5 Cara Agar Blog Banyak Dikunjungi Pembaca

Di era digital ini, penghasilan bisa datang dari mana saja, termasuk melalui internet. Memulai sebuah website atau blog bisa menjadi ladang penghasilan yang memberikan penghasilan besar.

Namun untuk melakukan itu, blog perlu didukung oleh jumlah pengunjung yang banyak. Jadi nanti Anda bisa mendapatkan uang melalui sponsorship, iklan, dan lainnya.

5 Cara Agar Blog Banyak Dikunjungi Pembaca
https asset kompas com

Namun menarik pengunjung atau pembaca hingga jutaan orang jelas tidak mudah. Apalagi sudah banyak website dan blog yang bertebaran di dunia maya.

Tidak hanya dengan konten yang bagus, penting bagi blogger untuk mempelajari SEO (Search Engine Optimization) yang merupakan pintu gerbang untuk membuat situs atau blog Anda mudah diakses.

Jadi walaupun Anda memiliki konten yang bagus, tanpa dukungan teknik SEO, website atau blog Anda akan sulit dibangun. Lalu bagaimana caranya agar banyak pembaca yang mengunjungi situs atau blog kita?

Dengan teknik SEO ini, blogger perlu mengetahui cara menarik lebih banyak pengunjung dan membaca ke situs web atau blog mereka.

1. Ada yang gratis, tetapi pilihlah blog berbayar

Faktanya, ada banyak halaman blog yang menawarkan penggunanya secara gratis. Meski namanya gratis, jelas tidak sebanding dengan biayanya dalam hal manfaat yang tersedia.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari blogging untuk menghasilkan uang, maka carilah biaya dan kelola blog dengan konten yang menarik dan bermanfaat. Banyak pengunjung dan otomatis blog anda akan menjadi populer

2. Beli domain dan “hosting”

Jika Anda serius ingin menjalankan sebuah website, tidak ada salahnya memiliki hosting dan domain sendiri. Karena dapat menyebabkan situs atau blog Anda mendapat peringkat tinggi di mesin pencari.

Tetapi memiliki domain dan hosting sendiri tidaklah gratis. Anda harus membayar jumlah tertentu setiap bulan. Jika Anda hanya ingin membuat blog pribadi, pilih yang sesuai. Misalnya, domain dan self-hosting blog WordPress sebesar 4 dollar AS atau sekitar Rp. 58.000 per bulan dibebankan setiap tahun, untuk tipe pribadi.

Jelas, tarif akan bervariasi jika Anda memilih paket untuk situs atau blog kategori premium dan bisnis, masing-masing 8 dolar AS dan 25 dolar AS per bulan. Memiliki domain dan hosting sendiri membuat blog Anda terasa seperti situs yang dapat diandalkan.

3. Buat konten yang bagus dan berkualitas tinggi

Lagi pula, konten berkualitas penting untuk sebuah situs atau blog. Memiliki konten yang berkualitas dan menarik tentunya membuat banyak pembaca berkunjung.

Jika pembaca tersebut menyukai konten yang Anda tulis, mereka pasti akan membagikan konten atau blog Anda di berbagai media sosial. Sehingga membuat Anda memiliki banyak backlink.

Backlink ini akan menunjukkan banyak orang dan tertarik untuk mengunjungi blog Anda. Semakin tinggi backlink Anda, semakin tinggi peringkat SEO Anda.

4. Jangan lupa untuk memberi setiap gambar nama dan “caption”

Saat Anda menyertakan atau mengunggah gambar ke blog Anda, pastikan untuk memberi setiap gambar nama dan deskripsi. Gambar diperlukan untuk memvisualisasikan dan memperjelas konten konten Anda.

Tidak hanya sebagai cara mengkomunikasikan konten kepada pembaca, tetapi juga dapat menjadi acuan bagi Google dalam memilih informasi. Jika Anda tidak memberikan judul dan keterangan yang jelas untuk gambar yang diunggah, jelas gambar tersebut tidak akan terbaca oleh mesin pencari Google. Untuk itu, jangan lupa untuk memberikan judul dan caption pada gambar yang sesuai dengan konten konten Anda, oke?

5. Gunakan judul dan tag yang SEO friendly atau “kata kunci”

Judul dan tag adalah bagian terpenting dari sebuah situs. Ini akan membuat Google lebih sadar akan blog Anda. Jadi perhatikan penggunaan judul dan tag yang Anda sertakan.

Selain itu, ia menggunakan kata kunci yang sangat banyak dicari di Internet. Untuk membuat judul yang menarik, penting untuk mengetahui kata kunci mana yang paling sering digunakan di mesin pencari.

Dengan mengidentifikasi kata kunci tersebut, Anda dapat membuat judul yang menarik sehingga Google nantinya dapat menargetkan situs web Anda kepada pengunjung yang mereka cari.

Tidak hanya di judul, Anda juga perlu memasukkan kata kunci di dalam tag. Semakin kreatif kata kunci yang Anda gunakan, semakin mudah untuk mencari situs web Anda.

6. Semakin pendek URL, semakin banyak lalu lintas yang diterimanya

Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah URL atau alamat yang merujuk ke situs web atau postingan Anda. Anda tidak dapat mengubah URL ini nanti.

Karena jika URL diubah, maka secara otomatis akan membuat alamat baru. Sehingga pada akhirnya semua komentar, page view, backlink ke alamat lama akan hilang.

Untuk alasan ini, pembuatan URL harus dipertimbangkan dengan cermat di awal. URL dapat dibuat secara otomatis, seperti kalimat panjang tanpa batas. Tetapi jenis URL ini membuat posting Anda tidak diinginkan dan tentu saja tidak SEO friendly.

Agar lebih banyak pengunjung datang ke website Anda, lebih baik memasukkan kata kunci dalam URL. Semakin pendek URL, semakin mudah untuk menemukan postingan yang Anda unggah.

Perhatikan blog Anda dengan serius dan dapatkan penghasilan

Persaingan di dunia website dan blog memang sangat berat di era digital sekarang ini. Jadi, jika Anda serius menjalankan blog, pastikan Anda selalu membuat konten yang menarik dan berkualitas tinggi yang dapat dibaca pengunjung. Kurva ini akan menyebabkan banyak pengunjung mengakses konten Anda dan pasti akan menguntungkan.