Cara Memperbaiki Kursor Hilang Pada Laptop dan PC

Kursor/pointer adalah penunjuk yang terletak di monitor laptop dan biasanya digerakkan dengan mouse atau touchpad. Fungsi pointer ini adalah untuk memilih objek seperti file atau untuk menjalankan perintah dengan klik mouse.

Lalu bagaimana jika kursor membeku atau tiba-tiba menghilang dari monitor? Kita pasti akan bingung bagaimana menjalankan suatu perintah karena kita tidak tahu dimana pointernya.

Pada kenyataannya, bahkan tanpa kursor, kita masih bisa membuat komputer atau laptop bekerja dengan keyboard. Namun tentunya akan lebih sulit dan rumit jika harus menghafal hotkey untuk berbagai perintah.

Jika Anda memiliki masalah seperti ini, Anda jelas perlu mencari tahu Cara Memperbaiki Kursor Hilang.

 Cara Memperbaiki Kursor Hilang

Penyebab kursor tidak muncul di PC dan laptop

Apa sebenarnya yang membuat pointer di monitor kita hilang? Secara umum ada beberapa hal yang sering menimbulkan error seperti ini, antara lain:

Driver perlu diperbarui

Seperti perangkat keras lainnya, mouse juga membutuhkan driver untuk dihubungkan dan digunakan secara normal. Kita juga harus rajin mengupdate driver ke versi yang lebih baru.

Sehingga mendapatkan kinerja perangkat yang lebih baik dan terhindar dari bug yang ada pada versi lama.

Driver tidak kompatibel

Seperti disebutkan di atas, pointer juga memerlukan driver. Namun yang jelas setiap perangkat akan membutuhkan versi driver yang berbeda-beda tergantung spesifikasinya.

Jika Anda menemukan kursor di monitor laptop Anda, itu tiba-tiba menghilang setelah memperbarui driver. Jadi ada kemungkinan versi driver tidak cocok dengan perangkat yang Anda gunakan.

Tidak Sengaja Menonaktifkan Pointer

Mungkin banyak dari kita yang tidak sengaja menonaktifkan fungsi kursor atau pointer. Ini sering terjadi karena menekan kombinasi tombol seperti Fn + f9. Biasanya ini akan menyebabkan touchpad gagal.

Cara Memperbaiki Kursor Hilang Pada Laptop

Dalam penjelasan di atas disebutkan bahwa salah satu penyebab pointer tidak ditampilkan adalah karena tidak sengaja dinonaktifkan. Jadi bagaimana Anda menyalakannya kembali?

Kita dapat menggunakan beberapa hotkey pada keyboard. Untuk setiap perangkat PC portabel bisa memiliki cara yang berbeda. Silakan coba dengan menekan tombol:

  • Fn + F3
  • Fn + F9
  • Fn + F6
  • Fn + F11

Pada dasarnya, Anda dapat melihat pada tombol fungsi laptop, yang menunjukkan touchpad berbentuk silang.

Coba shortcut di atas satu per satu sampai kursor di monitor muncul dan kembali normal.

Cara memperbaiki kursor yang hilang dengan CMD

Karena pointer tidak muncul di monitor, kita harus menggunakan PC menggunakan keyboard. Untuk pengguna Windows 8, silakan ikuti tutorial berikut:

1. Buka Software CMD

Pertama, buka aplikasi Command Prompt terlebih dahulu. Anda dapat melakukan ini dengan menekan tombol Windows, lalu mengetik CMD dan Enter. Atau bisa juga dengan menekan CTRL+R, lalu ketik CMD dan Enter.

2. Buka Device Manager Melalui CMD

Setelah command prompt terbuka, ketik perintah devmgmt.msc lalu tekan Enter. Perintah ini digunakan untuk membuka Device Manager di perangkat kita.

3. Pilih Pengaturan Mouse

Jika Anda berada di Pengelola Perangkat, tekan tombol Tab. Kemudian gunakan tombol panah atas dan bawah untuk menelusuri menu.

Gulir ke opsi Tikus dan perangkat penunjuk lainnya, lalu tekan tombol panah kanan. Pilih opsi Mouse Kompatibel HID dan tekan Enter.

4. Update Driver Pointer

Setelah jendela baru muncul, tekan Tab + Panah Kanan untuk masuk ke menu Driver. Kemudian tekan tombol panah bawah untuk memilih opsi Update Driver and Enter.

5. Tunggu Proses Update

Kemudian perangkat akan mulai mencari pembaruan driver untuk perangkat Anda. Tunggu prosesnya, setelah selesai segera restart laptop.

Catatan:
Jika metode di atas tidak dapat mengembalikan kursor. Coba hapus instalan driver melalui menu mouse yang kompatibel dengan HD. Setelah itu, restart komputer Anda agar driver diinstal ulang secara otomatis.

Cara memperbaiki kursor yang hilang di Windows 10

Tips selanjutnya untuk Cara Memperbaiki Kursor Hilang, kita akan menyesuaikan pengaturan yang ada di registry Windows. Ini adalah database yang berisi informasi konfigurasi sistem.

Ini mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan aplikasi yang ada di dalamnya. Untuk tutorial lengkapnya, simak berikut ini:

1. Buka Registry Editor

Pertama, tekan tombol Windows + R, lalu ketik regedit dan tekan Enter.

2. Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE

Kemudian, gunakan tombol panah atas dan bawah untuk menavigasi ke opsi HKEY_LOCAL_MACHINE. Kemudian, tekan tombol panah kanan untuk membuka opsi lainnya.

3. Pilih Opsi Software

Kemudian gulir ke bawah lagi ke menu PERANGKAT LUNAK dan tekan panah kanan lagi untuk membuka subfolder.

4. Cari Menu Microsoft

Di bagian ini Anda akan melihat banyak folder, gulir ke bawah seperti sebelumnya. Temukan folder bernama Microsoft dan tekan panah kanan untuk membukanya.

5. Pilih Folder Windows

Gulir ke bawah lagi menggunakan tombol keyboard dan pilih folder windows, tekan panah kanan.

Anda akan menemukan folder bernama CurrentVersion, pilih dan tekan tombol panah kanan lagi.

6. Pilih Folder Policies dan Buka System

Selanjutnya, cari folder Policies, lalu tekan panah kanan, gulir ke subfolder bernama System dan tekan tombol Tab.

7. Buka Properties EnableCursorSuppression

Setelah pindah ke tab kanan, buka bagian EnableCursorSuppression, lalu tekan Enter.

8. Ubah Value Data

Terakhir, lihat bagian Value data, ubah nilainya dari 1 menjadi 0, lalu tekan Enter. Coba restart laptop dan periksa apakah kursor telah muncul kembali.

Anda juga dapat mematikan laptop dengan keyboard, sehingga Anda dapat memastikannya benar-benar mati atau reboot.

Kesimpulan

Di antara sekian banyak masalah yang dihadapi manajemen dan solusi yang berbeda, umumnya karena salah menekan tombol pada laptop yang fungsinya untuk mematikan touchpad. Tetapi jika Anda menggunakan mouse, tombol tidak berfungsi pada mouse.

Itulah beberapa tutorial Cara Memperbaiki Kursor Hilang di laptop Windows 7, 8, dan 10. Semoga tips di atas bisa menjadi solusi untuk mengembalikan pointer ke monitor. Jika ada yang punya kritik, saran atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar.