Tutorial Menghapus Aplikasi Bawaan di Android Tanpa Root

Tidak semua orang tahu cara menghapus aplikasi bawaan di Android. Hal ini dikarenakan apk bawaan tidak bisa langsung dihapus karena terinstal dengan sendirinya. Misalnya Google Chrome, YouTube Music, Google Drive dan lain-lain.

Banyak app default yang tidak pernah digunakan, sehingga hanya menggunakan kapasitas penyimpanan penuh. Hal inilah yang membuat sebagian orang ingin hapus app default di ponselnya.
Sulitnya delete app default membuat orang mencari tahu caranya. berikut tutorial cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android tanpa root di bawah ini.

Menghapus Aplikasi Bawaan

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Ponsel Android

Cara menghapus aplikasi bawaan bisa dilakukan dengan root. Namun, banyak orang tidak ingin me-root ponsel mereka, karena dapat mengubah sistem ponsel. Plus, rooting juga terlihat cukup rumit.
Jika Anda memiliki masalah dengan apk default karena mengisi memori Anda, Anda dapat menghapus aplikasi default tanpa rooting.

1. CCleaner

Cara menghapus app bawaan Xiaomi dan menggunakan CCleaner. Ingatlah bahwa menghapus beberapa apk sistem Android default dapat menyebabkan masalah telepon, jadi Anda perlu mempertimbangkan metode ini. Selain itu, CCleaner juga memiliki fitur untuk Pembersih Sampah di android anda

Jika ingin hapus apk bawaan di CCleaner, berikut caranya:

  • Unduh dan instal aplikasi CCleaner di Google Play Store.
  • Buka app CCleaner, lalu pilih tab “Applications”.
  • Jika Anda ingin hapus apk bawaan, pilih ‘Sistem’.
  • Pilih app yang ingin Anda hapus, lalu klik “Copot”.
  • Abaikan peringatan yang muncul saat Anda mengklik “Lanjutkan” jika Anda benar-benar ingin menghapus apk default ponsel Anda.

2. Melalui Pengaturan

Selanjutnya ada cara untuk menghilangkan aplikasi bawaan HP. Tidak perlu mengosongkan memori dengan menghapus app. Cara ini cocok untuk Anda yang tidak mau mengambil risiko.

Anda dapat menonaktifkan apk yang tidak digunakan melalui pengaturan Android. Dengan cara ini, app tidak akan lagi berfungsi di ponsel Anda dan tidak akan lagi menambah sampah atau menggunakan RAM lagi.

Ada banyak cara untuk delete app bawaan di ponsel Android. Bahkan, Anda bisa mengurangi penggunaan app yang tidak terpakai melalui pengaturan.

1. Buka menu Pengaturan di ponsel Anda

Buka menu Pengaturan di ponsel Anda
Buka pengaturan ponsel Anda, lalu gulir ke bawah dan buka “Aplikasi”. Pilih “Manajer aplikasi”. Anda akan melihat semua app yang terpasang di ponsel Anda.

2. Nonaktifkan aplikasi

Pilih ‘Nonaktifkan’. Itu juga dapat menghapus semua pembaruan yang ada di app, sehingga apk diatur seperti saat pembelian baru dilakukan.

3. Hapus data dan cache aplikasi default

Selain itu anda juga bisa menghapus semua data dan cache pada apk bawaan agar penyimpanan internal anda menjadi lebih bersih, caranya buka apk yang ingin anda hapus datanya seperti diatas. Kemudian, pilih “Penyimpanan Internal” dan klik “Hapus Chache” dan “Hapus Data”.

3. Google Play Store

Menghapus pembaruan yang terjadi di apk default dapat membantu mengosongkan memori internal ponsel Anda. Cara menghapus app bawaan Samsung juga bisa dilakukan melalui Google Play Store.

  • Buka Google Play Store, lalu klik foto profil akun Google Anda.
  • Klik “Kelola app dan perangkat”.
  • Kemudian, pilih apk yang ingin Anda hapus. Kemudian, buka app.
  • Kemudian, klik tombol “Copot pemasangan”. Bahkan jika dikatakan uninstall, itu hanya delete pembaruan yang telah dilakukan pada apk.

Itulah beberapa cara Menghapus Aplikasi Bawaan di ponsel Android agar memori internal menjadi lebih leluasa.