Penyebab Aplikasi Berhenti di Android, Simak Cara Mengatasinya!

Penyebab aplikasi berhenti tergantung pada banyak faktor. Smartphone yang Anda gunakan tentunya memiliki berbagai jenis aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Android, yang merupakan sistem operasi seluler paling populer di dunia, tentu bukan tanpa masalah. Salah satunya adalah aplikasi yang tiba-tiba berhenti saat Anda menggunakannya.

Sebelum mencari cara ampuh untuk mengatasi masalah ini, penting bagi Anda untuk mengetahui faktor-faktor di balik masalah Penyebab Aplikasi Berhenti di perangkat Android Anda.

penyebab aplikasi berhenti

Penyebab Aplikasi Berhenti di Android

Sebagai perangkat mobile yang penggunaannya semakin canggih, smartphone saat ini banyak menerima app yang menarik.

Berbagai app ini sangat memudahkan segala aktivitas sehari-hari penggunanya. Bahkan tidak sedikit jenis apk yang hadir untuk memenuhi kebutuhan hiburan para penggunanya.

Maka tidak heran jika saat ini pengguna smartphone rajin mendownload app melalui Google Play Store khusus untuk pengguna Android.

Kemudian juga App Store untuk pengguna iOS. Namun sering muncul notifikasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” Ada banyak faktor yang menyebabkan app tiba-tiba berhenti saat Anda menggunakannya, di antaranya:

koneksi internet lambat

Penyebab pertama app berhenti adalah koneksi internet yang lambat. Sama seperti bermain game online atau streaming video, menggunakan app tentunya juga membutuhkan koneksi internet yang cepat.

Adanya koneksi internet yang lambat tentunya juga dapat mempengaruhi penggunaan apk . Bahkan bisa membuatnya berhenti tiba-tiba saat Anda menggunakannya.

Aplikasi dan sistem operasi yang tidak kompatibel

Faktor berikutnya yang membuat aplikasi berhenti tiba-tiba adalah adanya app dan sistem operasi yang kurang kompatibel. Seiring waktu, app dan sistem operasi Android pasti mendapatkan pembaruan untuk memperbaiki masalah dan meningkatkan kinerja.

Jadi jika Anda menggunakan smartphone edisi lama atau lama, apk tersebut mungkin tidak lagi kompatibel dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Misalnya, jika Anda menggunakan smartphone yang menjalankan Android 4.4 KitKat. Sedangkan apk yang Anda butuhkan setidaknya membutuhkan Android 5.0 Lollipop. Tentu saja apk akan berhenti secara otomatis dan Anda tidak akan bisa menggunakannya.

Memori RAM penuh

Adanya RAM yang penuh bisa menjadi salah satu penyebab app crash. Kita tahu bahwa RAM pada perangkat Android berperan penting dalam menjalankan semua aplikasi yang terdapat di dalam perangkat tersebut.

Kapasitas memori terbatas yang menyimpan beberapa aplikasi yang sedang berjalan. Oleh karena itu, secara otomatis akan mengisi kapasitas RAM.

Dengan kondisi ini, seringkali apkyang Anda jalankan akan kehabisan ruang, sehingga akan muncul error saat dibuka. Atau Anda bahkan tidak bisa menggunakannya sama sekali.

File Cache Aplikasi Menumpuk

Masalah ini bisa menjadi salah satu penyebab app tiba-tiba berhenti saat Anda menggunakannya. Di dalam sistem operasi Android tentunya terdapat cache yang memiliki fungsi untuk mempercepat penggunaannya di lain waktu.

Jika cache menumpuk dan Anda tidak membersihkannya secara rutin, hal ini dapat menyebabkan kinerja smartphone semakin menurun. Ini termasuk menjalankan berbagai jenis apk.

Cara mengatasi aplikasi yang berhenti

Selain mengetahui penyebab aplikasi berhenti, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasi masalah tersebut, antara lain:

Restart Smartphone Android

Dengan cara ini tentunya perangkat Android dapat direstart dalam kondisi yang lebih baik dan fresh dari keadaan semula.

Hapus cache aplikasi

Kita tahu bahwa salah satu penyebab apk crash adalah cache yang menumpuk. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menghapus cache semua app Android.

Membersihkan cache apk, Anda dapat melakukannya secara manual atau dengan menggunakan aplikasi pembersih sampah di android. Sebenarnya masih banyak lagi cara mengatasi app yang diblokir yang bisa Anda lakukan sesuai dengan faktornya.

Salah satu penyebab apk crash adalah memori RAM HP penuh. Untuk mengatasi masalah ini, yang dapat Anda lakukan adalah mematikan dan menghentikan app yang sedang berjalan. Anda cukup mengetuk apk Terbaru lalu tekan “X” atau hapus untuk menghapus semua app yang berjalan di latar belakang.

Akhir Kata

Nah itulah ulasan Penyebab Aplikasi Berhenti dan cara mengatasi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” di smartphone Android. Jika kamu ada pertanyaan, jangan ragu buat bertanya pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba dan semoga berhasil guys!