Mengenal Apa Itu Aplikasi Google Calendar dan Fitur Menariknya

Apakah Anda yang menggunakan smartphone Android, coba cek apakah sudah ada atau belum. Namun, hanya sedikit orang yang tahu tentang fitur-fiturnya dan tahu cara memaksimalkan Aplikasi Google Calendar.

Bagi orang yang melakukan banyak tugas, jelas mereka harus selalu dekat dengan kalender tugas. Tujuan utamanya adalah agar semua kegiatan terjadwal seperti rapat, rapat klien, rapat online, pembayaran tagihan, pemesanan hotel, dll. tidak hilang.

Aplikasi Google Calendar
qwords.com

Bagi Anda yang menjalankan semua bisnis Anda sendiri dan tidak memiliki asisten pribadi, ini jelas merupakan kerja keras. Apalagi bagi mereka yang menggunakan smartphone pasti membutuhkan usaha lebih untuk membuat reminder setiap kali ada jadwal yang harus dikerjakan.

Pada artikel ini, kita akan membahas penjelasan, fitur dan tips menggunakan Aplikasi Google Calendar di Google Calendar.

Apa Itu Aplikasi Google Calendar

Google Calendar adalah aplikasi web manajemen waktu yang dikembangkan oleh Google, pertama kali dirilis pada 13 April 2006. Untuk menggunakan aplikasi Google Calendar ini, pengguna memerlukan akun Google, salah satunya, smartphone atau komputer.

Aplikasi Google Calendar disediakan oleh Google secara gratis, pengguna dapat menggunakannya secara bebas untuk mengatur berbagai aktivitas. Beberapa ponsel cerdas yang lebih baru menyertakan aplikasi Google Kalender sebagai aplikasi default. Oleh karena itu, saat Anda masih berada di email yang sama meskipun menggunakan perangkat yang berbeda, notifikasi Google Kalender mungkin tetap ditampilkan.

Gmail secara otomatis beralih ke Kalender Google

Setiap kali Anda menerima email tentang jadwal rapat, tiket penerbangan, konser, hotel, dll., Anda akan menerima email yang berisi detail waktu, tanggal, dan acara. Sekarang, jika Anda telah menginstal aplikasi Google Kalender, Anda dapat langsung menambahkannya secara otomatis. Google Kalender kemudian akan memberikan pemberitahuan saat kalender mendekati aktivitas yang direkam sebelumnya.

Fitur Aplikasi Google Calendar

Bagi yang belum tahu, ada beberapa fitur Aplikasi Google Calendar keren yang bisa Anda coba. Berikut fitur-fiturnya:

1. Membantu mengingat produktivitas

Anda dapat dengan mudah menambahkan kalender ke Aplikasi Google Calendar dengan memberikan pengingat sebelum kalender dimulai. Dengan cara ini Anda dapat mengatur waktu pengingat sebelum aktivitas dimulai, sehingga Anda dapat mengatur waktu sebelum acara dimulai.

2. Berbagi Kalender

Aplikasi Google Kalender memungkinkan Anda berbagi kalender aktivitas dengan sekelompok teman untuk mengoordinasikan jadwal, sehingga jika suatu acara dijadwal ulang, semua orang akan tahu.

3. Simpan acara dari Gmail

Email yang Anda terima berisi waktu, tanggal, dan detail acara yang dapat Anda simpan langsung ke Google Kalender tanpa harus membubuhi keterangan secara manual di aplikasi kalender . Jika sudah disimpan di Google Calendar, saat ada notifikasi perubahan jadwal, otomatis akan berubah secara real time.

4. Membuat daftar tugas di kalender

Anda juga dapat menambahkan daftar tugas secara manual untuk ditambahkan ke kalender. Yang harus Anda lakukan adalah memilih tanggal, lalu pilih waktu dan masukkan detail tugas di kalender.

5. Reminder acara TV

Bagi Anda yang menyukai acara TV dan tidak ingin membuang waktu, Anda dapat membuat pengingat acara TV favorit Anda di Google Kalender. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengaktifkan fitur Kalender Episode dan memilih opsi berlangganan di acara TV yang telah disimpan di aplikasi Google Kalender.

6. Pembaruan Media Sosial

Selain acara TV, Anda dapat mengatur pengingat untuk pembaruan media sosial Twitter atau Facebook pada waktu-waktu tertentu. Anda cukup menambahkan aplikasi IFTTT (If This Then That) yang memungkinkan aplikasi Google Kalender terhubung langsung ke jejaring sosial.

7. Pengingat Jadwal Makan

Terakhir, Anda dapat menggunakan fitur Google Kalender untuk membuat pengingat jadwal makan.

Cara menggunakan Aplikasi Google Calendar

Jika Anda memiliki akses ke Aplikasi Google Calendar, cara menggunakan alat ini adalah dengan login terlebih dahulu dengan akun Gmail Anda.

Setelah itu, Anda bisa menggunakannya secara maksimal.

Menurut Oberlo, berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan Kalender Google agar aktivitas Anda sehari-hari tetap teratur.

  • Pastikan Anda masuk ke akun Gmail Anda, lalu ketik “Google Kalender” di browser dan pilih yang di atas sendiri.
  • Setelah terbuka, jelajahi menu aplikasi Google Kalender ini.
  • Untuk mulai membuat acara di Google Kalender, pertama-tama pilih tanggal acara, lalu gulir ke bawah dan pilih menu pengingat.
  • Setelah menentukan waktu, popup baru akan muncul di detail acara.
  • Silakan masukkan judul acara yang akan Anda selenggarakan, berikut kami berikan contoh dengan “Pertemuan online dengan pelanggan”.
  • Ada empat pilihan menu “Event, Out of Office, Reminder dan Appointment Space”, berikut kami berikan contohnya dengan memilih Event Calendar.
  • Kemudian atur waktunya jam berapa sampai jam berapa.
  • Di bagian “Tambah Tamu”, Anda dapat menambahkan siapa saja yang akan menghadiri acara, masukkan alamat email untuk ditambahkan ke acara Google
  • Kalender.
  • Jika rapat Anda online, Anda dapat menambahkannya ke “Tambahkan konferensi video Google Meet”.
  • Silakan masukkan lokasi pada peta yang disediakan.
  • Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menambahkan deskripsi catatan ke semua anggota yang menghadiri acara tersebut.
  • Jika sudah, Anda bisa “Simpan”.

Selamat, Anda telah berhasil membuat pengingat acara di Aplikasi Google Calendar. Pengingat biasanya berbunyi 10 menit sebelum dimulainya acara. Anda dapat memodifikasinya sesuai kebutuhan Anda jika 10 menit terasa terlalu sempit.

Fitur Lain Dari Aplikasi Google Kalender

Memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda mengatur waktu dengan lebih mudah. Beberapa fitur yang ada di Aplikasi Google Calendar sebagai berikut :

1. Fitur Calendar

Fitur pertama yang tidak diragukan lagi adalah fitur calendar, fitur calendar ini memiliki tampilan hari, minggu dan bulan. Jadi Anda bisa mengaturnya sesuai jadwal Anda.

2. Fitur Refresh

Fungsi update pada Google Calendar adalah untuk refreshing. Jika aplikasi tiba-tiba mogok, Anda dapat menggunakan fungsi pembaruan. Jika kalender yang Anda tambahkan tidak muncul, Anda juga dapat menggunakan fungsi pembaruan. Kemudian program akan muncul kembali.

3. Tambahkan Fitur Penjadwalan

Fitur ini merupakan hal penting yang dapat digunakan untuk mengatur jadwal Anda. Anda dapat menambahkan acara, pengingat, tujuan, dan aktivitas untuk dikerjakan. Fitur ini akan membantu Anda mengatur jadwal Anda dengan aman dan akurat.

4. Fungsi Momen Hebat

Fungsi ini menunjukkan kepada Anda hari-hari besar yang perlu Anda ketahui, seperti hari pendidikan, hari pahlawan, dan hari-hari besar lainnya. Jadi, Anda tidak akan melewatkan momen penting tersebut.

5. Fungsi pencarian

Jika Anda ingin mengetahui berbagai kegiatan yang telah Anda rencanakan, Anda dapat menggunakan fungsi pencarian. Fitur ini akan memudahkan Anda untuk menemukan program yang Anda cari.

6. Fitur Notifikasi

Fungsi notifikasi akan muncul di layar ponsel jika program sudah sampai. Fitur ini akan selalu mengingatkan Anda tentang waktu yang telah Anda daftarkan di Google Kalender.

Demikianlah pembahasan tentang apa itu Google Calendar dan fitur-fitur kerennya. Oleh karena itu aplikasi Google Calendar ini sangat berguna bagi Anda yang sibuk dan sering lupa dengan kalender Anda.

Sahabat Mimin pasti tahu Mimin kini menjadi salah satu penyedia layanan hosting domain terbaik di Indonesia dengan pengalaman puluhan tahun dalam domain tersebut. Bagi Anda yang berencana untuk memulai sebuah website