12 Jenis Virus Komputer Yang Harus Diwaspadai

Pengguna komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah virus komputer. Virus komputer adalah program komputer yang dapat mereproduksi atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan memasukkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain pada sistem komputer.

Mirip dengan virus pada manusia, virus komputer serupa dalam penghancuran sistem di komputer. Jika dibiarkan di sistem komputer, virus dapat merusak sistem dan bahkan merusak perangkat secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, berbagai jenis virus komputer yang ada dapat menghapus file, mencuri data, dan dengan mudah menginfeksi perangkat lain di jaringan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Selebihnya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM dan Sun Operating System.

12 Jenis Virus Komputer yang Harus Diwaspadai
2.bp.blogspot.com

Ada berbagai jenis virus komputer yang diketahui merusak perangkat komputer. Anda harus mengetahui jenis virus komputer ini jika muncul di sistem komputer Anda. Berikut rangkuman Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (18/3/2019) jenis virus komputer.

Jenis-jenis virus komputer menurut cara kerjanya

Dari cara kerjanya, jenis-jenis virus komputer diklasifikasikan sebagai berikut:

Cacing

Worm bukanlah virus komputer yang sangat berbahaya. Namun, jika dibiarkan, virus ini dapat dengan cepat mengisi memori komputer dan membuat sistem komputer rentan.

Virus ini dapat menghasilkan dengan cepat dan dapat membuat file acak yang tidak perlu di komputer Anda. Hal ini menyebabkan memori dan harddisk terisi oleh virus ini.

Virus worm ini dapat menginfeksi komputer yang menggunakan e-mail dan terhubung ke Internet, sama seperti virus Trojan.

Trojan

Jenis virus komputer ini dibuat dengan kemampuan untuk memeriksa, mengontrol data atau bahkan mencuri data di komputer Anda. Mirip dengan virus Worm, virus Trojan ini biasanya muncul melalui Internet serta email yang diterima dari pengguna dan data pribadi tanpa kata sandi.

Tujuan dari Trojan adalah untuk mendapatkan informasi dari target seperti password, kebiasaan pengguna yang tercatat dalam sistem registry, data dan kontrol dari target.

Backdoor

Backdoor adalah jenis virus komputer yang sangat mirip dengan trojan. Namun, Backdoor biasanya terlihat seperti file bagus seperti game.

Backdoor mengacu pada mekanisme yang dapat digunakan untuk mendapatkan akses ke suatu sistem, aplikasi, atau jaringan, selain mekanisme yang umum digunakan seperti proses login atau proses otentikasi lainnya.

Virus Komputer Berbahaya

Spyware

Spyware adalah jenis virus komputer yang bekerja untuk memantau komputer yang terinfeksi. Spyware adalah turunan dari perangkat lunak periklanan, yang memantau browsing internet pengguna untuk membawa banyak iklan kepada pengguna.

Namun, karena perangkat lunak periklanan kurang berbahaya karena tidak mencuri data, spyware membuat dan mengirimkan hasil yang dikumpulkan kepada pembuatnya.

Spyware dapat menyebabkan kerugian seperti pencurian data, biaya internet tambahan, dan memperlambat koneksi internet Anda.

Rogue

Rogue adalah program yang meniru program antivirus dan melakukan aktivitas seperti antivirus biasa, memberikan peringatan virus palsu.

Tujuannya adalah untuk membeli pengguna dan mengaktifkan program antivirus palsu ini dan membawa uang untuk pembuat virus jahat. Bahkan seorang penjahat dapat membuka lubang keamanan di komputer Anda untuk membawa virus jenis lain.

Rootkit

Rootkit adalah kumpulan perangkat lunak yang bertujuan untuk menyembunyikan proses sistem, file, dan data yang sedang berjalan dari sistem operasi tempatnya berada. Rootkit pada awalnya adalah aplikasi yang tidak berbahaya, tetapi baru-baru ini telah digunakan oleh malware yang bertujuan membantu penyusup mencegah tindakan sistem mereka dipantau.

Rootkit hadir di beragam sistem operasi seperti Linux, Solaris dan Microsoft Windows. Rootkit ini sering memodifikasi bagian dari sistem operasi dan juga menginstal sebagai driver atau modul inti.

Jenis virus komputer lain yang sering ditemui

Virus skrip web

Web Scripting adalah kode program yang digunakan untuk mengelola konten konten di situs web. Namun, virus ini sering muncul ketika komputer terhubung ke Internet dan mengganggu program komputer. Jadi inilah yang mengklasifikasikan Web Scripting sebagai virus.

Virus multipartai

Virus ini bersembunyi di RAM yang jelas dapat menginfeksi sistem operasi dengan program tertentu. Jika tidak segera ditangani, virus ini akan menembus harddisk Anda. Virus multipartai ini mampu menyerang komputer Anda dengan cepat. Hal ini dinilai sangat berbahaya bagi kesehatan RAM dan harddisk komputer. Efeknya jika komputer Anda terkena virus multipartai maka secara otomatis akan memformat harddisk sehingga aplikasi tertentu tidak bisa dibuka.

Virus penghuni memori

Sesuai dengan namanya, Memory Resident Virus merupakan salah satu virus yang diciptakan untuk menginfeksi memori RAM. Efek dari virus ini akan membuat kinerja komputer menjadi sangat lambat dan menginfeksi program komputer.

Virus jenis ini akan otomatis aktif sendiri saat Anda menyalakan komputer. Kehadiran virus ini akan menyebabkan program tidak berfungsi di komputer Anda. Untuk mengatasi virus memory-resident ini, gunakan antivirus seperti Avast, Smadav, Avira atau antivirus sejenis untuk mengatasi malware

FAT Virus

FAT Virus atau File Allocation Table adalah virus yang dapat merusak beberapa file. Virus ini biasanya bersembunyi di penyimpanan data pribadi. Kemampuan virus ini adalah menyembunyikan file-file penting, seolah-olah file tersebut hilang tidak terdeteksi atau terhapus.

Virus direktori

Virus ini merupakan jenis virus yang dapat menginfeksi file dengan ekstensi .exe. File dengan ekstensi ini akan hilang atau salah tanpa alasan saat digunakan atau digunakan. Ketika sistem operasi bekerja dengan file berformat .exe ini, Virus Direktori ini juga akan aktif dan dapat menginfeksi file lain.

Jika virus ini mulai menyebar, kemungkinan komputer Anda lambat dan banyak program tidak dapat dibuka. Direktori virus itu sendiri tidak akan berfungsi jika dibersihkan atau dipindai secara teratur menggunakan antivirus yang umum digunakan. Salah satu caranya adalah dengan menginstal ulang sistem operasi di komputer Anda dan memformat hard drive di komputer Anda.

Companion virus

Companion virus adalah jenis virus komputer yang dapat mengganggu data pribadi dari pemilik komputer. Jenis virus ini akan bersembunyi di hard drive Anda dan sulit untuk dilihat. Kemampuan virus yang Termasuk adalah untuk menghancurkan format data dengan format data palsu di .com atau .Apk. Virus ini biasanya mengumpulkan dirinya sendiri dalam file yang baru dibuat. Cara mengatasi virus komputer jenis ini hanya bisa dicegah dengan menginstal dan membersihkan secara rutin dengan antivirus.