5 Cara Membuat Baterai Laptop Awet dan Tidak Cepat Habis

Perangkat elektronik apapun yang menggunakan batre, baik itu smartphone atau laptop, tentunya perlu diwaspadai adanya kebocoran pada batre. Apalagi pada level yang lebih ekstrim, baterai tidak akan bisa lagi mengisi dan menyimpan energi (dicolokkan bukan diisi daya).

Ada beberapa hal yang dapat dengan cepat menguras baterai dan menjatuhkannya. Entah itu karena kebiasaan buruk penggunanya atau usia baterai yang sudah tua.

Membuat Baterai Laptop Awet

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Drop

Kami sebelumnya membahas kebiasaan buruk apa yang dapat dengan cepat menguras batrelaptop dan menjatuhkannya. Nah, bagi yang terlanjur bocor dan listrik cepat habis, ada beberapa tips yang mungkin bisa memperbaikinya.

Daripada mengatakan itu membaik mungkin lebih tepat “kesehatan” lagi. Caranya adalah dengan mengkalibrasi batre. Ini akan membuat perhitungan daya lebih akurat dari sebelumnya. Berikut tutorialnya:

1. Mengaktifkan Power Saver

  • Klik kanan ikon baterai di baki sistem, lalu pilih Opsi Daya.
  • Pilih opsi Buat Rencana Daya.

2. Mengkalibrasi Baterai

  • Silakan beri nama sesuai keinginan Anda, saya menyebutnya “Kalibrasi oleh Teknoinside”, lalu yang berikutnya.
  • Silahkan atur seperti pada gambar berikut, mungkin bisa dimaksimalkan brightnessnya, lalu Create.

3. Mengaktifkan Settingan Baterai

  • Kemudian Anda mengaktifkan paket daya dengan mengklik ikon batre dan memilih namanya.
  • Langkah selanjutnya adalah mencharge sampai penuh yaitu 100%.

4. Kalibrasi baterai laptop manual

Setelah penuh, cabut stekernya dan biarkan laptop menyala terus menerus sampai batre hampir habis.

Terakhir, jika mati dengan sendirinya, harap isi daya hingga penuh. Dan sejauh ini proses kalibrasi sudah selesai.

Penyebab baterai laptop drop

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan cepat hilang dan terkuras. Banyak pengguna yang sering mengabaikannya dan tetap melakukan hal-hal berikut.

Maka dari itu, mulai sekarang Anda perlu mengetahui hal-hal negatif yang dapat memperpendek umur batre, baik yang bisa dilepas maupun yang tidak bisa dilepas.

  • Tegangan input pada laptop kurang stabil
  • Pengisi daya laptop terus terhubung, meskipun batre diisi
  • Isi ulang batre, meskipun batre belum habis
  • Digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan batre drop.

Cara Membuat Baterai Laptop Awet

Agar Membuat Baterai Laptop Awet tidak mudah terkuras atau habis, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Perhatikan penggunaan laptop

Tidak seperti komputer, laptop tidak dirancang untuk digunakan sepanjang hari tanpa gangguan. Jika digunakan tanpa waktu istirahat, jelas akan membahayakan perangkat dan batre.

Hal ini tentunya harus diperhatikan oleh setiap pengguna. Dan satu hal lagi, kebanyakan laptop tidak dirancang untuk tugas-tugas berat, kecuali mereka berspesialisasi dalam game atau desain grafis.

2. Bersihkan debu secara berkala

Banyak pengguna yang seenaknya menggunakan laptop tanpa memperhatikan masalah perawatan. Penting bagi kita untuk selalu membersihkan debu terutama pada sistem sirkulasi udara.

Jika ada banyak debu yang menghalangi jalannya udara, jelas ini akan mencegah keluarnya udara panas. Jika hal ini terus berlanjut, laptop bisa menjadi terlalu panas dan menyebabkan kerusakan pada komponennya, termasuk batre.

3. Perhatikan tempat penggunaan

Nah, pasti banyak orang yang sering menggunakan komputer di kamar dan meletakkannya di kasur atau bantal? Ini adalah kesalahan besar, menempatkan yang sedang digunakan pada benda lunak akan membuat sistem sirkulasi udara tidak dapat berfungsi dengan baik.

Hal ini karena ventilasi akan terhalang oleh benda-benda seperti bantal atau sejenisnya. Coba gunakan laptop pada dudukan yang benar seperti meja atau alas lainnya.

4. Jangan biarkan baterai habis

Ini adalah kesalahan umum yang dilakukan banyak pengguna. Karena terlalu sibuk menggunakannya, mereka lupa dan tidak memperhatikan sisa daya batre.

Akibatnya baterai akan habis hingga 0% dan akhirnya akan habis. Ini adalah sesuatu yang harus Anda hindari karena akan merusak dan tidak Membuat Baterai Laptop Awet.

Pasalnya, membiarkan batre dalam keadaan kosong dapat memadamkan berbagai ion yang dikandungnya. Jelas ini akan mempersingkat masa pakai baterai dan mengurasnya dengan cepat.

5. Sesuaikan kecerahan layar

Selain penggunaan, baterai yang cepat habis bisa disebabkan oleh kecerahan layar yang terlalu tinggi. Jika terlalu terang, konsumsi daya akan lebih tinggi dari biasanya.

Coba sesuaikan layar agar pas agar Membuat Baterai Laptop Awet dan juga membuat mata lelah.

Berikut cara Membuat Baterai Laptop Awet. Anda dapat menggunakan tips di atas untuk memperbaiki daya baterai yang cepat habis dan habis. Tutorial ini cocok untuk removable dan non-removable yang bocor.