Ini Dia 7 Aplikasi Cloud Storage Terbaik

Cloud storage adalah media penyimpanan file online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud storage merupakan terobosan baru dalam dunia pengarsipan atau pengarsipan data yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan media penyimpanan offline seperti harddisk dan flashdisk. Oleh karena itu, data yang tersimpan di cloud storage akan disimpan pada rangkaian server yang dikelola oleh penyedia layanan atau biasa disebut dengan hosting.

7 Aplikasi Cloud Storage Terbaik
7 Aplikasi Cloud Storage Terbaik

 

Penyimpanan file menggunakan cloud storage lebih diminati karena berbagai alasan. Anda tidak perlu khawatir dengan serangan virus atau kerusakan seperti apa yang bisa terjadi ketika Anda menyimpan file melalui hard drive atau flash drive. Selain itu, karena semua data disimpan di server, keamanannya terjamin dan tidak dapat hilang. Anda juga dapat mengakses data yang disimpan kapan saja. Selain itu, Anda juga dapat mengakses data melalui gadget apa pun selama terhubung dengan internet.

Menyimpan file dalam jumlah besar seringkali menjadi tantangan karena dukungan penyimpanan yang terbatas untuk perangkat elektronik. Kabar baiknya adalah penyimpanan data besar saat ini tersedia melalui aplikasi cloud storage.

Apalagi di zaman teknologi ini, tidak perlu lagi menggunakan harddisk eksternal untuk menyimpan file. Tidak hanya penyimpanan data, cloud storage juga memungkinkan Anda berbagi data dengan teman dengan cara yang lebih mudah.

Karena pengarsipan file dalam jumlah banyak seringkali menjadi tantangan. Oleh karena itu, tidak heran jika aplikasi cloud storage untuk menyimpan data semakin dibutuhkan.

Apa tips cloud storage terbaik? Diluncurkan oleh Institut Teknologi Batam (ITEBA), sebuah lembaga pendidikan tinggi di bidang sains, teknologi, dan desain, yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, berikut adalah daftarnya:

1. OneDrive

OneDrive adalah salah satu cloud storage yang paling umum digunakan untuk pengguna Windows. Di Windows 10, OneDrive terinstal secara otomatis di perangkat Anda. Namun, cloud storage Microsoft memiliki kapasitas yang tidak mencukupi, yaitu hanya 5GB.

Ini berbeda dengan cloud storage lainnya yang menyediakan kapasitas 10GB. Jika Anda nyaman dengan fungsionalitas OneDrive, Anda dapat memutakhirkan OneDrive Anda seharga $ 1,99 per bulan dengan kapasitas 100GB.

2. IDrive

Berdasarkan informasi yang dilansir Tech Radar, IDrive adalah cloud storage terbaik. Pasalnya, cloud drive ini tidak akan secara otomatis membuat atau menghapus file secara otomatis dari komputer Anda.

Data akan tetap disimpan di server. IDrive juga memiliki fitur untuk juga mengirim hard drive fisik ketika data Anda hilang.

3. PCloud

PCloud adalah salah satu cloud storage terbaik yang dapat Anda pilih. cloud storage ini berasal dari Swiss dan cocok untuk mengirim file besar. PCloud tidak memberikan batasan ukuran file tertentu untuk menyimpan.

PCloud juga menyediakan fitur berbagi file grup. Selain itu, aplikasi cloud ini juga dapat digunakan di PC/komputer, smartphone, dan website.

4. Dropbox

Sampai saat ini Dropbox masih sering digunakan oleh banyak orang. Dropbox menawarkan kapasitas penyimpanan 2GB.

Kapasitas ini dapat ditingkatkan hingga 18GB jika Anda dapat mengundang hingga 32 teman untuk menggunakan Dropbox. cloud storage ini dapat digunakan di laptop dan smartphone.

5. SpiderOak One

Salah satu cloud storage terbaik backup data online adalah SpiderOak One. Tidak seperti layanan seperti Dropbox dan Google Drive, SpiderOak One memungkinkan Anda memilih folder atau file apa pun di komputer untuk mencadangkan file Anda.

SpiderOak One juga memungkinkan Anda berbagi file cadangan dengan siapa pun.

6. Mega

Aplikasi cloud storage terbaik MEGA sangat populer. Layanan ini didasarkan pada situs bernama megaupload.com.

Selanjutnya, MEGA diluncurkan sebagai cloud storage gratis dengan penyimpanan 50GB. Anda dapat menyimpan berbagai jenis file di cloud storage terbaik.

7. Tresorit

Tresorit adalah layanan cloud storage yang aman. Cloud ini memiliki enkripsi tingkat militer dan kunci kriptografi yang tidak dapat diganggu gugat. Oleh karena itu, aplikasi cloud ini cocok untuk Anda yang ingin menyimpan data penting.

Ini dia tujuh aplikasi cloud storage terbaik yang bisa kamu coba. Pastikan Anda memilih salah satu. Atau Anda juga tertarik untuk membangun aplikasi cloud Anda sendiri? Sebuah aplikasi cloud yang dibuat oleh orang asli Indonesia pasti akan menarik dan membanggakan.