Pengertian VPS Server Berikut Panduannya

Mediumsehat.my.id — Pada artikel ini, saya akan membahas tentang server VPS dan hubungannya dengan server dan domain tertentu untuk mengaktifkan situs web. Beberapa pengguna tidak tahu bahwa sumber daya masih dibagikan dengan pengguna lain di host. Tentu menyulitkan pengguna yang harus mengelola server sendiri. Jika tidak, mereka tidak tahu tentang server VPS. Lagi pula, apa itu server VPS dan apa fungsinya?

Pengertian-vps
jetorbitt

Server pribadi virtual (VPS) adalah server pribadi di mana semua sumber daya digunakan oleh satu pengguna dan tidak terpengaruh oleh pengguna lain. Pengguna dapat mengelola semua konfigurasi dan sumber daya di VPS server dan melakukan apa pun yang mereka inginkan.

Teknologi yang digunakan oleh VPS adalah memvirtualisasikan peralatan server fisik dan kemudian mengalokasikannya ke berbagai sumber daya. Virtualisasi ini disebut virtualisasi karena menggunakan software yang menjalankan beberapa VPS dalam satu server fisik.

Apa itu server VPS?

Server fisik lebih rumit daripada pemilik rumah, dan server VPS adalah tempat Anda tinggal. Parkir, ruang tamu, kamar tidur, dapur, taman, dll. Rumah dan kamar tidak terpengaruh oleh rumah lain. Semua pelatihan hanya bisa dilakukan di rumah.

Fungsi Utama VPS

Setelah menjelaskan apa itu VPS, saya akan membahas fungsi VPS secara singkat. Berikut adalah beberapa fitur VPS yang paling umum digunakan:

Server web (hosting web)

Apakah VPS adalah server web? Banyak situs web VPS juga dikenal sebagai layanan aktivasi atau web hosting. Pengguna menggunakan layanan VPS ketika mereka membutuhkan sumber daya tambahan. Jika penggunaan sumber daya berlebihan, tuan rumah biasanya tidak dapat memenuhi permintaan. Umumnya pengguna VPS adalah developer yang terlalu banyak menjadi klien atau perusahaan. Ada orang yang menggunakan layanan VPS karena traffic website yang dikelola sangat bising.

Sebagai file host

Apa itu hosting VPS? Selain file situs web, file host VPS yang dapat diakses dari mana saja melalui Internet. Umumnya file server hanya diperbolehkan menggunakan layanan VPS, dan layanan hosting tidak diperbolehkan, karena hal ini membebani klien dan menjadi hambatan bagi pengguna lain. Kapasitas penyimpanan VPS tergantung pada paket yang digunakan oleh pengguna. Semakin banyak ruang disk, semakin tinggi biaya berlangganan bulanan.

Server desktop jarak jauh

Beberapa pengguna menggunakan VPS sebagai alat untuk menjalankan bisnis mereka. Pengguna yang mengaktifkan fitur ini menghosting bot di server. Ikuti perintah secara otomatis ke kapal pada waktu tertentu. Meskipun Bitcoin masih menjadi topik populer, banyak pengguna yang mencoba menggunakan VPS untuk menghasilkan Bitcoin. Namun, hampir semua penyedia VPS melarang penggunaan untuk tujuan ini, dikarenakan server sudah terlalu lama berada dalam lokasi yang penuh sesak.

layanan VPN

Beberapa pengguna menggunakan VPS sebagai server jaringan pribadi virtual (VPN). VPN adalah koneksi pribadi dan hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan nama pengguna dan kata sandi pengguna. VPN membutuhkan server yang berkomunikasi antar perangkat. Server VPN ini bisa berupa komputer/VPS yang sudah terpasang server VPN.

Simpan aplikasi / Hosting Aplikasi

Aplikasi dikembangkan dan diuji menggunakan server VPS, dan terkadang aplikasi digunakan sebagai host. VPS dapat digunakan untuk membuat perangkat lunak penting yang dapat digunakan secara umum tanpa menghabiskan banyak uang.

Mesin Eksperimen

Selama pengembangan web, Anda mungkin perlu memeriksa persyaratan sistem untuk dijalankan. Dengan VPS, Anda dapat menyelesaikan semua kesalahan Anda dengan cepat. Selain itu, fitur ini memudahkan pengembang untuk menggunakan host yang sesuai dengan kebutuhan situs dan sistem mereka.

Cadangkan Backup server utama

Semua konsumen berisiko kehilangan data. Ini bisa karena konfigurasi yang salah dan bahkan orang yang tidak bertanggung jawab atas penggilingan mereka. Tujuan menghubungkan server cadangan adalah untuk memperbarui data server sehingga server cadangan dapat dipulihkan kapan saja jika terjadi kegagalan yang tidak diinginkan pada server utama.

Pertimbangan ketika memilih VPS

Pilihan VPS tidak boleh diabaikan. Secara umum, penyedia layanan cloud server menawarkan berbagai spesifikasi. Biasanya ada beberapa pilihan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya semakin besar spesifikasi yang diberikan maka akan semakin mahal pula biaya penggunaannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih VPS yang tepat.

Harddisk HDD

Salah satu pertimbangan yang harus dipertimbangkan ketika memilih VPS yang tepat untuk situs web atau sistem Anda adalah hard drive yang Anda gunakan. Saat ini sudah banyak sekali penyedia VPS yang mendukung server yang dilayani menggunakan SSD. SSD dapat membaca mengolah data lebih cepat daripada SATA dan SAS. Selain itu, kapasitas yang disediakan juga harus diperhatikan. Jika situs web atau sistem Anda membutuhkan banyak ruang disk, tetapi jumlah ruang disk yang Anda sewa rendah, VPS yang disewa oleh penyedia layanan Anda mungkin ditangguhkan karena kelebihan beban.

Cadangan Backup

Banyak pengguna mengembangkan bisnis mereka menggunakan layanan VPS untuk menyimpan data pelanggan. Sayangnya, beberapa dari mereka melakukan kesalahan dengan tidak melakukan backup secara teratur. Dalam beberapa kasus, semua data bisa hilang karena kesalahan fatal seperti kesalahan konfigurasi dan kesalahan lainnya. Masalah ini dapat diperburuk karena tidak ada cadangan yang disimpan sebelumnya.

Location

Tidak semua penyedia layanan VPS di Indonesia memiliki server di sini. Sebagian besar penyedia menggunakan server di luar negeri sebagai gantinya. Lokasi mempengaruhi koneksivitas antara klien dan server. Ini bukan masalah yang sering terjadi, tetapi beberapa pengguna menganggap faktor ini untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengirim dan menerima data ke dan dari server.

Sistem Operasi OS

Poin terakhir yang perlu diperhatikan adalah sistem operasi yang disediakan. Sebagian besar server menggunakan Linux untuk menjalankan VPS. Linux menjadi sistem operasi yang populer di atas sistem operasi lain. Namun, beberapa penyedia layanan VPS menawarkan VPS pada sistem operasi Windows. Baik Anda menggunakan Linux atau Windows, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Lokasi

Lokasi tidak menjadi masalah bagi sebagian pengguna, namun lokasi menjadi salah satu pertimbangan bagi pengguna yang membutuhkan keamanan dan mempercayai data center mereka agar aman. Karena kantornya tidak harus Company A di UK, jadi servernya juga di UK. Server VPS Anda mungkin berada di lokasi Indonesia atau negara lain.