Tips Sederhana Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas, Tanpa Service

Panas pada laptop merupakan hal yang mengganggu pengguna laptop. Karena laptop yang terlalu panas akan mengakibatkan kinerja laptop menjadi lambat dan dampak yang paling parah adalah macet atau tidak responsif.

Laptop juga memiliki ruang yang sangat sempit dan padat, itulah sebabnya laptop sering cepat panas dibandingkan dengan Personal Computer (PC). Selain itu, sirkulasi udara di dalam laptop juga tidak begitu lancar.

Penyebab laptop cepat panas juga bisa karena kesalahan Anda yang tidak tahu cara menggunakan laptop dan merawatnya. Di bawah ini adalah 6 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas, apa saja itu?

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

6 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

1. Bersihkan laptop Anda secara teratur

Bersihkan laptop secara rutin, karena seringkali banyak debu yang menempel sehingga membuat sirkulasi udara laptop tidak lancar. Anda dapat membersihkan laptop menggunakan penyedot debu atau kipas pendingin.

2. Jangan meletakkan laptop di tempat tidur

Banyak orang sering meletakkan laptop mereka di tempat tidur ketika mereka menggunakannya. Hindari melakukan ini, karena kasur dapat menyerap panas dari laptop. Agar kasur menjadi hangat, karena kasur yang hangat ini berarti laptop menggunakan alas yang hangat. Selain itu, penggunaan laptop di atas kasur juga membuat sirkulasi udara laptop tidak merata.

3. Istirahat di depan laptop

Laptop juga bisa diibaratkan dengan tubuh manusia, karena laptop juga butuh istirahat. Jangan biarkan diri Anda menggunakan laptop terlalu lama, apalagi seharian. Hal ini akan berdampak pada naiknya suhu di dalam laptop.

Usahakan perangkat Anda istirahat saat digunakan dalam waktu lama, dengan cara ini laptop tidak mudah panas.

4. Pastikan layar LCD laptop tidak terlalu terang

Saat menggunakan laptop usahakan jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap ya, sesuaikan pengaturan layar LCD sesuai kenyamanan mata Anda. Cara ini juga bisa menjadi solusi lho, agar laptop tidak cepat panas.

5. Pastikan kipas berjalan normal

Komponen kipas di dalam laptop sangatlah penting. Karena kipas digunakan untuk mensirkulasikan panas pada laptop. Dengan kipas tidak bekerja, panas di dalam laptop menumpuk.

Agar kipas tetap menyala, lakukan perawatan pada kipas. Triknya adalah dengan membersihkan kipas angin agar kotoran tidak menempel di dalam dan membuatnya berjalan lambat dan tidak bekerja secara normal.

6. Periksa kondisi pasta termal

Thermal paste adalah gel yang menempel di bagian atas prosesor. Tujuan dari thermal paste ini adalah untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh prosesor. Coba cek kondisi thermal paste yang menempel di bagian atas prosesor, jika sudah kering coba ganti dengan mengoleskannya lagi di atas prosesor.

Thermal paste bisa dengan cepat meredam panas yang dihasilkan prosesor, dengan begitu bisa membuat komputer kamu cepat panas, lho.

Akhir Kata

Selain Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas di atas, Anda bisa langsung bertanya ke tukang reparasi komputer. Tanyakan langsung pada ahlinya. Biasanya Anda akan mendapatkan penjelasan terkait masalah laptop Anda.

Langkah-langkah di atas adalah beberapa Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas yang bisa Anda lakukan saat laptop. Selain melakukan perbaikan sendiri, Anda bisa mencoba meminta kepada tukang reparasi komputer. Semoga artikel ini membantu.