Robo Advisor: Pengertian, Cara Kerja, Dan Manfaat Investasi

Investasi tunai seperti saham, obligasi dan reksa dana yang sebelumnya banyak dipersoalkan karena sulit dipahami dan minim interaksi, banyak digunakan sebagai alternatif menabung/menyimpan uang karena Manfaatnya bisa berkali-kali lipat dibandingkan menabung di tabungan. akun secara umum.

Robo Advisor: Pengertian, Cara Kerja, Dan Manfaat Investasi
https miro medium com

Namun, dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya suatu investasi dan berbagai keuntungannya, perkembangan alat investasi dan teknologi pendukungnya pun semakin maju.

Berbicara tentang teknologi yang mendukung investor dalam memilih dan mengelola investasi mereka, kini Anda dapat memanfaatkan fitur baru, seperti penasihat robo untuk membantu Anda menginvestasikan uang Anda dengan aman, cepat, dan efisien untuk menghasilkan keuntungan. .

Apa itu Penasihat Robo?

Robo Advisor adalah platform digital yang membantu mengelola berbagai layanan keuangan dan perjanjian perencanaan keuangan, dengan sedikit atau tanpa bantuan dari sumber daya manusia.

Robo Advisor diwujudkan melalui teknologi pemrograman algoritma canggih yang mampu memberikan saran solusi khusus untuk menemukan program terbaik berdasarkan data yang dimasukkan oleh platform investasi dan informasi yang datang langsung dari klien.

Dalam hal investasi, robo advisor bertindak sebagai teknologi yang dapat membantu secara otomatis merancang portofolio investasi yang optimal berdasarkan usia, profil risiko, dan tujuan hidup.

Jadi, dengan adanya robo advisor, investor/calon investor tidak perlu berkonsultasi dengan financial planner. Sedangkan robo advisor secara otomatis akan membuat portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan klien/nasabah menggunakan algoritma.

Robo Advisor hanya bekerja berdasarkan data persis yang dimasukkan ke dalam sistem. Dari data ini, robo advisor akan membuat keputusan portofolio mana yang dibutuhkan. Membuat robo advisor cocok untuk investor yang suka mengelola investasinya tetapi ingin mengoptimalkan portofolio investasinya.

Namun, untuk tipe investor yang ingin menghubungi penasihat, penasihat robo tidak tepat untuk kebutuhan Anda. Karena bagaimanapun juga, seorang konselor robo hanyalah sebuah mesin yang tidak memiliki dan tidak memahami emosi, hal-hal yang berkaitan dengan emosi atau pribadi tidak terpikirkan.

Bagaimana Robo Advisor bekerja dalam menciptakan portofolio investasi

Secara umum robo advisor memiliki 3 sistem kerja utama untuk membantu klien dalam membangun, membuat, melengkapi dan meningkatkan portofolio investasi online, yaitu:

Profil Risiko Otomatis: di mana klien harus menjawab pertanyaan / survei tentang platform investasi digital mana yang harus dipilih untuk menentukan profil risiko mereka dengan algoritme yang tidak bias.
Rencana Keuangan Otomatis: Penasihat robo berikutnya akan memberi Anda alokasi portofolio investasi terbaik atau yang paling sesuai dengan respons survei Anda.
Penyeimbangan otomatis: Pertahankan alokasi optimal Anda saat pasar berubah untuk meminimalkan risiko investasi Anda sebanyak mungkin.
Seperti yang dijelaskan, klien yang ingin mendapatkan portofolio investasi terbaik dengan teknologi robo advisor akan melalui langkah-langkah berikut:

1. Isi pertanyaan/survei online

Langkah pertama untuk dapat menggunakan robo advisor adalah menjawab beberapa pertanyaan/survey agar sistem robo advisor mengetahui profil risiko Anda. Sangat penting untuk membuat portofolio investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Buat akun untuk mulai berinvestasi

Setelah mengisi survei profil risiko, Anda dapat membuat akun dengan perusahaan konsultan robo untuk menyimpan dana untuk diinvestasikan. Akun ini diakses secara otomatis oleh robo advisor sehingga klien dapat mengotomatisasi semua aktivitas investasi.

3. Data yang dikumpulkan diproses oleh penasihat robo

Data profil risiko yang diperoleh dari Anda setelah menyelesaikan survei akan diproses secara otomatis oleh robo advisor. Seperti disebutkan di atas, penasihat robo memproses data berdasarkan algoritma.

4. Robo Advisor akan merekomendasikan portofolio yang paling sesuai

Setelah data diproses, robo advisor akan memberikan berbagai rekomendasi portofolio kepada klien. Kemudian, penasihat robo dapat secara otomatis membeli produk investasi yang direkomendasikan menggunakan uang yang disimpan di rekening investasi klien.

5. Menyeimbangkan portofolio

Seiring waktu, pengembalian investasi dapat bervariasi. Jika keuntungan investasi Anda tidak merata, proporsi dalam portofolio investasi Anda dapat berubah dan tidak lagi optimal. Oleh karena itu, robo advisor akan secara otomatis memantau dan menyeimbangkan portofolio secara berkala tidak hanya untuk memaksimalkan keuntungan tetapi juga untuk meminimalkan risiko.

Keuntungan menggunakan Robo Advisor dalam berinvestasi

1. Biaya lebih rendah

Penasehat Robo mengenakan biaya berdasarkan persentase aset biasanya antara 0,15% dan 0,5% dari semua investasi yang dimiliki.

Biaya ini relatif murah karena perusahaan robo advisor tidak harus menyediakan tenaga kerja untuk melayani investor secara langsung (karena telah digantikan oleh robot) dibandingkan dengan biaya yang dikenakan saat menggunakan jasa advisory/konsultasi keuangan konvensional.

2. Mempermudah kegiatan investasi

Menggunakan Robo Advisor menghemat kebutuhan Anda untuk terus melacak perubahan dalam portofolio investasi Anda karena pekerjaan ini dapat dilakukan oleh Robo Advisor.

Anda juga dapat lebih mudah memasuki pasar perdagangan dan mengikuti barang-barang di pasar. Plus, akses 24/7 memudahkan Anda mengakses portofolio keuangan Anda.

3. Lebih baik dan praktis

Menggunakan Robo Advisor untuk mengelola portofolio dianggap lebih efisien daripada menggunakan layanan penasihat keuangan tradisional, yang memiliki prosedur lebih kompleks. Di mana Anda harus terlebih dahulu menghubungi penasihat keuangan atau bertemu langsung untuk mengelola portofolio Anda.

Selain itu, Anda perlu menjelaskan situasi keuangan Anda, mengisi dokumen yang diperlukan dan menunggu hasil yang diinginkan. Sementara itu, dengan robo advisor, hal-hal ini dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik dan dapat dilakukan di mana saja dalam pengelolaan dan skala portofolio investasi klien.

4. Rekomendasi portofolio yang lebih tepat sasaran

Karena portofolio yang direkomendasikan didasarkan pada data survei yang telah Anda selesaikan, keakuratan portofolio dibandingkan dengan produk investasi yang direkomendasikan bisa sangat tinggi atau bisa mencapai 90% lebih tergantung pada kesesuaian situasi keuangan dan kepribadian Anda. Jadikan investasi yang dipilih lebih aman dan lebih menguntungkan berdasarkan rekomendasi dari penasihat robo.

Investasi yang lebih stabil dengan Robo Advisor
Selain lebih efisien, robo advisor juga bisa menjadi metode yang paling tepat bagi investor pemula yang sedang belajar berinvestasi dengan risiko investasi yang kecil. Ada juga platform investasi digital yang menyediakan kemampuan robo advisor di Indonesia. Anda hanya perlu mendaftar karena mengakses platform ini mudah dan aman. Semoga beruntung!