Langkah Langkah Mengaktifkan Kamera Laptop di Windows 10

Anda dapat dengan mudah mengaktifkan kamera laptop/portable dari menu pengaturan di laptop. Fungsi kamera biasanya terlihat dalam daftar program ketika Anda mengklik tombol Start.
Berbagai jenis dan merek laptop dilengkapi dengan fungsi kamera. Fungsi kamera membantu pengguna untuk melakukan panggilan video atau hanya mengambil foto selfie.

gadgetren.com

Fungsi-fungsi ini memiliki resolusi piksel yang berbeda. Resolusi ini diukur dalam megapixel atau MP. Semakin besar megapiksel kamera laptop/portable, semakin baik kualitas gambar yang diambil.
Fungsi kamera tidak selalu diaktifkan. Secara umum, kamera diaktifkan secara otomatis saat Anda membuka aplikasi atau perangkat lunak yang mendukung akses ke kamera.
Jika fitur kamera tidak terbuka secara otomatis atau Anda ingin membukanya secara manual, Anda dapat mengaktifkan kamera di ASUS dan laptop merek lain:

Cara mengaktifkan kamera laptop Windows 10

1. Pengaturan menu/Menu Settings

Mengutip Lifewire, Cara Mengaktifkan Kamera Laptop MSI dan Lainnya dari Menu Pengaturan. Beginilah cara Anda melakukannya
-Klik ikon Start di laptop atau Windows.
– Kemudian pilih ‘Kamera’ dari daftar aplikasi yang terlihat.
-Jika tidak terlihat, pilih ikon roda gigi untuk membuka menu Pengaturan. Anda dapat membuka menu Pengaturan dengan menekan tombol Windows + I untuk membuka menu Pengaturan.
– Kemudian buka menu ‘Privasi’. Anda juga dapat mengakses menu ini dengan memasukkan “Privac” di kolom pencarian.
-Klik menu ‘Kamera’ di sisi kiri layar. Nanti anda akan dibawa ke menu untuk setting kamera portable.
-Untuk mengaktifkan kamera laptop/portable, cukup geser sakelar di bagian atas.
– Di bagian bawah Anda juga dapat mengatur apakah kamera memiliki akses ke perangkat lunak (software). Jika Anda tidak ingin mengaktifkan akses kamera ke perangkat lunak, matikan sakelar di bawah.

2. Periksa apakah kamera aktif atau tidak

Jika aktivasi kamera laptop Lenovo tidak berfungsi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah kamera terpasang dengan benar. Bagaimana cara melakukannya:

-Klik ikon Mulai di desktop atau Windows.
-Ketik ‘pengelola perangkat’ ke dalam mode pencarian lalu tekan enter.
-Ketika ‘Device Manager’ terbuka, pilih perangkat kamera yang Anda gunakan.
– Klik kanan pada perangkat dan pilih “Perbarui Perangkat Lunak Driver”.
-Windows memperbarui webcam agar berfungsi dengan baik.

Nonaktifkan webcam/kamera

Jika Anda menggunakan webcam eksternal dan takut peretas akan mendapatkan akses, Anda dapat menonaktifkan kamera secara manual. Cara mematikan kutipan web Cnet:

-Klik Mulai atau Ikon Windows.
-Ketik ‘pengelola perangkat’ ke dalam mode pencarian lalu tekan enter.
-Anda juga dapat membuka ‘Device Manager’ dengan kombinasi tombol Windows + R. Setelah membuka fungsi Run, masukkan devmgmt.msc dan tekan ‘Enter’.
-Cari “Kamera” di daftar perangkat.
-Ketika Anda menemukan menu Kamera, pilih webcam yang diinstal.
– Klik kanan pada webcam dan pilih “Nonaktifkan perangkat”.

Cara mengaktifkan kamera laptop/portable. Selain itu, Anda juga dapat menonaktifkan kamera yang dapat dikenakan untuk mencegah pelanggaran data.