Market Research: PENGERTIAN, PROSES DAN JENIS Market Research

Untuk dapat meningkatkan penjualan Anda, Anda perlu memahami semua ilmu yang berhubungan dengan penjualan, salah satunya yang berhubungan dengan Market Research (Market Research). Sebelum merumuskan strategi pemasaran yang sesuai dengan bisnis Anda, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Market Research: Pengertian, Proses Dan Jenis Market Research
image.slidesharecdn.com

Memahami Market Research

Market Research, atau riset pasar dalam bahasa Inggris, adalah proses mengevaluasi kelayakan produk atau layanan baru dengan melakukan riset langsung dengan pelanggan potensial. Metode ini memungkinkan organisasi atau bisnis untuk menemukan target pasarnya, mengumpulkan dan mencatat pendapat, dan kemudian membuat keputusan pemasaran yang tepat. Market Research dapat dilakukan secara langsung oleh organisasi atau perusahaan yang bersangkutan, atau dapat dipercayakan kepada subyek lain yang telah berpengalaman dalam proses pelaksanaan Market Research ini.

Market Research adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat dengan pemasar melalui “informasi”. Informasi ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah pemasaran, menghasilkan, meningkatkan, dan mengevaluasi upaya pemasaran, memantau kinerja pemasaran, dan meningkatkan pemahaman tentang proses pemasaran.

Market Research akan menyaring semua informasi penting yang diperoleh sehingga dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah, seperti merancang metode untuk mengumpulkan semua informasi, mengelola dan melaksanakan proses pengumpulan data, menganalisis hasil dan menyebarluaskan hasil dan membuat ringkasan. Singkatnya, Market Research adalah perencanaan, pengumpulan, dan analisis data yang terkait dengan pengambilan keputusan pemasaran dan mengkomunikasikan hasil analisis tersebut kepada manajemen.

Tujuan Market Research

Tujuan dilakukannya Market Research adalah untuk mempelajari dan memahami pasar suatu produk atau jasa tertentu guna mengetahui tanggapan masyarakat atau konsumen terhadap produk atau jasa tersebut.

Informasi yang diperoleh dengan melakukan Market Research dapat digunakan untuk mempersonalisasi kegiatan pemasaran atau memprioritaskan fitur dan persyaratan layanan tertentu (jika ada) oleh konsumen. Pada dasarnya proses Market Research dapat dilakukan melalui survei, interaksi dengan sekelompok orang, wawancara atau observasi.

Market Research akan memberikan perhatian khusus untuk mengumpulkan semua informasi tentang proses pemasaran. Dengan kata lain, Market Research juga dapat digambarkan sebagai identifikasi sistematis dan objektif dari hal-hal berikut: pengumpulan, analisis, dan penyebaran informasi, yang tujuannya adalah untuk membantu manajer membuat keputusan terkait dengan mengidentifikasi dan memecahkan masalah. dan peluang pemasaran.

Market Research merupakan salah satu faktor kunci dalam menjaga daya saing. Market Research memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis permintaan pasar, ukuran pasar, dan persaingan. Teknik Market Research mencakup teknik kualitatif (seperti kelompok fokus, wawancara mendalam, dan etnografi), serta teknik kuantitatif (seperti survei pelanggan dan analisis data tambahan).

Proses Market Research

Untuk memulai Market Research atau Market Research, kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Tentukan masalahnya
Keputusan terpenting yang harus diambil perusahaan saat melakukan riset pemasaran adalah mengetahui masalah apa yang akan dipecahkan oleh pencarian tersebut. Masalah harus didefinisikan secara memadai, karena jika terlalu kabur dapat menyebabkan pemborosan sumber daya dan tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.

Namun, jika dia mendefinisikan masalah terlalu sempit, kesimpulannya salah. Untuk dapat mendefinisikan masalah dengan benar, setiap perusahaan harus memiliki jawaban yang jelas atas masalah tersebut, apa yang akan dipelajari dan mengapa penelitian harus dilakukan.

Kembangkan rencana penelitian

Langkah ini melibatkan pengumpulan informasi tentang topik atau masalah dalam penelitian yang akan dilakukan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam langkah ini adalah:

Peneliti dapat mengumpulkan data pertanyaan penelitian dari sumber primer dan sekunder atau keduanya. Sumber primer adalah data tangan pertama yang tidak terdapat dalam buku atau laporan penelitian, sedangkan data sekunder adalah data tangan kedua yang tersedia dalam buku, jurnal, laporan dan buku lainnya.
Data sekunder tersedia di buku, surat kabar, majalah, laporan, online dan di tempat lain. Namun, jika data mentah diperlukan, informasi akan dikumpulkan, seperti observasi studi, studi etnografi, kelompok fokus, survei, eksperimen, dan data perilaku.
Setelah menentukan metode penelitian, peneliti harus merancang rencana pengambilan sampel dan harus memutuskan banyak faktor, seperti responden, ukuran sampel, dan informasi kontak.

Kumpulkan pesan

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi berdasarkan rencana penelitian yang digariskan pada langkah kedua. Data atau informasi yang dikumpulkan harus akurat dan tidak benar. Kesulitan pada tahap ini adalah bias atau keengganan pelapor untuk memberikan jawaban.

Analisis informasi

Setelah informasi terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisis informasi tersebut. Para peneliti menerapkan banyak teknik statistik untuk analisis, seperti metode komputasi atau pengukuran dispersi. Selain itu, ada banyak model keputusan lanjutan untuk analisis data.

Hasil survei dikutip

Akhirnya, semua temuan dan hasil penelitian akan dipresentasikan kepada manajemen puncak, mis. Direktur eksekutif, CEO atau dewan direksi, untuk membuat keputusan pemasaran berbasis riset.

Buat keputusan

Pengambilan keputusan adalah langkah terakhir dalam riset pemasaran, sehingga hasil survei dikirim ke manajemen senior dan manajemen senior akan mengambil keputusan berdasarkan hasil survei.

Jenis Market Research

Berdasarkan alat dan metode yang digunakan, penelitian pasar secara umum dibagi menjadi dua jenis penelitian utama. Dua jenis aktivitas pasar meliputi Market Research primer dan Market Research sekunder:

Market Research Primer

Market Research dasar adalah proses organisasi atau perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan akhir atau menggunakan pihak ketiga untuk melakukan riset yang relevan untuk mengumpulkan data.

Dengan kata lain, Market Research primer adalah riset yang dilakukan dengan melibatkan langsung sumber daya yang diteliti. Data yang dikumpulkan dapat berupa data kualitatif (data non-digital) atau data kuantitatif (data digital atau statistik). Dalam melakukan Market Research, ada dua jenis informasi utama yang harus dikumpulkan, yaitu informasi eksplorasi dan informasi spesifik.
Eksplorasi: Penelitian ini bersifat umum dan terbuka, biasanya melibatkan wawancara jangka panjang dengan individu atau kelompok.
Spesifik: Pencarian lebih akurat dan digunakan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam penelitian eksplorasi. Ini melibatkan wawancara formal yang lebih terstruktur.

Market Research sekunder

Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang disunting, dikumpulkan, diorganisir dan dipublikasikan oleh pihak lain. Seperti laporan penelitian yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah, asosiasi industri, media, dan universitas, laporan tersebut biasanya digunakan oleh usaha kecil dengan anggaran terbatas. Dibandingkan dengan penelitian dasar, penelitian semacam itu dapat diperoleh lebih cepat dan ekonomis.

Banyak pelajaran sekolah menengah dapat dilakukan langsung di web hanya dengan memasukkan kata kunci atau frasa dari jenis informasi yang diperlukan. Anda juga bisa mendapatkan penelitian sekunder dengan membaca artikel jurnal, jurnal perdagangan, dan publikasi perdagangan. Atau hubungi organisasi industri atau asosiasi industri.

Namun, perlu diingat bahwa ketika Anda menemukan pencarian yang Anda butuhkan, penting untuk memeriksa tanggal rilis. Tujuannya untuk memastikan data yang diambil adalah data terbaru dan belum expired.

Sumber data penelitian sekunder yang baik adalah data instansi pemerintah. Data dari instansi pemerintah ini biasanya diberikan kepada publik secara gratis. Di sisi lain, data yang dikeluarkan oleh perusahaan mungkin memerlukan otorisasi sebelumnya dari perusahaan. Atau mungkin memerlukan biaya tertentu untuk mengaksesnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan Market Research di atas, Anda mulai memahami betapa pentingnya Market Research dalam membangun bisnis Anda. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir tentang JojoExpense yang menyediakan layanan terorganisir untuk membantu Anda meneliti pasar.