Bagaiman Cara Menggunakan Dropbox? Manfaat, dan Trik Backup Website

Siapkan payung sebelum hujan. Mungkin Anda masih ingat dengan pepatah. Prinsip ini juga penting untuk diterapkan dalam pengelolaan website sebelum terjadi masalah yang menyebabkan hilangnya data.

Untuk ini, perlu dilakukan pencadangan berkala. Anda tidak tahu bagaimana? Pada artikel ini, kami akan menjelaskan Cara Menggunakan Dropbox untuk mencadangkan situs WordPress Anda secara otomatis.

Cara Menggunakan Dropbox

Apa itu Dropbox?

Dropbox adalah layanan penyimpanan online. Penggunaannya tidak jauh berbeda dengan File Explorer di pc Anda. Perbedaannya adalah Anda dapat mengakses file yang telah diunggah ke akun Dropbox Anda di perangkat yang berbeda melalui aplikasi.

Dropbox memiliki versi gratis dan berbayar. Versi gratisnya menyediakan kuota 2GB yang cukup untuk menyimpan cadangan situs web kecil.

Jika situs Anda membutuhkan lebih banyak penyimpanan, versi berbayar Dropbox dengan 2TB tersedia dengan harga $9,99 per tahun.

Cara menggunakan Dropbox tidak sulit. Di bagian selanjutnya, Anda akan dipandu tentang cara menggunakan Dropbox.

Cara menggunakan Dropbox

Persyaratan untuk menggunakan Dropbox pertama-tama adalah membuat akun. Caranya, login ke situs tersebut dan masukkan nama, alamat email dan password. Kemudian, pilih kotak centang di bawah formulir dan klik Daftar.

Kedua, Anda akan diminta untuk memilih jenis akun. Untuk memilih Dropbox gratis, klik teks yang ditunjukkan oleh panah pada gambar di bawah.

Ketiga, Anda perlu mengunduh Dropbox offline dan menginstal aplikasi Dropbox di perangkat Anda. Klik tombol unduh di halaman berikutnya untuk memulai pengunduhan.

Sehabis penginstal Dropbox diunduh, instal Dropbox serta tunggu prosesnya berakhir. Bila aplikasi telah terinstal, jendela di dasar ini hendak muncul. Klik Buka folder Dropbox saya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Di komputer Windows, aplikasi Dropbox terintegrasi sebagai direktori. Anda dapat menemukan direktori ini melalui File Explorer.

Oleh karena itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyeret file atau folder ke direktori tersebut jika Anda ingin menyimpannya ke akun Dropbox Anda. Jika Anda ingin memulihkan file yang disimpan di akun Anda dari perangkat lain, Anda juga cukup menyalinnya ke komputer Anda.

Tidak hanya menaruh file lewat aplikasi pc, penyimpanan Dropbox pula bisa diakses lewat website.

Dropbox dikenal sebagai layanan penyimpanan file. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Dropbox dapat digunakan untuk mem-backup situs WordPress. Untuk melakukan ini, Anda perlu menginstal plugin. Kami akan menjelaskan caranya di bagian selanjutnya.

Cara Backup WordPress ke Dropbox

Solusi untuk membackup WordPress ke Dropbox adalah dengan menginstal plugin Backup Guard. Setelah plugin diinstal dan diaktifkan, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyiapkannya. Pertama, klik menu di dasbor dan klik Cloud.

Kedua, klik tombol yang ditunjuk pada gambar di bawah untuk mengintegrasikan akun Dropbox Anda dengan Backup Guard.

Mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dibawa ke halaman otentikasi Dropbox. Klik Izinkan untuk mengonfirmasi integrasi Dropbox dengan Backup Guard.

Anda sekarang dapat mencadangkan WordPress dengan Dropbox. Untuk membuat cadangan pertama Anda, buka lagi dasbor Penjaga Pencadangan dan klik Cadangkan.

Pada pop-up yang muncul, masukkan nama cadangan dan pilih kotak centang Unggah ke cloud sehingga cadangan Anda juga disimpan di akun Dropbox Anda. Klik Cadangkan untuk memulai proses.

Perhatikan bahwa proses pencadangan dapat memakan waktu lama tergantung pada jumlah file dan basis data di situs web Anda.

Setelah pencadangan selesai, Anda dapat melakukan pemulihan dari dasbor Backup Guard. Untuk melakukan ini, klik tombol yang ditunjuk pada gambar di bawah ini.

Cara Backup WordPress ke Dropbox secara Otomatis

Langkah-langkah yang kita bahas di bagian sebelumnya adalah cara manual. Untuk melakukannya secara otomatis, klik Jadwalkan di dasbor Backup Guard, lalu klik tombol yang ditunjukkan pada gambar di bawah untuk mengaktifkan fitur pencadangan otomatis berkala.

Tentukan nama cadangan, interval dan pilih kotak centang Unggah ke cloud. Jika sudah, klik Simpan. Dengan cara ini, file dan database situs WordPress Anda akan dicadangkan secara otomatis. Mudah, bukan?

manfaat Dropbox untuk Anda

Menggunakan Dropbox tidak hanya untuk penyimpanan online file pribadi. Selain mencadangkan situs web WordPress, berikut adalah beberapa fitur Dropbox yang berguna untuk pengelola situs.

1. Dapat diakses di mana-mana

Seperti disebutkan di atas, Anda dapat mengakses penyimpanan Dropbox di berbagai perangkat. Saat ini, aplikasi layanan penyimpanan online ini dapat diunduh di berbagai sistem operasi, baik PC maupun mobile.

Plus, Anda masih dapat masuk ke akun Dropbox Anda melalui situs tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat mengakses file cadangan Anda kapan saja dan di mana saja.

2. Menjaga Keamanan Akun

Tentu saja, Anda tidak ingin bagian yang tidak diinginkan mengakses cadangan situs web Anda. Untungnya, Dropbox menggunakan enkripsi file 256-bit untuk mencegah penyimpanan pengguna disusupi.

Selanjutnya, lalu lintas data saat mengunggah atau mengunduh file dilindungi dengan Secure Socket Layer (SSL) untuk mencegah pencurian informasi.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengaktifkan sistem otentikasi dua faktor untuk menjaga keamanan login Anda. Untuk melakukannya, integrasikan Dropbox dengan layanan autentikasi favorit Anda, seperti Google Authenticator dan Authy.

3. Dapat digunakan secara gratis

Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk mulai menggunakan Dropbox. Penyimpanan 2GB sudah cukup jika situs Anda kecil dan tidak memiliki banyak fitur.

4. Pemulihan file

Dengan layanan penyimpanan online ini, Anda tidak perlu khawatir menghapus cadangan situs web secara tidak sengaja. Dropbox memiliki fitur pemulihan file yang berguna untuk memulihkan file yang terhapus. Dengan catatan, file yang dihapus tidak lebih dari 30 hari.

Cadangkan WordPress ke Dropbox sekarang!

Berikut Cara Menggunakan Dropbox untuk mencadangkan situs WordPress Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami jelaskan di artikel ini, Anda tidak bisa hanya menyimpan cadangan di Dropbox. Namun, Anda juga dapat secara otomatis mencadangkan data Anda pada interval yang ditentukan.

Terakhir, Anda bisa mencoba layanan cloud hosting murah Niagahoster untuk mendapatkan kecepatan dan layanan pelanggan terbaik dari kami!

Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di kolom yang disediakan di bawah ini.