Jangan Khawatir 6 Cara Menghilangkan Fobia Dengan Mudah

Fobia

Ap aitu Fobia ?

Cara Menghilangkan Fobia – Fobia adalah rasa takut berlebihan dan tanpa alasan pada suatu benda atau situasi yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Tidak seperti rasa cemas biasa yang bersifat sementara seperti saat harus berbicara di depan umum atau menghadapi ujian, Fobia merupakan kondisi yang permanen, yang menyebabkan reaksi fisik dan stress psikologis. Kondisi ini dapat mempengaruhi kemampuan bekerja atau dalam lingkungan sosial normal. Fobia yang paling sering terjadi yaitu takut terbang, takut ketinggian, laba-laba, orang lain, suntikan, darah, dan tempat sempit.

Cara Menghilangkan Fobia

Cara Menghilangkan Fobia

Tidak terdapat pemeriksaan lain untuk Fobia. Dokter mendiagnosis penyakit dengan wawancara klinis dengan baik. Anda akan ditanyakan mengenai gejala dan Riwayat Kesehatan anda, lalu dokter akan menyimpulkan bahwa anda memiliki Fobia.

 

Pengobatan di rumah

Apa saja Perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi Fobia?

Berikut ini adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi Fobia :

Bicarakan dengan dokter anda mengenai kondisi anda. Jangan malu untuk mengakut Fobia anda
Fobia khusus dapat diterapi setelah beberapa sesi
Hindari keadaan yang membuat stress sedapat mungkin
• Olahraga untuk menurunkan kecemasan
• Hindari hal yang menyebabkan anda takut
• Hubungi dokter anda jika terkena serangan panik lebih sering
. Hubungi jika kamu mengalami komplikasi fisik yang disebabkan oleh cemas atau Depresi dan jika anda memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Bila ada pertanyaan, maka konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik untuk masalah yang anda alami.

 

Seberapa Umumkah Fobia ?

Kebanyakan Fobia dimulai saat pubertas namun Fobia binatang, darah, badai, dan air biasanya mulai saat kanak-kanak. Wanita lebih sering menderita Fobia disbanding laki-laku. Konsultasikan dengan Dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala Fobia ?

Fobia biasanya menyebabkan denyut jantung menjadi cepat, sesak, Nyeri Dada, berkeringat, dan Diare. Paparan terhadap keadaan yang menyebabkan Fobia sering mengakibatkan masalah serius dan serangan panik. Biasanya pasien tidak dapat mengendalikan Fobia dan p erbuatannya. Pasien akan mengalami masalah di sekolah atau kantor jika mereka mengalami seperti ini.

Bisa ada beberapa tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika kamu memiliki rasa khawatir akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

 

Kapan saya harus periksa ke dokter ?

Cara Menghilangkan Fobia – Terkadang Anda memiliki Fobia karena Anda merasa tidak nyaman misalnya anda lebih ingin naik tangga daripada lift. Keadaan ini bukanlah penyakit kecuali jika hal ini mempengaruhi hidup anda. Jika anda cemas berlebihan hingga mengganggu pekerjaan atau hubungan sosial anda, maka anda harus pergi ke dokter atau psikoterapis. Sebagian besar pasien dapat disembuhkan jika terapi dengan benar.

Bila anda memiliki salah satu tanda-tanda atau gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikanlah dengan dokter untuk menangani kondisi Kesehatan anda.

Penyebab

Apa penyebab Fobia ?

Saat ini, penyebabnya belum diketahui dengan pasti, namun Fobia cenderung menjadi dalam keluarga dan biasanya terjadi setelah kejadian yang mengguncang. Awal muncul Fobia dapat terjadi secara mendadak maupun bertahap.

 

Faktor-fakto risiko

Apa yang meningkatkan Risiko saya untuk Fobia ?

Anda banyak faktor risiko untuk Fobia, yaitu :

• Usia : Fobia sosial sering terjadi saat anda masih muda, biasanya pada usia 13 tahun. Fobia hal tertentu biasanya diawali saat kanak-kanak, biasanya pada usia 10 tahun. Sedangkan Fobia tempat ramai terjadi sebelum 35 tahun.
• Riwayat keluarga. Jika anda memiliki saudara yang memiliki Fobia hal-hal tertentu seperti laba-laba atau ular, Anda berisiko tinggi memiliki Fobia yang sama. Para ilmuwan meyakini Fobia disebabkan oleh faktor genetik, atau saat masih muda mereka mempelajari tingkah laku orang dewasa sehingga mereka cenderung mengikuti hal-hal yang telah dilalui anggota keluarganya.
• Karakteristik Diri. Kemungkinan memiliki Fobia jika Diri anda terlalu sensitif, terlalu malu, dan terlalu pesimis dalam hidup.

Cedera psikologis : Jika anda pernah mengalami syok psikologis seperti terjebak dalam lift atau dikejar binatang yang dapat membuat anda Fobia.

 

Pengobatan

Apa saja Pilihan pengobatan saya untuk Fobia ?

Tujuan terapi yaitu untuk meredakan rasa takut menjadi rasa takut yang biasa, dan menghindari hal-hal pemicu rasa takut.

Seringnya, terapi Fobia sosial dilakukan selama beberapa bulan, namun terapi untuk Fobia khusus lainnya tidak lebih lama. Kebanyakan pasien yang Fobia binatang, darah, dan suntikan dapat melakukan terapi perilaku.

Cara Menghilangkan Fobia – Terapi obat-obatan dan perilaku dapat dilakukan bersamaan. Obat ini mengurangi beberapa gejala yang disebabkan oleh kecemasan, khususnya takikardia dan palpitasi. Metode obat-obatan lebih efektif jika digunakan untuk Fobia sosial dibanding Fobia khusus lain.

Selain itu, terapi berdasarkan paparan pada bayangan atau realita merupakan cara terapi terbaik untuk Fobia khusus seperti takut darah, suntikan, dokter gigi, binatang, tempat sempit, terbang, ketinggian, dan sesak napas. Pengukuran paparan dapat menjadi terapi paling efektif jika sesi terapi diatur bersama. Metode lain seperti biofeedback, hypnosis, dan lainnya dapat membantu pasien mengurangi kecemasan dan mengontrol denyut jantung.