7 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa dibuka di android

Beberapa kendala akan kita jumpai seputar smartphone salah satunya Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa dibuka di Android. Program yang tidak bisa dibuka sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Nama aplikasi itu sendiri tidak selalu dapat digunakan dengan benar. Walaupun smartphone yang kita gunakan adalah handphone yang sangat spesifik, namun tidak menjamin bisa membuka semua aplikasi.

Jadi ada beberapa alasan kenapa aplikasi tidak bisa dibuka di hp android. Namun alasannya bukan karena masalah pada smartphone saja, beberapa masalah justru terjadi karena aplikasi itu sendiri.

Mulai dari aplikasi yang rusak hingga aplikasi yang tidak sampai ke wilayah kita. Jika aplikasi tidak ditujukan untuk wilayah Indonesia, gunakan VPN TERBAIK untuk mengaksesnya.

Namun jika masalah muncul karena ponsel atau smartphone yang kita gunakan, hal itu sering terjadi karena ruang penyimpanan yang habis. Sampai masalah cache pada ponsel.

Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa dibuka

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa dibuka di android

Ada beberapa hal yang membuat aplikasi tidak bisa dibuka di ponsel Anda. Beberapa alasan tersebut mungkin perlu Anda coba atasi satu per satu agar aplikasi bisa digunakan kembali.

Namun, rata-rata aplikasi yang tidak bisa dibuka adalah aplikasi online. Dimana aplikasi online lebih cenderung tidak bisa dibuka dibandingkan dengan aplikasi offline.

1. Periksa Jaringan Internet

Jika aplikasi yang tidak bisa dibuka adalah aplikasi online, maka yang pertama kali harus dicek adalah koneksi internetnya. Apakah Anda menggunakan WiFi atau koneksi data, coba saja periksa koneksi telepon.

Anda bisa mengeceknya dengan membuka halaman atau aplikasi Youtube. Pastikan koneksi internet Anda sudah lancar.

Jika sebenarnya tidak ada masalah dengan koneksi, maka dapat dipastikan masalah tersebut muncul karena hal lain. Semua aplikasi online memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya.

2. Aplikasi rusak

Beberapa program yang tidak bisa dibuka adalah karena program tersebut corrupt. Ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti tidak kompatibel dengan perangkat Anda saat ini.

Aplikasi yang rusak juga dapat ditandai dengan hal lain karena aplikasi tersebut tidak dapat digunakan oleh semua pengguna. Jadi silakan periksa dengan pengguna lain apakah mereka dapat menjalankan program.

Jika pengguna lain juga tidak dapat menggunakan aplikasi, dapat dipastikan bahwa kerusakan ada pada aplikasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mendownload dari pihak ketiga selain Playstore.

3. Tunggu Update Aplikasi

Jika dirasa kerusakan sebenarnya karena aplikasi, silahkan tunggu sampai ada update. Anda dapat memeriksa pembaruan dengan masuk ke aplikasi Playstore.

  • Buka PlayStore di Android.
  • Pilih menu Cari di bagian atas.
  • Masukkan nama aplikasi yang dimaksud jika Anda telah memilih ikon pencarian.
  • Jika Anda sudah masuk, periksa untuk melihat apakah ada pembaruan.
  • Saat pembaruan muncul, cukup perbarui segera.

Setelah pengembang aplikasi mengetahui bahwa aplikasi mereka bermasalah, tidak perlu waktu lama bagi pengembang untuk melakukan pembaruan aplikasi. Silakan periksa bagian pembaruan dan segera perbarui aplikasi.

4. Ruang penyimpanan habis

Langkah selanjutnya untuk Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa dibuka di android adalah memastikan ruang penyimpanan ponsel Anda dalam posisi yang cukup bebas. Beberapa masalah terjadi karena ruang penyimpanan smartphone habis, yang tidak mereka sadari.

Oleh karena itu, pastikan kembali ruang penyimpanan HP Anda berada pada posisi yang cukup ringan. Untuk memeriksanya, buka menu penyimpanan dan periksa status memori ponsel Android.

Jika posisi ponsel sebenarnya cukup lelah, Anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi. Juga, jangan lupa untuk memeriksa cache HP yang sedang Anda gunakan untuk memberikan ruang ekstra.

5. Download aplikasi selain Playstore

Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android Selanjutnya adalah dengan mencoba mendownload dari pihak ketiga. Pastikan untuk mengunduh aplikasi dari situs atau situs web lain.

Situs yang menggantikan Playstore adalah situs push-to-click yang memiliki banyak aplikasi. Anda bahkan dapat mengunduh aplikasi dari berbagai versi.

Selain disadap, Anda akan menemukan banyak aplikasi yang sebelumnya tidak bisa ditemukan di Google Playstore. Jadi cara ini cukup efektif dalam menangani aplikasi yang tidak dibuka dengan cara mendownload versi sebelumnya dengan sekali tap.

6. Berikan akses ke izin aplikasi

Sebagian besar aplikasi tidak dapat digunakan secara normal karena izin akses ke aplikasi tidak aktif. Oleh karena itu, masukkan izin aplikasi untuk memeriksa ini.

  • Pergi ke pengaturan
  • Masuk ke menu aplikasi
  • Cara masuk ke aplikasi
  • Gulir untuk menemukan menu Izin
  • Pastikan semuanya telah diberikan akses

Akses ke izin aplikasi terkadang membutuhkan perhatian. Pasalnya, dengan akses izin, aplikasi dapat menggunakan fitur tambahan ponsel, termasuk akses ke data pengguna.

7. Mulai ulang Android

Cara paling sederhana namun sangat ampuh adalah dengan me-restart HP. Dimana anda bisa melakukan restart untuk mengembalikan performa ponsel seperti semula.

Biasanya aplikasi yang tidak bisa dibuka juga disebabkan oleh aplikasi lain. Jadi silahkan restart handphone anda dengan menekan tombol power selama beberapa detik kemudian pilih menu restart.

Beberapa aplikasi akan mempengaruhi aplikasi lain atau kesalahan akan muncul karena aplikasi tertentu. Cukup restart untuk mengatasi kesalahan yang mungkin terjadi pada ponsel Anda.

Kesimpulan

Berikut adalah beberapa langkah sederhana Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa dibuka di android. Dimana anda bisa dengan sangat mudah menerapkan cara diatas.

Intinya aplikasi yang gagal tidak sepenuhnya merusak ponsel tetapi banyak yang disebabkan karena aplikasi tersebut justru rusak. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat, ketahui juga cara memperbaiki hp samsung yang tidak bisa dimatikan pada informasi sebelumnya.