Apa itu Web Hosting, Berikut Ulasannya

Mediumsehat.my.id — Apakah Anda pernah membuat website atau blog sebelumnya? Tentunya jika anda sudah familiar dengan istilah hosting. Bagi yang belum familiar dengan istilah ini, kami akan menjelaskan secara singkat apa itu hosting. Layanan ini juga memungkinkan situs web untuk dilihat di Internet.

Apa sebenarnya hubungan antara situs web dan hosting? Dan mengapa nama domain diperlukan pada halaman web? Semua pertanyaan ini akan dijawab dalam artikel berikut. Untuk kebutuhan bisnis, banyak perusahaan menggunakan paket hosting untuk mengelola situs web mereka dengan lebih baik dan untuk dikenali oleh pengguna di Internet.

hosting-web

Pengertian hosting website

Hosting website adalah layanan online yang digunakan oleh pengguna untuk mengelola data dari situs web atau aplikasi web dan dilihat di Internet. File website yang disimpan di hosting berupa gambar, script, video, email, aplikasi dan database (database). Hal pertama yang Anda lakukan saat menggunakan internet dan membuka situs adalah mengetikkan nama domain atau kata kunci tertentu ke dalam halaman mesin pencari seperti Google.

Jika Anda masih bingung, kami akan membandingkan situs web sebagai bangunan rumah. Di mana, hosting, bertindak sebagai plot. Domain dan IP atau (Internet Protocol) adalah alamat rumah. Oleh karena itu, fungsi domain adalah memberikan identitas pada suatu website agar tidak terjadi duplikasi dan bersifat unik mutlak. Oleh karena itu, tujuan penggunaan hosting adalah untuk menyimpan informasi dan data website.

Fungsi hosting website

Hosting website memiliki banyak kegunaan yang dapat Anda manfaatkan dalam hal mengembangkan situs web untuk kebutuhan pribadi dan bisnis atau bisnis. Berikut adalah beberapa fitur menggunakan hosting, antara lain:

1. Membuat halaman web

Yang pertama tentu saja digunakan untuk membuat situs yang menyimpan banyak informasi dan dokumen tentang pengguna atau perusahaan. Oleh karena itu, dengan menggunakan paket hosting, halaman web Anda akan ditampilkan di mesin pencari dan dengan demikian akan dapat diakses oleh banyak pengunjung di Internet.

2. Pengembangan situs perdagangan online

Jika Anda ingin membuat hosting website toko online, atau yang sering disebut dengan e-commerce, sebaiknya menggunakan hosting agar setiap informasi yang Anda tambahkan dapat terindeks dan terbaca oleh mesin pencari. Mengembangkan website toko online dapat menarik konsumen besar, dan situs Anda lebih dikenal masyarakat.

3. Buat email profesional

Fungsi ketiga nya adalah untuk membuat email profesional, atau lebih dikenal sebagai email bisnis atau domain Anda sendiri. Tentunya, tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda dan agar terlihat lebih profesional. Misalnya support@domain_anda.com, pastikan Anda sudah memiliki domain dan hosting sebelum mengirim email.

4. Dapat mengamankan situs web dengan SSL

Fungsi terakhir adalah untuk melindungi situs web dari serangan malware, virus, serangan DDOS tertentu, atau paparan spam. Untuk itu Anda dapat menginstal nya SSL (Secure Socket Layer) agar situs Anda lebih aman dan optimal dengan dukungan hosting.

 

Jenis-jenis web hosting

Setelah membahas beberapa fungsi yang dimilikinya, mari masuk ke topik jenis-jenis web hosting sebagi berikut.

1. Hosting berbasis cloud

Hosting berbasis cloud saat ini merupakan paket yang paling banyak diminta karena tidak ada waktu henti. Cloud hosting menggunakan sekelompok server dengan file duplikat dan sumber daya di setiap server. Oleh karena itu, ketika salah satu server Anda sibuk, lalu lintas situs Anda akan secara otomatis dialihkan ke server lain dalam sebuah cluster.

2. Hosting pribadi

Dedicated hosting adalah paket server yang memberi Anda kendali maksimal atas layanan hosting yang digunakan di situs web Anda. Sangat fleksibel dalam penggunaannya, serta mampu bekerja antara sistem operasi dengan software yang akan digunakan.

3. Hosting bersama

Shared hosting adalah jenis paket hosting tradisional yang membagi server menjadi pengguna yang berbeda berdasarkan kebutuhan server anda. Keunggulan layanan ini adalah harganya yang terjangkau dan sangat cocok untuk menjalankan website atau blog sederhana anda.

4. Hosting VPS

Virtual Private Server atau VPS hosting adalah campuran atau titik tengah antara dedicated dan cloud hosting. Pengguna dapat menggunakan fitur serupa ke server khusus dengan harga yang sama seperti paket cloud hosting. Hosting VPS cocok untuk kebutuhan situs web dengan lalu lintas tinggi.

5. Hosting WordPress

Dan jenis terakhir ini adalah WordPress hosting, yang artinya merupakan paket shared hosting lain yang dirancang khusus hanya untuk pengguna WordPress itu sendiri. Server ini dilengkapi dengan fungsionalitas plug-in yang dimuat sebelumnya dengan konfigurasi.