Apa Itu Bisnis Model Canvas, Pemilik Bisnis Wajib Menggunakan!

Dalam sebuah bisnis, apapun bentuknya, pasti ada beberapa orang yang bekerja untuk menjaga agar bisnis tersebut tetap berjalan. sebuah perusahaan juga membutuhkan strategi, manajemen dan sistem yang memudahkan orang-orang yang bekerja disana untuk bekerja secara efektif dan sesuai dengan tujuan perusahaan. model bisnis yang terbukti efektif dan sering diterapkan adalah Bisnis Model Canvas.

Bisnis Model Canvas

Apa itu bisnis model kanvas?

bisnis model canvas adalah alat dalam strategi manajemen untuk menerjemahkan konsep, konsumen, infrastruktur, dan keuangan perusahaan dalam bentuk elemen visual.

model kanvas konsep bisnis didasarkan pada gambar ide sehingga setiap orang memiliki pemahaman yang sama dan nyata tentang jenis pelanggan, pengeluaran, cara kerja perusahaan, dan sebagainya.

Keuntungan bagi perusahaan dengan menerapkan model bisnis kanvas?

ah, paling banter model bisnis ini sama dengan yang lain?

jika dicermati, bisnis model canvas membagi hal-hal penting menjadi beberapa tujuan yang jelas. hal ini memudahkan para pelaku bisnis dalam berbagai aspek dan dapat diterapkan baik oleh bisnis skala besar maupun kecil.

Cara Menerapkan bisnis model canvas di perusahaan anda?

dalam usaha model canvas, ada 9 elemen penting yang akan dibahas satu per satu di bawah ini. 9 pedoman ini penting untuk memandu anda dalam menentukan sistem kerja perusahaan dan untuk memeriksa apakah kegiatan perusahaan dilakukan sesuai dengan sistem.

1. value proposition

sederhananya, proposisi nilai adalah titik penjualan produk / layanan anda sehingga konsumen memilih perusahaan anda daripada persaingan. sebelum memutuskan hal lain, proposisi nilai sangat penting untuk diketahui agar usaha anda menjual apa yang benar-benar dibutuhkan konsumen dan apakah usaha anda menjual solusi untuk masalah mereka.

berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu anda:

  • apa yang menyebabkan masalah?
  • mengapa konsumen ingin masalahnya hilang?
  • apa manfaat usaha saya bagi konsumen?

2. customer segments

proposisi nilai berkaitan erat dengan segmentasi pelanggan. target konsumen dapat dibagi menjadi berbagai segmen berdasarkan kebutuhannya, misalnya berdasarkan usia, jenis kelamin, hobi, dan tingkat konsumerisme.

jadi bagaimana kita secara khusus mengenal target konsumen kita?

beberapa pertanyaan di bawah ini bisa digunakan untuk menentukan target konsumen anda!

  • kepada siapa solusi anda memiliki dampak paling positif?
  • apakah solusi anda cocok untuk individu atau perusahaan lain?
  • apa karakter individu atau perusahaan?
  • apakah solusi anda cocok untuk pria atau wanita? atau keduanya?
  • berapa umur mereka?

3. customer relationship

jadi, kami sebelumnya menentukan proposisi nilai dan segmentasi konsumen. langkah selanjutnya adalah memahami pelanggan anda dan “lebih dekat” dengan mereka.

ada banyak cara untuk mendekati konsumen – secara pribadi, melalui telepon, dan sebagainya.

dalam hubungan pelanggan, anda dapat mengetahui cara paling efektif untuk berinteraksi dengan konsumen dan calon pelanggan. misalnya, anda memiliki usaha online yang menjual aksesoris rambut dengan target usia 18-25 tahun. tentu saja, target konsumen anda adalah wanita yang suka berpenampilan baik atau berpenampilan rapi. jadi bagaimana anda membuatnya ingin membeli aksesoris rambut anda? memberikan informasi perawatan rambut, tips mengikat rambut dan lain sebagainya.

cara termudah untuk menjangkau konsumen milenial adalah dengan berinteraksi melalui saluran yang “sering dikunjungi oleh konsumen sasaran”, berkomunikasi dalam bahasa mereka (seperti milenial misalnya) dan menyediakan konten yang relevan dengan minat mereka.

4. channels

di bagian hubungan pelanggan, kami membahas bagaimana pdkt┬┤ dengan pelanggan anda berdasarkan bahasa dan minat mereka. sekarang adalah waktu untuk bertemu mereka dan berbicara dengan mereka.

bisa dikatakan bahwa saluran adalah titik temu anda dengan konsumen. pertanyaan-pertanyaan berikut dapat membantu anda mengidentifikasi tempat yang ideal untuk bertemu dengan mereka.

  • di mana lokasi pelanggan anda?
  • apakah mereka aktif menggunakan media sosial?
  • apakah dia suka mendengarkan radio atau aplikasi musik?
  • apakah mereka suka menghadiri acara atau seminar?
  • mereka menonton tv?

ini dapat menentukan di mana menempatkan iklan. baik itu di billboard, di instagram, di koran dan lain sebagainya.

5. key activities

aktivitas utama adalah aktivitas kerja anda sehari-hari untuk mencapai proposisi nilai. beberapa pertanyaan panduan yang perlu anda jawab:

  • jenis bisnis apa yang dapat diterapkan dalam perusahaan untuk membantu menjaga kepuasan pelanggan anda?
  • bagaimana dengan distribusi produk/jasa anda?
  • apakah anda memiliki tenaga ahli untuk menjalankan aktivitas sehari-hari perusahaan?

6. key resources

untuk tetap kompetitif dalam industri yang anda geluti, anda memerlukan sumber daya yang tepat karena sumber daya inilah yang anda miliki untuk mendukung kegiatan perusahaan. beberapa contoh sederhana dari aset utama adalah komputer, ruang kerja, karyawan, kendaraan, listrik, dan sebagainya.

7. key partners

dalam sebuah bisnis, anda membutuhkan partner untuk mendukung bisnis anda. jika anda belum menemukan keunikan produk / layanan anda sampai sekarang karena kurangnya jaringan, anda memerlukan mitra bisnis yang dapat membantu anda mencapai proposisi nilai.

jika anda membuka toko roti, anda membutuhkan pemasok bahan kue yang dekat agar bahan yang dikirim selalu segar. nah, supplier itu adalah partner utama anda dalam berbisnis, agar kualitas roti yang anda jual selalu terjaga.

jika anda menjalankan agensi manajemen media sosial, mungkin mitra utama anda adalah agensi layanan desain grafis untuk memastikan desain feed media sosial berkualitas baik untuk dikirimkan ke klien.

8. cost structures

struktur biaya adalah skema keuangan yang mendanai operasi perusahaan anda. berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk menjalankan bisnis perusahaan per hari? berapa banyak sumber daya yang digunakan? berapa harga pemasaran produk tersebut?

9. revenue streams

setiap bisnis membutuhkan aliran pendapatan untuk terus menjalankan bisnisnya sehari-hari. aliran pendapatan merupakan sumber pendapatan usaha dari berbagai sumber, seperti hasil penjualan, deviden, dan sebagainya.

bisnis model canvas adalah teknik yang efektif untuk diterapkan di seluruh bisnis karena dapat membantu memetakan bisnis anda secara terstruktur. anda bisa menggunakan model bisnis ini untuk mengubah ide anda menjadi hal yang konkrit.

jika anda memerlukan bantuan lebih detail tentang cara menggunakan bisnis model canvas, silakan hubungi kami untuk bantuan pelatih.