Mengenal Firewall Di Jaringan Komputer Dan Cara Kerjanya

Kita mungkin pernah mendengar tentang firewall, tetapi apa itu firewall? Apakah firewall menghentikan virus? Tidak bisa menggunakan firewall? kita bahkan mungkin menggunakan firewall saat ini – jika komputer kita memiliki sistem operasi modern, itu akan diinstal. Atau mungkin paket keamanan kita dilengkapi dengan firewall.

Apakah kita ingin tahu lebih banyak tentang konsep dan pengoperasian firewall? Kemudian simak informasinya di bawah ini!

Definisi firewall
Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang melindungi komputer dari berbagai jenis virus, malware, dan bentuk serangan lainnya.

Tugas utama firewall di komputer adalah memantau dan mengontrol semua koneksi masuk dan keluar yang kita buat berdasarkan aturan keamanan yang telah ditentukan sebelumnya.

Biasanya, firewall komputer adalah program yang mencegah akses tidak sah ke atau dari jaringan pribadi.

Jadi, firewall adalah alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan komputer yang terhubung ke jaringan seperti jaringan area lokal atau Internet. Firewall juga merupakan bagian konsep mendalam dari keseluruhan bagian kerangka keamanan jaringan yang kita gunakan.

Fitur firewall memberikan keamanan dengan menyediakan kontrol granular atas jenis fitur. Firewall juga akan memastikan eksekusi proses sistem yang mengakses sumber daya jaringan.

Kebanyakan orang menganggap firewall sebagai perangkat yang dipasang di jaringan yang mengontrol lalu lintas yang melewati segmen jaringan. Tetapi, kita juga dapat memiliki firewall berbasis host yang dapat di jalankan di sistem itu sendiri, seperti ICF (Internet Connection Firewall).

Pada dasarnya, fungsi kedua firewall adalah sama: untuk menghentikan intrusi dan menyediakan metode kebijakan kontrol akses yang kital. Sederhananya, firewall tidak lebih dari sebuah sistem yang melindungi komputer kita; poin penerapan kebijakan kontrol akses.

Keuntungan dari firewall komputer

Firewall yang dirancang untuk melindungi komputer, tablet, atau ponsel kita dari bahaya malware berbasis internet memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

-Lindungi komputer kita dari akses jarak jauh yang tidak sah
Salah satu hal terburuk yang dapat terjadi pada komputer kita adalah seseorang yang mencoba mengendalikannya dari jarak jauh. Tentu saja, menakutkan melihat tikus berjalan di sekitar monitor karena peretas. Dengan firewall yang dikonfigurasi dengan benar (dan sistem operasi modern), kita dapat menonaktifkan akses jarak jauh ke desktop dan mencegah komputer kita diretas.

-kita dapat memblokir pesan yang terkait dengan konten yang tidak diinginkan
Peretas akan memblokir akses ke sistem kita melalui perangkat lunak berbahaya, yang akan membuat sistem kita lebih aman.

Cara kerja firewall

Keuntungan bagi kita Jika komputer kita memiliki perlindungan firewall, semua yang masuk dan keluar dari komputer akan dipantau. Firewall memonitor semua lalu lintas informasi untuk memungkinkan “data baik” dimasukkan dan untuk mencegah “data buruk” memasuki komputer. Firewall menggunakan satu atau lebih dari tiga metode berikut untuk memantau lalu lintas masuk dan keluar:

-filter paket
Paket (potongan kecil data) dianalisis terhadap sejumlah filter. Paket yang difilter dikirim ke sistem yang diminta, dan paket lainnya dihapus.

– Layanan proxy

Dengan adanya proxy, informasi diambil dari Internet melalui firewall, kemudian dikirim ke sistem yang diminta, dan sebaliknya.

– Inspeksi stateful (kontrol negara)
Metode baru yang tidak memeriksa isi setiap paket, tetapi membandingkan beberapa bagian utama dari paket dengan database yang kital. Untuk menentukan karakteristik tertentu, informasi dari dalam firewall ke luar dipantau, kemudian informasi yang masuk dibandingkan dengan karakteristik tersebut. Informasi diperbolehkan jika perbandingan mengarah ke kecocokan yang wajar. Kalau tidak, itu akan dibuang.

Kesimpulan

Ini adalah informasi tentang pentingnya firewall, manfaatnya dan cara kerjanya. kita juga harus menggunakan firewall untuk melindungi jaringan kita. Saya harap ini berguna!