Bisnis dan penjualan juga meliputi tahapan pelaksanaan pemasaran dan pengendalian pemasaran.

Pengertian Pemasaran

Jika dikutip di halaman Investopedia, pemasaran adalah strategi bisnis yang mengacu pada kegiatan yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan penjualan suatu produk.

Di sini, pemasaran mencakup periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen atau bisnis lain. Beberapa kegiatan pemasaran seringkali dilakukan oleh perusahaan lain.

Jenis-Jenis Pemasaran

Ada banyak strategi pemasaran yang dikenal saat ini, berikut beberapa di antaranya:

1. Periklanan

jenis pemasaran yang pertama Periklanan adalah jenis pemasaran yang paling umum dan paling mudah ditemukan. Periklanan adalah strategi pemasaran berbayar yang menggunakan berbagai media, termasuk televisi, surat kabar, radio, media online, dan papan reklame.

2. Internet

Pemasaran Internet melalui Internet telah menjadi populer sejak era digital. Biasanya pemasaran ini diiklankan melalui website, mesin pencari, media online, media sosial.

3. MLM

Pemasaran Dalam Bisnis MLM atau multi level marketing adalah pemasaran yang menarik konsumen dari direct selling dan umumnya menerapkan sistem multi level. Seringkali, metode MLM tidak hanya menjual, tetapi juga sering merekrut orang untuk menjadi pemasarnya.

4. Branding

Brand marketing adalah cara memperkenalkan produk agar lebih dikenal masyarakat sebagai calon konsumen. Branding bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menjaga kualitas, layanan purna jual, logo.

Fungsi Pemasaran Dalam Bisnis

Pemasaran Dalam Bisnis berfungsi sebagai tercantum di bawah ini adalah beberapa fungsi pemasaran

1. Peningkatan penjualan

Fungsi pemasaran jelas merupakan peningkatan penjualan yang pada gilirannya meningkatkan keuntungan. Semakin tinggi jumlah kegiatan pemasaran, semakin besar kemungkinan produk atau jasa untuk dijual.

2. Pengenalan produk

Pengenalan produk jadi merupakan salah satu fungsi pemasaran. Dengan adanya kegiatan pemasaran maka produk akan lebih mudah dikenal oleh konsumen.

3. Riset

Fungsi pemPemasaran Dalam Bisnisasaran adalah satu-satunya yang terkait dengan riset. Dengan pemasaran dapat diketahui secara detail target konsumen, distribusi konsumen dan produk yang disukai konsumen.

4. Kepuasan Konsumen

Strategi pemasaran tidak cukup hanya menciptakan produk yang berkualitas, tetapi juga berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Karena kepuasan pelanggan akan meningkatkan penjualan produk kedepannya.

5. Kompetisi

Tujuan pemasaran jelas adalah persaingan. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang menonjolkan keunggulannya dibandingkan produk pesaing.

Tahapan Dalam Pemasaran Dalam Bisnis

Setiap langkah proses pemasaran saling berhubungan satu sama lain. Jadi setiap langkah proses pemasaran harus dilakukan secara sistematis untuk mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, proses pemasaran berikut ini harus dipahami dengan baik.

Beberapa proses pemasaran berikut ini dapat Anda terapkan dalam bisnis atau bisnis Anda saat ini. Ini juga bisa menjadi evaluasi apakah metode atau strategi yang diterapkan sebelumnya sudah efektif atau belum. Dengan demikian, strategi yang diterapkan dapat membuahkan hasil yang sesuai dengan tujuan.

Dilansir dari situs Britannica, berikut kami rangkum beberapa proses pemasaran penjualan yang perlu Anda ketahui.

1. Analisis strategi

Pemasaran Dalam Bisnis yang pertama adalah analisis strategi pemasaran. Bagi perusahaan atau pelaku bisnis yang mencari laba, perlu ditentukan strategi khusus untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam hal ini, perusahaan harus terlebih dahulu menentukan segmentasi pasar. Hal ini akan memudahkan untuk menentukan target pasar atau konsumen yang dapat menguntungkan bisnis. Berikut adalah beberapa segmentasi yang perlu Anda ketahui

  • Niche market: yaitu segmentasi pasar atau kelompok sasaran kecil yang memiliki persyaratan khusus. Misalnya, bank mungkin mengkhususkan diri dalam memenuhi kebutuhan investasi tidak hanya warga lanjut usia, tetapi juga penduduk berpenghasilan tinggi.
  • Pemasaran untuk individu: yaitu segmentasi pasar yang ditujukan untuk pelanggan atau konsumen individu. Dalam hal ini, perusahaan umumnya menyesuaikan penawaran dan model komunikasi yang diberikan kepada setiap klien. Misalnya, sebuah perusahaan industri besar yang hanya berkonsentrasi dan memiliki beberapa pelanggan utama. Layanan kepada pelanggan pribadi memungkinkan pembuatan database pemasaran, di mana karakteristik pelanggan pribadi dan riwayat pembelian disimpan dalam sistem informasi perusahaan.

Setelah menentukan segmentasi, penting juga untuk melakukan self-positioning atau penentuan posisi. Ini akan melibatkan strategi komunikasi yang jelas untuk menentukan posisi bisnis atau merek terhadap pesaing. Dalam hal ini, perusahaan dapat bertaruh pada keunggulan produk atau merek yang berbeda dari pesaing lainnya. Dengan cara ini, positioning ini juga dapat mendukung proses pemasaran yang efektif untuk menarik pelanggan.

2. Perencanaan bauran pemasaran

Langkah selanjutnya dalam Pemasaran Dalam Bisnis adalah perencanaan bauran pemasaran. Pada fase ini, perusahaan akan menentukan strategi yang berbeda terkait dengan pembuatan produk, harga, tempat dan promosi yang dilakukan. Berikut kami berikan penjelasan yang lebih detail.

1. Produk

Perusahaan atau produsen membuat atau menciptakan produk untuk dijual. Produk ini diproduksi berdasarkan ide dari pembuatnya sendiri atau berdasarkan kondisi pasar dan kebutuhan masyarakat. Setelah memproduksi produk, perusahaan akan mengurus kemasan dan branding. Kemasan produk harus dirancang dengan cara yang paling menarik untuk membangkitkan minat konsumen. Branding juga harus dilakukan untuk memberikan positioning masyarakat atas produk yang dihasilkan.

2. Harga

Unsur kedua dari bauran pemasaran adalah harga. Perusahaan biasanya menentukan harga dengan mengukur kualitas atau tingkat kinerja penawaran dan kemudian memilih harga yang sesuai dan mencerminkan tingkat kualitas.

Misalnya, kendaraan Mercedes-Benz umumnya dianggap sebagai mobil berkualitas tinggi dan oleh karena itu dapat memperoleh harga tinggi di pasar. Namun, jika produsen dapat menetapkan harga mobil mereka secara kompetitif terhadap mobil ekonomi, orang mungkin menilai produk tersebut berkualitas buruk.

Di sisi lain, untuk mendapatkan pangsa pasar, beberapa perusahaan telah beralih ke harga yang lebih rendah, yang berarti menawarkan harga yang secara sistematis lebih rendah daripada pesaing mereka. Hal ini juga menjadi salah satu strategi untuk menarik konsumen.

3. Lokasi Lokasi

, atau di mana produk tersedia, adalah elemen ketiga dari bauran pemasaran dan lebih sering disebut sebagai distribusi. Misalnya, saluran distribusi untuk berbagai produk makanan meliputi pabrik pengolahan makanan, gudang, grosir, dan supermarket. Dengan menggunakan saluran ini, produsen makanan membuat produk mereka mudah diakses dengan memastikan mereka berada di toko yang sering dikunjungi oleh pasar sasaran.

4. Promosi

Promosi, elemen keempat dari bauran pemasaran berupa metode komunikasi yang berbeda untuk mempengaruhi pelanggan. Sarana utama promosi dapat berasal dari tenaga penjualan, periklanan, promosi penjualan dan hubungan masyarakat.

Proses pemasaran dalam bisnis atau penjualan selanjutnya adalah pelaksanaan pemasaran. Dalam hal ini, perusahaan biasanya menyewa beberapa biro iklan untuk membantu mereka mengembangkan ide periklanan, promosi penjualan, dan iklan. Namun hal ini harus disesuaikan dengan perencanaan bauran pemasaran yang telah ditetapkan agar selaras dan konsisten.

3. Pengendalian Pemasaran

Proses pemasaran terakhir dari kegiatan penjualan adalah pengendalian atau pengendalian pemasaran. Fase ini dilakukan dengan tujuan agar setiap strategi yang diterapkan sesuai dengan rencana sehingga dapat dihasilkan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan. Selain itu, tinjauan pemasaran juga penting untuk mengevaluasi program pemasaran secara berkala untuk memastikan bahwa program terus memenuhi tujuannya.

Itulah artikel tentang pengertian pemasaran dan tahapan Pemasaran Dalam Bisnis, semoga bermanfaat