Waspada 8 Penyakit Ini Akibat Rokok

8 Penyakit Ini Akibat Rokok
Sebagian besar orang sudah mengenal yang Namanya rokok, ya tentu saja kita sudah mengenalnya. Rokok pertama kali pada tahun 4000 tahun sebelum masehi yang di mulai oleh orang Amerika Selatan. Pada saat itu rokok tidak seperti sekarang, rokok pada zaman itu ialah mengunyah atau memakan tembakau sebagai bagian dari ritual dukun.
Setelah berabad- abad kemudian barulah tembakau di perkenal oleh dunia oleh seorang yang berasal dari Eropa. Tembakau yang beraroma harum, ternyata bisa di kunyah ataupun di hisap. Tembakau biasanya digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti pilek, dsb. Namun Zaman sekarang orang salah memakainya, banyak orang menggunakan tembakau sebagai bahan dari pembuatan rokok.
Merebaknya rokok karena dari aromanya yang harum membuat candu seseorang mengkonsumsi rokok. Selain itu ada 3 zat yang berbahaya yang di timbulnya oleh rokok seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida. Dari 3 zat yang berbahaya tersebut bisa menimbulkan penyakit bagi kesehata.

8 Penyakit ini Akibat Rokok :

1. Kanker Paru- Paru

Bahayanya kanker paru-paru bagi kesehatan yang harus di waspadai karena perokok pasif. Perokok pasif adalah perokok yang menghirup asap dari perokok aktif atau biasa di sebut orang mengkonsumsi rokok tersebut. Ternyata perokok pasif lebih berbahya dari perokok aktif oleh karena jangan kalian mendekati atau pun menghirup asap dari perokok aktif.

2. Penyakit Jantung

Selain dari Paru-paru, ternyata jantung juga sensitif terhadap rokok, sekitar 50-60% orang meninggal disebabkan oleh rokok. Karena terjadi penyumbatan pada arteri di tubuh kita sehingga terjadinya sakit pada jantung karena sedikit aliran darah dan oksigen menuju ke jantung.

Jadi, jangan sesekali kita mencoba mengkonsumsinya karena sekali mengkonsumsi akan membuat seseorang kecanduan dan membuat uang cepat habis

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Merokok juga bisa menyebabkan saluran pernapasan menjadi tidak stabil karena tersumbat pada saluran napas. Penyakit yang di timbulkan pada saluran pernapasan adalah pilek, flu, dan sebagainya.

4. Asma

Jika anda memiliki penyakit asma jangan mendekati perokok aktif. Merokok bisa menyebabkan sesak napas. Asma adalah penyakit yang lumayan berbahaya karena bisa membuat penderitanya sulit bernapas. Hal itu karena masuknya asap rokok di udara yang masuk ke dalam saluran pernapasan sehingga dapat memicu terjadinya asma mendadak yang semakin parah.

5. Penglihatan Menjadi Rusak

Merokok juga bisa menyebabkan rusaknya pada mata karena asap yang di timbulkan oleh rokok. Biasanya terjadi pada orang lansia 75-80 tahun ke atas. Penderita lansia sangat sensitif terhadap rokok karena penglihat lansia yang sudah kabur tambah jadi kabur sehingga bisa menyebabkan kebutaan pada orang tersebut.

6. Cepat Tua (Penuaan Dini)

Penuaan dini sangat juga di serahkan pada banyak orang, karena orang ingin selalu ingin tampil cantik dan tetap mudah. Jadi, jangan merokok karena asap yang di keluarkan oleh rokok dan menghadap ke wajah membuat wajah menjadi kering karena struktur tembakau dapat mengubah struktur kulit pada wajah. Sehingga menyebabkan terjadinya keriput pada wajah.

7. Beresiko Terhadap Ibu Hamil

Ibu yang sedang mengandung anaknya juga tidak boleh dekat dekat dengan orang mengkonsumsi rokok. Karena bisa mengakibatkan keguguran pada janin yang di kandungnya yang di sebabkan oleh bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalam rokok seperti tar, nikotin, dan beberapa zat berbahaya lainnya.

Hal itu juga bisa menimbulkan pada kelainan genetik atau cacat bawaan lahir karena terhambatnya perkembangan perkembangan janin yang di timbulkan oleh rokok.

8. Stroke

Penyakit yang sangat berbahaya dan mendapat peringkat ke empat di dunia dengan angka kematian yang sangat tinggi. Stroke juga bisa di sebabkan oleh rokok karena pembuluh darah pada otak lebih cenderung terjadinya penyembutan dan pembekuan darah setelah sering terkena paparan bahan kimia yang dihirup melalui rokok.

Jadi, jika ingin terbebas dari stroke maka kita jauhi perokok aktif karena jika kita mendekatnya otomatis kita menghirup udara dari rokok tersebut.

Itulah dia Beberapa Penyakit Akibat rokok. Bahayanya rokok bagi kesehatan sehingga kita harus menjauhinya. Semoga ada manfaat nya.