Tutorial Cara Update Driver Laptop PC, Mudah dan Gampang!

Mouse Anda tiba-tiba tidak bisa digerakkan? Keyboardnya juga gak bisa? Mungkin karena belum diupdate. Nah, sudah tahu kan kenapa driver sangat penting untuk sebuah perangkat komputer atau laptop? Silahkan simak pembahasan Update Driver Laptop PC di bawah ini.

Update Driver Laptop PC

Apa itu Driver?

Sederhananya, driver adalah program atau perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan komponen perangkat keras ke sistem komputer. Sehingga hardware dan software dapat bersinergi dan bekerja dengan baik.

Tanpa drive, jika kita menghubungkan perangkat keras seperti mouse, itu tidak akan berfungsi dengan baik. Karena meskipun pada level hardware sudah terkoneksi, namun mouse belum terkoneksi dengan sistem komputer.

Sehingga meskipun kursor dipindahkan, tidak merespon dan tetap diam. Hal yang sama berlaku untuk perangkat keras lain seperti keyboard, speaker, VGA, Wifi, Bluetooth, dan sebagainya. Semua komponen ini memerlukan driveyang tepat untuk berfungsi secara normal.

Cara update driver laptop PC

Nah sekarang udah tau kan kenapa lebih baik kita rajin Update Driver Laptop PC ke versi terbaru? Anda tidak tahu bagaimana? Caranya sangat mudah, ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengupdate. Silahkan simak tutorialnya berikut ini:

1. Periksa melalui Pengelola Perangkat

Karena cara pertama mungkin yang paling sederhana. Jika memang ada masalah dengan di perangkat Anda, Anda bisa langsung mengecek dan mengupdatenya di Device Manager. Berikut tutorial lengkap yang bisa Anda ikuti:

  • Klik menu Start, pilih Control Panel.
  • Selanjutnya, klik menu Device Manager.
  • Di sana Anda akan melihat daftar perangkat.
  • Pilih salah satu yang bermasalah.
  • Klik kanan driver dan pilih Update Driver Software.
  • Tunggu cek versi terbaru untuk dijalankan.
  • Ketika Anda menemukannya, segera perbarui.

2. Periksa situs web laptop Anda

Setiap merek laptop biasanya membutuhkan jenis driver yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih yang kompatibel dengan perangkat masing-masing. Yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa melalui situs web resmi.

Pilihan Update Driver Laptop PC sudah disediakan yang dapat Anda unduh secara gratis. Selain itu, setiap kali ada pembaruan, Anda juga dapat memperbarui melalui situs web.

3. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Untuk mempermudah dalam melakukan update, sebenarnya ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa kita gunakan. Misalnya, seperti DriverBooster, aplikasi ini akan secara otomatis memindai perangkat Anda. Kemudian periksa apakah yang telah diinstal berada di lokasi yang diperbarui.

Jika ada yang belum update, maka akan langsung mencari versi terbaru. Dan Anda dapat memperbarui tanpa harus khawatir mencari drive yang cocok. Karena akan otomatis disesuaikan.

4. Perbarui melalui driver

Untuk metode ini, biasanya tidak bekerja dengan semua jenis. Karena hanya ada beberapa driver yang menyediakan aplikasi khusus. Melalui aplikasi ini kita bisa mengatur salah satunya untuk update. Anda dapat memeriksa dengan cara berikut:

  • Klik menu start, ketik nama drive.
  • Jika aplikasi muncul, segera buka.
  • Kemudian cari menu untuk memperbarui.
  • Jadi, perbarui driver Anda.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai, mudah kan?

Mengapa Anda harus memperbarui driver?

Sampai disini kita sudah mengetahui betapa pentingnya sebuah drive bagi sebuah komputer/laptop. Namun selain menginstal driver yang tepat, kita juga harus rajin mengupdatenya secara berkala. Sehingga yang terinstall di perangkat kita adalah versi terbaru dan terupdate.

Mengapa, Anda tidak dapat menginstalnya sekali dan tidak perlu memperbarui? Ini mirip dengan aplikasi yang juga sedang diperbarui. Ketika versi terbaru dirilis, kami juga perlu memperbarui.

Fungsinya juga sangat penting untuk perangkat komputasi. Agar aman, berikut adalah beberapa alasan mengapa perlu diperbarui ke versi terbaru secara berkala:

  • Versi terbaru dari driver memiliki fungsionalitas yang lebih komprehensif.
  • Perbaiki bug di versi sebelumnya.
  • Sehingga kinerja perangkat keras yang kita gunakan lebih optimal.
  • Masalah kompatibilitas yang sebelumnya tidak cocok dengan perangkat.

Demikian pembahasan lengkap tentang cara Update Driver Laptop PC. Sangat disarankan agar Anda memperbarui secara teratur. Karena ini akan membuat kinerja perangkat Anda lebih baik dan optimal. Semoga tutorial di atas bermanfaat dan bermanfaat, selamat mencoba!