10 Rekomendasi Aplikasi Linux Yang Harus Anda Instal

Pengguna baru distro Linux mungkin masih mencari-cari Aplikasi Linux apa saja yang ada di sistem Linux. Jika Anda pernah menggunakan sistem operasi komputer selain Linux, aplikasi di sistem Linux mungkin berbeda dengan aplikasi yang biasa Anda gunakan di sistem operasi komputer lain. Berikut adalah 10 program yang harus Anda instal di sistem Linux Anda.

Saat memilih distro Linux, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Ada begitu banyak distro Linux yang tersedia dengan varian desktop yang berbeda dari yang sederhana hingga yang modern dan elegan. Gunakan desktop environment yang sesuai dengan spesifikasi hardware komputer yang akan diinstall di distro Linux. Sebaiknya jika Anda memiliki desktop/laptop dengan spesifikasi hardware minimal, gunakan distro Linux dengan desktop environment yang ringan, seperti: XFCE, LXDE atau LXQT.

Aplikasi Linux

Jika Anda pengguna baru distro Linux, sebaiknya pilih distro Linux dengan desktop yang mudah digunakan, seperti: Linux Mint. Namun, jika Anda ingin lebih berpengalaman dan ingin mempelajari sistem operasi Linux dari dasar hingga lengkap, Anda dapat memilih distro Linux yang menyediakan fasilitas tersebut, seperti: Arc Linux.

10 Aplikasi Linux Yang Harus Anda Instal

Meskipun ada banyak distro Linux yang tersedia, aplikasi yang digunakan di berbagai distro Linux cenderung sama. Mungkin perbedaan antara distro Linux dengan yang lain hanyalah lingkungan desktop dan cara mengoperasikannya.

Saat kita menginstal sistem operasi Linux, tidak semua distro Linux menyertakan program yang lengkap dalam proses instalasinya. Untuk melengkapi kebutuhan penggunaan komputer Anda, disarankan agar 10 Aplikasi Linux berikut disertakan dalam sistem Linux yang Anda gunakan.

1. LibreOffice

Sebagai aplikasi perkantoran open source, Anda harus menginstal LibreOffice di sistem Linux yang Anda gunakan. Tidak hanya sistem Linux, LibreOffice juga dapat digunakan pada sistem Windows dan OS X. Meski gratis, LibreOffice memiliki fitur yang cukup lengkap dan mungkin bisa menjadi alternatif terbaik untuk Microsoft Office.

Hampir semua pengguna komputer menggunakan aplikasi office untuk berbagai keperluan. Sesuai dengan fungsinya, aplikasi office sebenarnya merupakan salah satu aplikasi komputer yang sangat diperlukan, tidak hanya untuk menulis dokumen teks, tetapi juga dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti: membuat presentasi, database, menghitung data numerik dan lain sebagainya.

2. Mozilla Firefox Browser

Jika kita suka browsing menggunakan media internet, penggunaan web browser yang baik pasti akan memuaskan kita dalam menjelajah dunia maya. Tidak hanya itu, web browser yang cepat dan mudah pasti lebih populer dan salah satu yang paling populer saat ini adalah browser Mozilla Firefox.

Dengan berbagai fitur menarik yang dibawa oleh Firefox tentunya akan membuat kita semakin nyaman mengunjungi berbagai website untuk mencari informasi, data, video, audio dan berbagai keperluan lainnya. Firefox banyak digunakan sebagai aplikasi standar sistem oleh berbagai distro Linux populer, termasuk Linux Mint, Ubuntu, dan Debian. Jika Anda tidak terlalu menyukai Mozilla Firefox, Anda dapat menggunakan Google Chrome, Vivaldi, atau Opera Browser.

3. Gimp (Gnu Image Manipulation)

Mengedit foto bukanlah hobi semua orang. Namun, jika Anda sering menggunakan komputer, terkadang Anda mungkin perlu menyentuh program pengeditan gambar / foto hanya untuk membuat koleksi foto favorit Anda terlihat lebih menarik, dan tentu saja Anda akan lebih suka melihat koleksi foto yang Anda miliki.

Gimp merupakan program editing file gambar dengan fitur yang cukup lengkap. Aplikasi ini mungkin merupakan alternatif terbaik untuk Photoshop (Windows). Jika Anda suka mengedit gambar dan fotografi, pastikan Gimp ada di sistem komputer yang Anda gunakan. Tidak hanya di Linux, Gimp juga bisa digunakan di sistem Windows dan OS X.

4. VLC Media Player

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan media player yang satu ini. Ya, VLC Media Player adalah pemutar video dan audio yang kuat dan kaya fitur menarik. VLC tidak hanya dapat digunakan untuk mendengarkan musik atau menonton film, tetapi juga dapat digunakan untuk merekam layar komputer atau video yang sedang diputar.

Tidak hanya itu, fitur menarik lainnya yang dimiliki VLC adalah dapat mengonversi (convert) format video ke berbagai format, tergantung yang kita inginkan. Jika Anda mencari aplikasi pemutar media (Offline & Online), VLC mungkin menjadi pilihan terbaik untuk memuaskan selera Anda dalam memutar file audio dan video.

5. RedShift (Pengaturar Temperatur Warna Layar Monitor)

Warna pada layar monitor memiliki tingkat suhu yang berbeda. Jika Anda memiliki komputer pribadi, baik itu komputer desktop, laptop atau netbook, sebaiknya perhatikan suhu warna monitor komputer yang Anda gunakan. Mengatur warna layar komputer dapat mencegah mata cepat lelah, dan tentunya akan mencegah atau memperlambat kerusakan mata.

Banyak produsen komputer dan smartphone kini menyertakan fitur “pelindung mata” agar mata tidak cepat rusak akibat penggunaan komputer atau smartphone dalam waktu lama. Perangkat lunak pelindung mata ini adalah program yang secara otomatis dan manual menyesuaikan suhu warna layar komputer.

Pengguna distribusi Linux dapat menggunakan program bernama RedShift untuk menyesuaikan suhu warna layar komputer secara otomatis. Redshift gratis dan “open source”, sederhana dan mudah dijalankan di sistem komputer. Redshift bekerja berdasarkan pengaturan zona waktu sistem komputer yang Anda gunakan. Secara otomatis, suhu warna layar komputer akan berubah pagi dan malam sesuai pengaturan di Redshift.

6. Inkscape

Jika Anda pernah menggunakan sistem Windows sebelumnya, Anda mungkin akrab dengan program desain gambar vektor yang disebut Corel Draw. Pada sistem Linux, kita dapat menggunakan aplikasi dengan fungsi yang sama seperti Corel Draw. Aplikasi ini bernama Inkscape, yang merupakan aplikasi pencitraan grafis vektor berfitur lengkap.

Inkscape tidak hanya dapat berjalan di sistem Linux, pengguna sistem Windows juga dapat menggunakan aplikasi ini. Inkscape gratis dan open source, cocok untuk Anda yang suka mendesain logo, banner, atau gambar lainnya.

Inkscape dapat dengan mudah diinstal pada sistem Linux, banyak distribusi Linux populer menyertakan Inkscape dalam arsip mereka. Anda cukup mengetik sudo apt install inkscape di terminal Linux untuk menggunakan aplikasi ini. Untuk sistem Windows dan OS X, Anda dapat mengunduh file instalasi di https://inkscape.org. Inkscape juga tersedia di Ubuntu snap, Anda dapat menginstal Inkscape melalui Ubuntu snap.

7. Gparted

Meskipun distro Linux yang Anda gunakan dilengkapi dengan program manajemen disk, format USB, partisi hard disk, dan program serupa lainnya. Rasanya kurang lengkap jika tidak ada Gparted di sistem komputer. Aplikasi ini dapat melakukan berbagai perawatan pada media penyimpanan komputer, seperti: Hard Disk dan USB Flash Disk.

Gparted gratis untuk digunakan dan proses instalasinya juga mudah. Anda bahkan dapat menggunakan file ISO Gparted untuk menjalankan LIVE pada USB flash drive. Gparted dapat berjalan dengan baik di sistem Linux, Windows dan OS X. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna Linux cukup mengetik sudo apt install gparted di terminal, sedangkan pengguna sistem Windows dan OS X dapat mengunduh file instalasi Gparted.

8. gThumb (Photo Manager)

Aplikasi manajemen foto dan gambar standar Gnome Desktop ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Jika Anda suka mengoleksi foto/gambar, baik itu foto pribadi atau mungkin Anda suka melakukan aktivitas fotografi, tentunya Anda membutuhkan software untuk menata dan menampilkan koleksi foto Anda. Pengguna distro Linux dengan desktop Gnome dapat menggunakan aplikasi image viewer dan organizer yang disebut gThumb.

gThumb Tidak hanya menampilkan dan mengelola koleksi gambar, tetapi juga memiliki fasilitas pengeditan gambar sederhana
Meskipun ditujukan untuk lingkungan desktop Gnome, gThumb juga dapat berjalan di lingkungan desktop Linux lainnya. Hanya saja, mungkin beberapa fitur gThumb mungkin tidak berfungsi dengan baik, terutama fitur yang sinkron dengan aplikasi atau fitur di desktop Gnome. Namun, secara umum, gThumb dapat digunakan di lingkungan desktop berbasis Gnome.

Atau, Anda dapat menggunakan aplikasi lain yang memiliki fungsi yang sama dengan gThumb, seperti: Shotwell, DigiKam, F-Spot dan KphotoAlbum

9. Shutter (Screenshot)

Ada banyak cara untuk mengambil gambar di layar komputer, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard atau program “screenshot”. Meskipun ada banyak aplikasi screenshot yang bisa Anda gunakan, Shutter adalah pilihan terbaik dengan fitur lengkap. Jika Anda sering memotret di layar komputer, sebaiknya aplikasi ini ada di sistem komputer yang Anda gunakan.

Shutter dapat mengambil gambar dengan berbagai cara dan kita akan dimudahkan untuk mengambil gambar yang ada di layar komputer. Tidak hanya itu, Shutter juga dilengkapi dengan fitur untuk mengambil gambar semua halaman web menggunakan plugin gnome-web-photo. Selain untuk mengambil gambar, Shuter juga dilengkapi dengan fasilitas editing gambar sederhana, antara lain “crop gambar, panah, angka dan lainnya”. Sangat cocok untuk Anda yang suka menyisipkan gambar dalam dokumen yang Anda tulis.

10. Geany (Text Editor & IDE)

Geany adalah “editor teks” menggunakan Scintila dan GTK +. Geany tidak hanya bisa digunakan sebagai “text editor”, dengan plugin yang cukup lengkap, Geany merupakan salah satu IDE (Integrated Development Environment) yang banyak digunakan oleh mereka yang suka coding. Geany dapat diinstal pada sistem operasi Linux, Windows dan OS X.

Geany memiliki antarmuka yang bersih dengan struktur teks (kode) yang terstruktur dengan baik. Asyiknya pakai IDE yang satu ini. Geany berjalan dengan mudah di sistem komputer, sehingga tidak memakan terlalu banyak sumber daya. Sangat cocok untuk mengedit kode dalam bahasa pemrograman yang berbeda (C, C ++, C #, Java, JavaScript, PHP, HTML, LaTeX, CSS, Python, Perl, Ruby, Pascal, Haskell, Erlang, Vala dan lain-lain)

Kesimpulan

Linux adalah sistem operasi komputer open source. Kita bisa menggunakan sistem operasi komputer ini secara gratis dan legal. Aplikasi Linux yang tersedia di sistem Linux juga sebagian besar “open source” dan gratis. Linux dapat berjalan pada komputer dengan spesifikasi hardware yang rendah hingga baik. Variasi pengaturan desktop memungkinkan pengguna Linux untuk memilih desktop yang mereka inginkan atau menyesuaikannya dengan spesifikasi perangkat keras komputer yang Anda miliki.