9 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesahatan Mata
Gambar mata yang sehat
SehatKoma.blogspot.com – Selain Organ tubuh yang lain, menjaga kesehatan mata harus dilakukan. Mata adalah organ tubuh yang sangat penting karena mata di gunakan untuk melihat. Mata yang sehat adalah mata yang dapat berfungsi melihat dengan jelas tanpa kabur. Oleh sebab itu, kita patut untuk menjaga kesehatan mata dan memperbanyak makan-makanan yang sehat. Berikut ini ada 8 Cara menjaga Kesehatan Mata dengan baik

Ini Dia 9 Cara Menjaga Kesehatan Mata :

1. Hindari Membaca dalam Keadaan Gelap

Membaca membuku dalam keadaan akan mempengaruhi keadaan mata sehingga bisa membuat mata menjadi tidak sehat karena tidak ada cahaya dalam suatu ruangan. Oleh karena itu kita harus membaca sesuatu di tempat terang. Karena mata dapat berfungsi dengan baik apabila ada cahaya yang di tangkapnya.

2. Hindari Bermain Gagdet yang Terlalu Lama

Mata yang Lelah adala mata yang terlalu lama bermain gadget yang terlalu berlebihan. Boleh boleh saja bermain gadget akan tetapi kita juga harus memperhatikan kesehatan mata. Mengapa? Karena bisa menyebabkan rusaknya Degenerasi macula. Degenerasi macula adalah penyakit retina yang disebabkan oleh terlalu lamanya seseorang bermain gadget.

3. Mengkonsumsi buah dan sayur sayuran

Kita juga tau mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vit A, akan membantu penglihatan mata dengan jelas. Contohnya seperti wortel, kandungan vit A yang terdapat pada wortel adalah menjaga fungsi penglihatan mata. Selain itu vit A juga dapat memperkuat sistem imun, menunjang pertumbungan janin, dsb.

4 Hindari Melihat Cahaya yang terlalu terang

tidak hanya gelap yang bisa merusak mata, melihat cahaya yang terlalu terang bisa meruka mata. Mengapa? Karena melihat sesuatu yang terlalu terang mata tidak bisa melihat dengan jelas dan cahaya yang terang memiliki intensitas yang sangat tinggi dan bisa meruka retina di belakang bola mata. Sehingga mata bisa menjadi buta. Hal itu akan sangat di rugikan bagi kita oleh sebab kita jangan mellihat cahaya yang terlalu terang seperti melihat cahaya gerhana matahari secara langsung tanpa memakai kacamata.

5. Rutin Memeriksa Mata Ke dokter Mata atau Optometri

Orang yang sering rutin memeriksan mata akan mengetahui kondisi matanya dengan baik. Pemeriksaan mata di lakukan 1-2 kali setahun ke dokter mata (optometri). Optometri adalah profesi yang merawat kesehatan yang tugasnya melalukan pemeriksaan kesehatan mata dan sistem visual yang berlaku untuk cacat atau kelainan pada mata.

6. Menggunakan Kacamata Pada Saat yang Benar

Maksudnaya ialah jika seseorang sudah mengalami sedikit kerusakan mata dah harus memakai kacamata maka gunakanlah pemakaian kacamata pada saat di butuhkan. Seperti pada saat belajar disekolah, karena pada saat guru menulis di papan tulis otomatis penglihatan mata menjadi kabur oleh karena itu kita harus menggunakan kacamatan. Itulah pemakaian kacamata pada saat yang tepat.

7. Membuat Mata menjadi lebih Tenang

Membuat mata menjadi lebih tenang yaitu pada saat tidur, karena mata butuh beristirahat setelah melakukan aktifitas sepanjang hari. Jangan biar mata kita menjadi Lelah dan capek yang disebabkan oleh kurangnya tidur. Kurangnya tidur bisa membuat lingkaran hitam di bawah mata.
Jadi, buatlah mata kalian menjadi lebih tenang dengan cara tidur ataupun yang lainnya. Agar kita bisa beraktifitas kembali dengan mata yang lebih segar dan cerah

8. Hindari Mata dari percika Saos atau Sambel

Saos/cabai yang biasanya digunakan untuk penambah selera makan ternyata bisa merusak mata dan membuat mata menjadi rusak. Percikan saos yang masuk ke mata juga akan berakibat fatal pada mata. Masuknya saos ke mata juga membuat mata menjadi sangat perih k dan sangat sulit untuk melihat yang disebabkan oleh saos.

9. Hindari Pemakaian Tetes Mata yang berlebihan

Kadang orang sering ketika matanya menjadi gatal karena debu, banyak orang menggunakan tetes mata untuk memulihkan keadaan mata. Akan tetapi akan berakibat fatal apabila kita menggunakannya secara berlebihan. Penggunaan tetes mata yang berlebihan akan menyebabkan iritasi pada mata, Mata memerah, dan rasa nyeri yang disebabkan oleh banyak dosis pemakaian tetes mata.

Itulah dia beberapa Tips untuk Menjaga Kesehata Mata, pentingnya mata karena mata di letakkan berada paling atas di antara organ tubuh yang lain oleh karena itu kita haru menjaganya dengan baik dan lakukan pemeriksaan mata secara rutin. Teruma kasih semoga ada manfaat bagi kita semua untuk saling berbagi.