Pengertian Software ERP Berikut Kegunaannya

Apa itu Software ERP? Singkatnya, Software ERP (Enterprises Resource Planning) adalah program perangkat lunak yang mengelola dan mengkoordinasikan berbagai aktivitas bisnis di perusahaan.

Dahulu ERP merupakan sistem yang banyak digunakan oleh perusahaan besar (industri), namun kini telah dikenal oleh perusahaan kecil dan menengah. Pada artikel ini, kita akan membahas secara detail apa yang dimaksud dengan software ERP, beserta sejarah singkatnya, keindahan dan kegunaan bisnis Anda.

Pengertian Software ERP Berikut Kegunaannya
sasanadigital.com

Pengertian Software ERP

ERP adalah sistem dan sistem perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola aktivitas bisnis sehari-hari mereka seperti manajemen keuangan, pengadaan, industri, proyek, staf, dan aktivitas lainnya.

Sistem dapat menyederhanakan aktivitas bisnis dengan informasi real-time, sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan informasi yang diberikan. Dengan mengumpulkan informasi bisnis dari berbagai sumber, sistem ERP melindungi salinan informasi, menegaskan integritas informasi.

Sejarah Software ERP

Istilah ERP diciptakan pada tahun 1990 oleh Gartner Corporation. Namun ide ini sudah ada sejak tahun 1960. Saat itu ide ini hanya digunakan untuk pengelolaan dan pengendalian industri.

Manajer program membuat program sensus, benchmarking, dan pelaporan tindak lanjut. Pada 1970-an, program berkembang dari program pengembangan produk (MRP) menjadi program produktivitas.

Pada 1980-an, MRP dikembangkan untuk melakukan sejumlah proses, oleh karena itu dinamakan MRP-II atau peralatan desain peralatan. Sampai tahun 1990, sistem memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan daripada sensus dan kegiatan lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, fungsi sistem telah bergeser ke aktivitas kantor lainnya seperti keuangan, konstruksi, manajemen proyek, dan staf. Tahun ini, banyak perusahaan sudah mulai menggunakan kata ERP.

Dengan munculnya komputer Y2K dan munculnya euro, perusahaan di tahun 90-an dengan cepat meningkatkan ke sistem standar. Banyak dari mereka juga memilih untuk sepenuhnya mengubah sistem mereka saat menggunakan solusi ERP.

Kemudian, pada tahun 1998, NetSuite didirikan untuk membangun sistem bagi semua perusahaan yang dapat beroperasi di Internet. Pada tahun 2000, Gartner Corporation membangun kembali sistem keluar ERP II.

Sistem tersebut merupakan produk pertama yang berbasis ERP. Sistem ini memberikan tingkat fleksibilitas yang tinggi karena dapat melintasi batas wilayah dengan waktu (selama terhubung ke Internet).

Saat ini, sistem ERP SaaS (Software-as-a-Service) menjadi semakin populer di perusahaan. Beberapa di antaranya adalah usaha kecil dan menengah dengan kecepatan tinggi dan harga rendah.

Kegunaan Software ERP Untuk Bisnis Anda

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa begitu banyak perusahaan mencari solusi ERP? Apa yang mereka butuhkan? Mereka tidak akan mempertimbangkan untuk menerapkan sistem ERP jika tidak ada kepentingan dalam institusi.

Menurut data statistik dari tahun lalu, sekitar 81% perusahaan sedang dalam proses penerapan Software ERP atau telah berhasil mengimplementasikannya. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penerapan software ERP di perusahaan Anda.

1. Meningkatkan kinerja

Sistem ERP dirancang untuk menyederhanakan berbagai tugas yang memakan banyak waktu dan tenaga. Kerja keras seperti pengendalian sensus, ketenagakerjaan karyawan, pemantauan jam kerja, perhitungan gaji, pelaporan keuangan dapat dilakukan secara otomatis.

Dengan beberapa tugas, tim dapat lebih fokus pada aktivitas mereka tanpa mengganggu yang lain. Misalnya, tim periklanan dapat melacak laporan lalu lintas harian tanpa harus menghubungi departemen TI, dan tim akuntansi dapat melaporkan laporan penjualan tanpa harus bergantung pada manajer penjualan.

ERP menyediakan cara cepat untuk mendapatkan informasi dari eksekutif dan pemangku kepentingan di perusahaan. Pengambil keputusan hanya dapat memantau seluruh KPI perusahaan menggunakan grafik. Semua permintaan yang diperlukan dapat dibuat secara real time.

2. Meningkatkan kolaborasi

Kerjasama antar instansi merupakan bagian penting dan perlu dalam bisnis. Software ERP meruntuhkan tembok di antara cabang-cabang. Karena informasi yang masuk ke dalam sistem ERP terintegrasi dan terintegrasi, satu departemen memiliki informasi dari departemen lain.

SaaS atau ERP di cloud dapat memperluas kolaborasi antar tim yang ada di berbagai cabang perusahaan di Internet.

3. Hemat biaya operasional

ERP membantu perusahaan juga menghemat biaya operasional. Seperti kebanyakan aktivitas, berbagai kegagalan, kerusakan, dan kerusakan dapat diprediksi.

Semua tugas yang sulit dapat diselesaikan dengan cepat, yang dapat mengurangi waktu manajemen. Perusahaan juga dapat menekan biaya tenaga kerja karena ERP dapat menangani berbagai operasi manual.

4. Informasi keamanan yang luar biasa

ERP memiliki firewall dengan kontrol terbatas untuk mencegah informasi. Semua informasi disimpan dalam sistem bersama sehingga titik akses dapat dipantau dengan baik dan aman. Direktur manajemen informasi perusahaan mungkin memberikan lebih sedikit hak kepada karyawan.

Misalnya, manajer SDM dapat menyembunyikan informasi penting dari diri mereka sendiri dan mitra mereka, sambil memberi karyawan akses ke informasi keuangan.

Manajer juga dapat dengan cepat menghentikan pemecatan mereka dan mempekerjakan karyawan baru. Hasil ERP juga menunjukkan tindakan yang dapat digunakan untuk memungkinkan administrator lebih mudah mengidentifikasi aktivitas ilegal atau mencurigakan dalam sistem.

5. Membuat metrik bisnis nyata

Salah satu aspek terpenting dari pengembangan bisnis adalah peramalan yang baik. Mitra akan mengandalkan laporan untuk merencanakan hasil akhir yang akan berdampak pada keputusan mereka. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki laporan yang lengkap dan akurat secara real time. Solusi ERP adalah alat yang dapat menyederhanakan segalanya.

Laporan dalam sistem ERP menggunakan penyaringan dan analisis utama yang dapat menyaring informasi yang tidak kompatibel. Sistem juga memastikan bahwa informasi yang diperoleh disampaikan secara real time. Laporan bisnis yang nyata akan membantu pemangku kepentingan membuat keputusan yang lebih baik tentang bisnis mereka.