10 Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2022, Wajib Di Instal!

Antivirus adalah aplikasi yang dibuat untuk melindungi ponsel cerdas Anda dari virus dan malware.

Salah satu caranya adalah dengan hanya menginstal apk dari sumber tepercaya seperti Playstore. Sekarang yang akan kita bahas adalah Aplikasi Antivirus Android terbaik yang perlu Anda instal.

Aplikasi Antivirus Android

Aplikasi Antivirus Android Terbaik 2022

Nah, kali ini akan memberikan artikel tentang Aplikasi Antivirus Android terbaik untuk smartphone yang Anda gunakan.

1. Avast Mobile Security & Antivirus

Aplikasi antivirus dan antimalware selanjutnya adalah Avast Mobile Security & Antivirus, apk ini cukup populer, terbukti lebih dari 100-400 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia telah menggunakan aplikasi ini, bahkan di Indonesia.

Diharapkan apk ini dapat memberikan perlindungan yang hampir sempurna untuk mentransfer terhadap virus berbahaya.

Adanya spyware, phishing dan malware serta infeksi file yang terdapat di sistem operasi Android serta perlindungan data jika smartphone Anda dicuri. Jika terjadi penumpukan sampah, Anda bisa mencoba aplikasi pembersih sampah di Android.

Selain itu, Avast Mobile Security & Antivirus juga menawarkan fitur untuk menghapus Trojan di file yang terinfeksi, mengaktifkan perlindungan waktu nyata (terlindung), kunci apk, pengelola apk, dan firewall.

2. Avira Antivirus Security

Selain di komputer, ternyata Avira juga membuat untuk smartphone Android.

Meskipun aplikasi ini tergolong baru di smartphone Android, namun berkembang sangat pesat dan sangat diapresiasi oleh pengguna Android karena memiliki berbagai fitur yang sangat berguna.

Avira Antivirus Security memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan antivirus lainnya, yaitu memindai atau memindahkan smartphone, perlindungan real-time, bahkan kemampuan untuk memindai memori eksternal smartphone.

Fitur keren lainnya adalah adanya fitur anti maling, blacklist, dan fitur privasi.

Fitur hebat yang ditawarkan Avira Antivirus Security yang dapat Anda nikmati secara gratis adalah kemampuannya untuk memberikan tips keamanan yang perlu Anda ikuti untuk menjaga keamanan smartphone Android Anda dan mencegah pencurian data atau hal-hal berbahaya.

3. MalwareBytes

Untuk antivirus dan anti-mawar yang akan datang, Malwarebytes, aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna smartphone Android.

Ini diuji oleh peringkat tinggi dan telah diunduh lebih dari 100 juta kali oleh pengguna smartphone Android di seluruh dunia. Tentunya hal ini tidak lepas dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh Malwarebytes.

Fitur yang ditawarkan antara lain kemampuan untuk memindai atau memindai smartphone dari serangan virus dan malware, keamanan real-time, dan dilengkapi dengan kemampuan anti-pencurian.

Selebihnya Malwarebytes ini juga dilengkapi dengan fitur cleanup atau pembersih data sampah yang bisa Anda gunakan.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah fungsinya untuk meningkatkan performa (tuning) smartphone Android Anda, meski belum bisa dipastikan kebenaran HSL tersebut.

Namun, yang jelas aplikasi Malwarebytes dapat melindungi ponsel Android Anda dari serangan virus dan malware serta mencegah orang mencuri data penting Anda.

4. Kaspresky Antivirus

Kaspresky Antivirus adalah aplikasi antivirus dan antimalware yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk melindungi smartphone Android Anda dari serangan virus dan malware secara real time.

Fitur keren lainnya adalah aplikasi ini memiliki fitur sekunder seperti backup data, administrasi sistem dan berbagai fitur keren lainnya.

5. Norton Security

Norton Mobile, ini adalah aplikasi yang sudah cukup populer di Indonesia, apalagi apk Antivirus mereka berhasil memenangkan hati pengguna smartphone Android di Indonesia.

Ini bisa terjadi karena Aplikasi Antivirus Android ini memiliki banyak fitur yang berguna.

Dengan Norton Security, Anda dapat melindungi ponsel cerdas Anda dari serangan virus dan malware karena Norton Security ini berhasil mendapatkan peringkat yang sangat tinggi di AV-TEST.

Telah terbukti berulang kali dalam beberapa tahun terakhir bahwa aplikasi ini sering mendapat nilai tinggi di AV-TEST.

Selain itu, apk ini juga berukuran cukup ringan dibandingkan dengan aplikasi lain yang lebih baru dan Anda dapat mencobanya secara gratis.

6. AVG Antivirus

AVG Antivirus merupakan aplikasi yang cukup terkenal terutama di kalangan pengguna komputer berbasis Windows.

AVG Antivirus telah digunakan lebih dari 100 juta kali dengan rating yang cukup tinggi yaitu 4,4 di Google Play Store. Aplikasi ini memiliki kapasitas yang cukup ringan dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Fitur-fitur yang dibawa apk ini adalah perlindungan reguler, transfer perangkat, dan pembaruan basis data virus yang konsisten.

Selain itu, ada juga fitur anti maling, dan remote control data perangkat. Terlebih lagi, Anda juga dapat memantau statistik seperti penggunaan baterai, penggunaan paket data, dan penggunaan penyimpanan.

7. Bitdefender Antivirus

Bitdefender Antivirus juga dilengkapi pemindai dan pembersih smartphone dari serangan virus dan malware serta pembersihan data yang tidak diperlukan lagi.

Cara kerja Bitdefender Antivirus dengan memantau apk apa saja yang sedang berjalan dan proses apa saja yang sedang dilakukan oleh aplikasi tersebut.

Selain itu, pemindaian virus dan malware yang dilakukan oleh aplikasi ini juga cukup sederhana sehingga tidak memakan waktu lama.

apk antivirus ini memiliki dua versi yaitu Lite Version dan Heavy Version. Namun, Teknoinside menyarankan untuk menggunakan aplikasi dengan versi ringan saja (Lite Version), jadi Anda tidak perlu melakukan konfigurasi apa pun.

8. ESET Mobile Antivirus

Eset adalah salah satu perusahaan antivirus paling terkenal, terutama di kalangan pengguna PC berbasis Windows, dengan NOD32-nya. Nah untuk versi mobile atau android, Eset telah mengeluarkan aplikasi bernama Mobile Security & Antivirus.

Anda dapat menggunakan Mobile Security & Antivirus untuk melindungi smartphone Android Anda dari serangan virus dan malware secara realtime.

Selena merupakan aplikasi yang memiliki tampilan sederhana dengan berbagai fitur yang dapat Anda gunakan secara gratis.

9. Dr.Web Security Space

Dr.Web Security Space merupakan aplikasi yang akan memberikan keamanan total pada smartphone Android yang Anda gunakan. apk ini menyediakan 2 versi yaitu versi gratis dan versi pro yang memiliki fitur lebih maksimal.

Untuk versi gratisnya, aplikasi ini menawarkan fitur antivirus dan antimalware serta menampilkan notifikasi jika ada pihak asing yang mencoba mengakses data di smartphone Android Anda.

Dr.Web Security Space ini memiliki ukuran yang cukup ringan sehingga tidak akan menguras kapasitas penyimpanan di smartphone Android Anda.

Selain itu, Dr.Web Security Space ini juga memiliki fitur yang dapat menghilangkan celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh virus Ransomware untuk masuk.

Karena memang virus Ransomware merupakan salah satu virus yang cukup berbahaya karena dapat mengenkripsi data Anda, mengintip atau memberi perintah, dan mengeksekusi sistem di perangkat Anda.

10. Safe Security

Walaupun aplikasi antivirus Anti-Virus for Android merupakan apk antivirus yang belum begitu dikenal oleh para pengguna smartphone Android, namun ternyata aplikasi ini memberikan segudang manfaat bagi penggunanya.

Fitur utama yang ditawarkan oleh Safe Security ini adalah fokus pada keamanan smartphone dengan fitur yang memberikan perlindungan real-time dari serangan malware dan spyware.

Safe Security Anti Virus untuk Android akan bekerja dengan cara memindahkannya saat Anda menginstal aplikasi baru. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga rutin melakukan update database, melakukan backup aplikasi, proteksi terhadap virus, mode karantina dan masih banyak lagi lainnya.

Fitur menarik lainnya adalah kemampuan untuk mengunci perangkat smartphone Anda dari jarak jauh dan menghapus data jika smartphone Anda hilang atau dicuri oleh seseorang.

Dengan fitur ini, orang yang menemukan smartphone Android Anda tidak dapat memanfaatkan data penting yang ada di smartphone Anda.

Kesimpulan

Sebenarnya, jika Anda menggunakan ponsel Android Anda dengan benar, Anda tidak mengunduh aplikasi secara sembarangan, mengunduh file yang mencurigakan, dan terhubung ke jaringan secara sembarangan. Hal ini dapat meminimalisir ponsel Android terkena virus.

Jadi antivirus diatas sangat dibutuhkan, jika memang ingin proteksi lebih. Tidak jauh berbeda dengan di PC, kita juga membutuhkan antivirus komputer terbaik. Untuk menangkal segala bentuk virus, diperlukan juga antivirus yang handal.