Penyebab dan Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Berhenti diAndroid

Bagi Anda pengguna aktif smartphone dan Android, kecepatan dan ketepatan pengoperasian tombol dan sinyal internet harus selaras. Karena jika job tersebut mengharuskan Anda untuk segera menyelesaikan job tersebut, namun aplikasi yang Anda gunakan tiba-tiba berhenti dan keluar dengan sendirinya.

Ada beberapa aplikasi yang sering mengalami “Sayangnya aplikasi telah berhenti” antara lain BBM, WhatsApp, Google Play, Kamera, Gallery, hingga game online seperti Clash Of Clans atau Mobile Legend yang sering menghadapi dan mendapatkan masalah tersebut, pada artikel kali ini Di artikel ini , kita akan membahas Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Berhenti di Android.

Sayangnya Aplikasi Berhenti

Penyebab utama “Sayangnya aplikasi telah berhenti”

Sebelum kita masuk ke cara memperbaiki aplikasi yang tiba-tiba muncul tulisan “Sayangnya Aplikasi Berhenti” Ada baiknya untuk mengetahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu, seperti:

Tumpukan file cache

Sampah elektronik atau biasa disebut cache bisa menjadi penghambat kelancaran aplikasi. Semakin banyak cache yang menumpuk akan mengganggu kinerja aplikasi

Aplikasi ini masih dalam BETA

Apliksi BETA atau masih dalam tahap uji coba dan kelayakan. Aplikasi yang belum formal dirilis umumnya cuma digunakan buat menguji pasar pengguna aplikasi. Akan ada banyak masalah yang akan terjadi saat menggunakannya yang akan menjadi catatan bagi pengembang aplikasi.

Aplikasi tidak sesuai atau tidak sesuai dengan Android Anda.

Beberapa versi Android tidak mendukung aplikasi. Jika terpaksa aplikasi tetap terinstal, biasanya inilah yang menyebabkan aplikasi berhenti tiba-tiba

RAM Android yang penuh.

Memori RAM berperan penting dalam menyimpan file aplikasi. Bila RAM penuh hingga kinerja smartphone hendak tersendat serta melambat, sehingga hendak pengaruhi aplikasi yang terinstal

Data aplikasi rusak.

Data yang berada dalam aplikasi dapat rusak oleh faktor-faktor tertentu, membuat aplikasi tidak dapat digunakan dan mati saat digunakan.

Koneksi internet terputus.

Hilangnya Internet secara tiba-tiba, dapat menjadi penghalang bagi aplikasi yang tidak berfungsi, bahkan aplikasi yang mengandalkan Internet sejak pertama kali dibuka menolak untuk berfungsi seperti biasa

Perangkat keras HP kedaluwarsa dan tidak cocok untuk digunakan.

Perangkat keras mempengaruhi semua aktivitas smartphone, jika usang, aplikasi yang diinstal juga akan terpengaruh.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Berhenti

Jadi, dengan mengatasi masalah di atas, ada beberapa cara kerja dan cara mengatasi masalah tersebut. Di bawah ini adalah ulasan dan cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Berhenti di Android, yaitu:

Menumpuknya file cache

Kamu dapat mulai mensterilkan file sampah di Android Kamu, triknya lumayan gampang. Anda tinggal masuk ke menu Setting, lalu pilih menu Applications, lalu klik menu Download dan selanjutnya tinggal cari aplikasi yang bermasalah dan file cache sudah penuh, lalu cari opsi “Clear cache”

Pembaruan aplikasi

Jika sudah begini, selanjutnya yang perlu Anda lakukan hanyalah memperbarui aplikasi yang memiliki peringatan “Sayangnya aplikasi telah berhenti”, misalnya muncul teks ketika Adna menggunakan aplikasi BBM, jadi perlu pergi ke pembaruan aplikasi pilih perbarui lalu tunggu beberapa saat yang lalu. Dan aplikasi Anda siap digunakan kembali

Mulai ulang ponsel Android Anda

Dengan cara ini, semoga Android Anda akan memperbarui lagi dan mendinginkan ponsel Anda yang panas dan tiba-tiba berhenti.

Flash

Cara ini sebenarnya adalah cara terakhir yang bisa ditempuh dan sebenarnya tidak dianjurkan sama sekali. Bagaimana bisa? Karena dengan mem-flash atau mem-flash ulang kemungkinan besar Anda akan kehilangan sebagian atau bahkan seluruh data yang Anda simpan.

Jadi sebaiknya, jika itu jalan yang perlu Anda ambil, ada baiknya Anda mencadangkan data Anda. Kemudian, dengan membackup data Anda, data Anda akan disimpan dan masih dapat digunakan setelah melakukan flashing Android.

Koneksi internet terputus

Masalah koneksi internet yang terputus ini sebenarnya tergantung dari provider yang Anda gunakan. Karena setiap supplier memiliki kelebihan dan kekurangan dalam berbagai hal. Misalnya Provider A dibandrol lebih mahal tapi kekuatan sinyalnya lebih bandel dan lebih aman. Atau memberikan T dengan harga yang jauh lebih murah dari yang lain, namun jika hujan dan cuaca buruk maka sinyal akan bermasalah.

Dan jika itu terjadi, harap matikan koneksi data Anda ke internet untuk sementara waktu. Jika demikian, hidupkan kembali. Semoga cara ini bisa membuat koneksi internet kamu semakin aktif.

Demikian tadi beberapa tips dan cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Berhenti. Semoga dapat memberikan informasi yang dapat menjadi referensi bagi Anda.