Mengenal Robo Advisor Dan Cara Penggunaan

Robo Advisor adalah alat yang banyak digunakan di dunia investasi, terutama di Amerika Serikat. Kali ini Finansialku akan melihat apa itu konsultan robot dan bagaimana cara kerjanya.

Temui robo-advisor
Pernahkah Anda mendengar istilah robo-advisor? Robo advisor adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi memberikan layanan manajemen kekayaan untuk membantu Anda membangun portofolio investasi. Dompet ini dibentuk berdasarkan algoritma dan tidak menggunakan bantuan manusia, dalam hal ini perencana keuangan. Dengan menggunakan konsultan robot, Anda tidak perlu pergi ke perencana keuangan. Robo Expert Advisor secara otomatis membuat portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda menggunakan algoritme.

Mengenal Robo Advisor Dan Cara Penggunaan
img.money.com

Intinya, penasihat robot menggantikan peran perencana keuangan dalam memberikan saran portofolio investasi. Justru karena robo-advisor adalah mesin yang tidak memiliki dan tidak memahami emosi, mereka tidak dapat dianggap hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau pribadi. Robo Advisor hanya bekerja berdasarkan data persis yang Anda masukkan. Berdasarkan data ini, penasihat robot memutuskan portofolio mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Robo Advisor merupakan solusi bagi investor yang lebih suka mengelola investasinya secara mandiri, tetapi ingin mengoptimalkan portofolio keuangannya. Namun jika Anda adalah tipe investor yang suka berurusan dengan konsultan, maka konsultan robot bukanlah solusi yang tepat untuk kebutuhan Anda. Robo-Advisor menyediakan semua rekomendasinya secara online.

Bagaimana cara kerja Robo Advisor?

Ada beberapa perusahaan yang menawarkan jasa konsultasi robo, yang masing-masing mungkin memiliki gaya kerja yang berbeda. Hanya saja prinsip pengoperasian konsultan robot secara umum adalah sebagai berikut:

1 Lengkapi survei online

Pertama-tama, robo-advisor perlu mengetahui profil risiko Anda. Profil risiko ini berperan sangat penting dalam menciptakan portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu menyelesaikan survei terkait dengan profil risiko Anda.

2 Buat akun

Setelah menyelesaikan survei profil risiko, Anda dapat membuat akun di perusahaan konsultan robotika untuk menghemat uang dalam investasi. Akun ini kemudian secara otomatis tersedia untuk robo-advisor, memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi semua aktivitas investasi Anda.

3 Robo Advisor memproses data

Data profil risiko yang diberikan secara otomatis diproses oleh robot advisor. Seperti disebutkan di atas, konsultan robot memproses data berdasarkan algoritma.

4 Rekomendasi Portofolio

Setelah memproses data, penasihat robot akan memberi Anda rekomendasi portofolio. Penasihat robot kemudian dapat secara otomatis membeli produk investasi yang direkomendasikan dengan uang di akun investasi Anda.

5 Menyeimbangkan portofolio

Pengembalian investasi dapat berubah seiring waktu. Jika hasil investasi didistribusikan secara tidak merata, rasio dalam portofolio investasi dapat berubah dan mungkin tidak lagi optimal. Oleh karena itu, robot advisor akan secara otomatis memeriksa dan menyeimbangkan portofolio secara berkala.

Komite Penasihat Robotika
Seperti perencana keuangan biasa, konsultan robo juga membebankan komisi kepada investor mereka. Saat menggunakan robot penasihat, Anda membayar biaya layanan dan biaya administrasi untuk setiap produk investasi yang dibeli. Biaya layanan ini dapat bervariasi dari perusahaan ke perusahaan, sedangkan biaya manajemen investasi bervariasi tergantung pada penerbit produk investasi.

Ada konsultan yang membebankan jumlah tetap setiap bulan, tetapi ada juga perusahaan yang membebankan biaya berdasarkan persentase aset yang dimiliki investor. Untuk konsultan robo yang menawarkan langganan bulanan, ini biasanya bervariasi tergantung pada ukuran portofolio investasi. Semakin besar portofolio investasi Anda, semakin tinggi jumlah bulanan tetap Anda.

Sementara itu, untuk robot konsultan yang membebankan komisi berdasarkan persentase aset, komisi biasanya antara 0,15% dan 0,5% dari semua aset yang Anda miliki. Hanya saja angka ini hanya sebagai pedoman, setiap konsultan robot dapat membebankan komisinya sendiri. Biaya ini relatif murah karena perusahaan konsultan robotika tidak perlu menyediakan tenaga kerja untuk melayani investor secara langsung (karena robot telah menggantikannya). Bukan hal yang aneh bagi konselor robo untuk terus menasihati orang melalui telepon atau sebaliknya. Layanan tambahan ini umumnya dikenakan biaya tambahan bagi investor.

Berinvestasi dengan Layanan robo-advisor
Robo Advisor merupakan salah satu terobosan dalam dunia investasi yang dapat memudahkan investor dalam melakukan investasinya. Apalagi jika Anda adalah investor pemula yang belum memiliki pengalaman dan tidak tahu bagaimana cara menentukan portofolio investasi Anda dengan benar. Robo Advisor sudah tersedia hanya di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Singapura. Hanya saja saat ini belum ada penasehat robotika di Indonesia. Layanan ini cocok untuk mereka yang tidak ingin berinvestasi dan tidak ingin menghabiskan banyak uang. Namun bagi investor yang membutuhkan kepercayaan lebih untuk berkonsultasi langsung dengan orang (perencana keuangan dalam hal ini), konsultan robotika bukan untuk Anda.