Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web Sederhana Untuk Pemula

Selaku permulaan, metode membuat aplikasi simpel berbasis website di dasar ini dapat jadi rujukan pendidikan awal. Semoga berhasil.

Sahabat, kita sering mendengar apa itu web. Nah, biasanya jaring itu sendiri dalam sebuah wadah digunakan sebagai tempat untuk mengirimkan informasi atau untuk berjualan. Dapat dikatakan bahwa web sangat berguna saat ini. Apalagi sekarang Anda sudah bisa memiliki web untuk membangun aplikasi berbasis web

Di era sekarang ini semuanya serba online, semua orang pasti membutuhkan dan mencari aplikasi online terutama untuk developer dan mahasiswa untuk melaksanakan tugas akhir.

Membuat Aplikasi Berbasis Web

Oleh karena itu, Mimin juga akan membagikan pengalaman belajar pemrograman dari awal kepada teman-teman secara gratis yang bisa kamu ikuti. Walaupun sederhana, semoga bermanfaat untuk Membuat Aplikasi Berbasis Web ini dan bisa menjadi referensi bagi anda semua.

Jenis Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi berbasis web ini semuanya dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yaitu database php dan mysql dan semuanya berbasis web.

Tentunya dengan membangun aplikasi berbasis web akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Berikut beberapa aplikasi berbasis web yang dapat Anda unduh melalui PC atau smartphone:

1. Aplikasi Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web

Aplikasi pengelolaan file email adalah suatu cara untuk membuat aplikasi berbasis web yang digunakan untuk melakukan korespondensi yang dikirim secara elektronik ke tujuan masing-masing.

Selain digunakan untuk surat menyurat, aplikasi pengelolaan file surat ini juga dapat diinput dan diikuti oleh pegawai yang bersangkutan.

Sehingga aplikasi ini bisa berfungsi aktif dalam mengantarkan data kepada karyawan secara kilat serta akurat.

Untuk source code aplikasi pengelolaan arsip surat ini dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL, dimana penulisan sintaks source code untuk aplikasi pengelolaan arsip surat ini dilakukan sedemikian rupa. mudah dimengerti.

Sehingga kedepannya diharapkan aplikasi ini dapat dikembangkan lebih lanjut, yang jelas melihat kebutuhan yang ada.

2. Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web CodeIgniter Web Framework

Pustakawan ataupun pengelola bibliotek, metode apa yang Kamu pakai buat mengelola bibliotek sepanjang ini?

Apakah Anda menggunakan cara manual atau cara modern? Ada banyak cara atau teknik untuk mengelola perpustakaan.

Salah satunya adalah penggunaan metode modern atau penggunaan software perpustakaan. Aplikasi berbasis web ini merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mempermudah proses pengelolaan perpustakaan.

Dengan menggunakan program software berbasis web, masyarakat dapat login dan mencari apakah buku yang ingin dipinjam masih tersedia atau tidak.

3. SISFO Kampus Terbaru Edisi ke 2 Berbasis Web

Aplikasi Sistem Informasi Kampus (SISFO) ini sudah menjadi aplikasi wajib bagi perguruan tinggi saat ini.

Perguruan tinggi dengan aktivitas akademik yang sedemikian kompleks tentunya sangat membutuhkan suatu sistem yang dapat membantu mempermudah pengelolaan dan mempercepat kerja civitas akademika dalam pengelolaannya.

Dengan SIISFO CAMPUS, pengelolaan informasi akademik dapat mencakup seluruh proses kegiatan akademik di kampus, mulai dari proses penerimaan mahasiswa baru (PMB), pembuatan kurikulum, KRS (penyusunan kartu rencana studi) hingga penyusunan formulir ruang kelas dan masih banyak lagi fungsi yang akan mempermudah pengelolaan, kegiatan di kampus.

4. Aplikasi Sederhana Cuci Mobil Motor dengan PHP MySQLi

Aplikasi Car Wash merupakan program yang cukup sederhana yang dibuat untuk perusahaan cuci mobil dan motor, sehingga sistem pelaporannya menjadi mudah.

Dirancang dengan antarmuka yang intuitif. Selain digunakan untuk pencucian mobil dan motor juga dapat digunakan untuk mempermudah proses administrasi secara cepat dan lancar serta mendukung proses pencetakan laporan pdf.

Program ini sudah mendukung proses bisnis sehari-hari dan terintegrasi satu sama lain.

5. Aplikasi Sippulsa

Sebut saja aplikasi berbasis web (SIPPULSA) dengan menggunakan framework Codeiginiter yang digunakan pada source code aplikasi penjualan ini, yaitu framework CodeIgniter 3.x dan halaman dashboard admin LTE.

Aplikasi penjualan pulsa ini merupakan aplikasi yang dirancang untuk memudahkan, mempercepat dan mengatur waktu manusia dalam melakukan transaksi penjualan dengan mencatat dan mencatat data transaksi penjualan impuls ini.

Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web Tanpa Coding

Jika agak rumit untuk Anda gunakan di atas, Anda bisa mencoba membuat aplikasi untuk website tanpa harus menggunakan coding.

Triknya adalah dengan menggunakan “pihak ketiga”. Baik itu aplikasi, situs web, atau penyedia layanan pengembangan aplikasi.

Salah satu cara membuat website sederhana tanpa harus menggunakan coding adalah dengan menggunakan Hermit – Lite Apps Browser. Aplikasi ini bisa menolong Kamu membuat aplikasi web memakai aplikasi tersebut

Yang harus Anda lakukan adalah mengunduhnya terlebih dahulu di app store yang ada, lalu masuk dan coba buat situs web.

  • Masuk dan buka tur fitur. Selanjutnya Anda akan menemukan 6 halaman dengan informasi tentang manfaat pertapa.
  • Klik tanda merah di kanan bawah. Kemudian, masukkan URL situs web di bilah layar. Alamat website terserah anda, jadi anda tidak perlu bingung jika harus memiliki website dengan aplikasi ini terlebih dahulu.
  • Jika sudah, Anda bisa mengganti nama aplikasi menggunakan alamat sesuai dengan favorit Anda. Cara ini hanya bisa dilakukan jika website yang sebelumnya Anda instal dengan nama domain sudah terbuka.
  • Kemudian, setelah mengklik tombol merah, Anda akan menemukan pop-up konfirmasi. Anda dapat mengklik Buat untuk melanjutkan.

Demikian penjelasan Membuat Aplikasi Berbasis Web untuk PC dan smartphone yang bisa Anda coba gunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis online Anda.