Amnesia : Pengertian, Jenis-jenis, Penyebab, Pengobatan, Diagnosis

Penyakit Amnesia

Amnesia – Penderita Amnesia sering terjadi di kalangan orang lansia karena usianya yang terus naik dan ingatan yang sudah semakin lemah yang menjadi faktor utama ilangnya ingatan sedikit demi sedikit. Lalu, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Amnesia, Apa penyebabnya, dan Bagaimana cara penanganan-Nya. Kali ini saya akan membahas materi tersebut satu per satu jadi mari kita simak dan pahami bacaan berikut.

 

Amnesia

Amnesia atau ilang ingatan adalah istilah yang digunakan saat seseorang tidak bisa mengingat informasi, kenangan/memori, pengalaman, atau kejadian tertentu. Kondisi ini dapat terjadi tiba-tiba atau semakin parah secara perlahan-lahan.

Ingatan yang hilang bisa berupa hal yang baru saja saja terjadi atau kenangan yang telah lama berlalu. Seseorang yang mengalami amnesia atau ilang ingatan sangat sulit untuk mendapatkan ingatannya kembali seperti sedia kala.

Jenis-Jenis Amnesia

Amnesia bisa dikategorikan dalam dua jenis. Kategori amnesia berdasarkan pengidapnya pada manusia, Kedua jenis amnesia tersebut adalah :

1. Amnesia anterograde yang terjadi ketika penderitanya kesulitan untuk mengingat hal-hal yang terjadi setelah priode atau tanggal tertentu. Orang yang mengidap jenis amnesia ini hanya bisa mengingat kejadian tertentu dalam waktu singkat.

2. Amnesia retrograde, Yaitu jenis amnesia yang dimana pengidapnya tidak dapat mengingat sesuatu yang telah terjadi di masa lalu. Contohnya, kehilangan ingatan sebelum tanggal menjalani operasi besar atau mengalami kecelakaan.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan mengingat kita umumnya akan mengalami penurunan. Meski demikian, Amnesia juga bisa menjadi gejala dari penyakit atau masalah kesehatan yang lebih serius. Anda lebih baik memeriksa diri ke dokter jika mengalami hilang ingatan yang mengkhawatirkan anda, misalnya hilang ingatan yang terjadi tanpa sebab penyebab yang jelas.

Selain dari segi usia, Penyebab umum amnesia juga bisa disebabkan oleh diluar penyakit. Maksudnya ilang ingatan amnesia tidak sebabkan oleh penyakit akan tetapi diluar penyakit. Seperti kurang tidur, stress, dan usia yang terus bertambah.

Penyebab Amnesia

Amnesia disebabkan oleh bebarapa hal yang mengganggu fungsi kerja otak sehingga orang mudah untuk ilang ingatan. Berikut ini adalah penyebab umum terjadinya Amnesia pada seseorang :

1. Penuaan

Penuaan atau bertambah usia orang juga bisa mengakibatkan terjadiya amnesia karena memori di dalam otak sudah semakin lemah. Oleh karena itu mengapa orang lansia sangat mudah lupa karena kinerja pada otak tersebut semakin lemah karena usia. Tapi, tidak untuk orang yang sering melakukan ibadah seperti membaca al-qur’an dan sebagainya. Sebab menurut peneliti orang yang membaca al-qur’an akan memperkuat memori di otaknya.

2. Stress

Belakang ini masalah stress paling banyak mengalami karena masalah ekonomi, atau yang lain. Stress juga bisa menyebabkan ilang ingatan karena fungsi otak yang tidak berjalan semestinya tanpa adanya kerusakan pada otak. Stress juga dapat mengganggu daya kerja otak.

3. Kurang Tidur

yang sering bergadang/kurang tidur ternyata bisa menyebabkan amnesia. Karena Kurang tidur dapat membuat otak mencegah untuk menangkap memori baru. Seolah-olah otak tidak dapat membuat kenangan baru.

 

Diagnosis Amnesia

Langkah Diagnosis yang tepat diperlukan dalam diagnosis Amnesia. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan penyeban dan jenis amnesia apa yang kalian alami.

Tidak ada yang beda dari penyakt lain, langkah awal diagnosis amnesia dilakukan dokter akan meminta izin dari keluarga untuk melakukan pengujian tes darah ataupun scan juga mungkin dianjurkan guna menghapus adanya kemungkinan penyakit lain

Penanganan Amenesia

Hal yang harus dilakukan untuk penanganan amnesia adalah dengan melakukan terapi, contohnya terapi okupasi serta terapi kognitif. Dengan menggunakan metode terapi, penderita amnesia akan membantu ingatannya kembali seperti semula. Misalnya, mempelajari strategi dan Teknik dalam mengatur informasi agar mudah di ingat.

Anda juga bisa menerapkan langkah-langkah sederhana untuk membantu aktivitas sehari-hari anda. Beberapa strategi yang mungkin akan berguna meliputi :

1. Senantiasa membawa alat tulis agar anda bisa segera mencatat segala informasi yang anda peroleh.
2. Selalu menaruh benda yang di butuhkan sehari-hari di tempat yang sama, contohnya kunci rumah.
3. Menggunakan fitur alarm pada hp, dengan menggunakan fitur alarm pada hp akan membantu kita untuk mengingat kegiatan yang pernah dilakukan sebelumnya