5 Cara Mudah Memperbaiki RAM Tidak Terbaca di Laptop dan PC

Ada beberapa masalah saat kita menjalankan komputer. Salah satu masalahnya adalah aplikasi berjalan lambat atau komputer sering macet saat dijalankan.

Hal ini biasanya disebabkan karena menjalankan aplikasi atau software terlalu berat sehingga RAM tidak kuat. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengupgrade RAM yang Anda gunakan.

Masalah RAM yang tidak terbaca ini biasanya lebih banyak pada sisi hardware atau perangkat keras komputer.

Memperbaiki RAM Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki RAM Tidak Terbaca di Laptop

Jika Anda pernah mengalami masalah pada laptop atau RAM komputer Anda, simak cara Memperbaiki RAM Tidak Terbaca pada Laptop atau Komputer Anda di bawah ini.

1. Hapus pin RAM

Salah satu masalah yang menyebabkan RAM tidak terbaca oleh laptop atau penyebab kerusakan RAM pada laptop adalah karena adanya debu atau kotoran pada pin RAM.

Apalagi jika laptop sering disimpan di atas meja dan tidak pernah tersimpan rapi di dalam tas. Ini jelas akan meningkatkan kemungkinan laptop yang terkenal dengan debu dan kotoran.

Oleh karena itu, cara pertama untuk memeriksa tanda tangan adalah Anda harus terlebih dahulu membongkar bagian belakang laptop menggunakan obeng. Kemudian keluarkan RAM dari slotnya.

Jika sudah membersihkan pin emas RAM menggunakan penghapus atau menggunakan tisu kering. Bersihkan hingga pin RAM terlihat mengkilat kembali.

2. Bersihkan slot RAM

Jika Anda sudah membersihkan pin RAM tetapi tidak berhasil, Anda bisa mencoba cara kedua ini, yaitu membersihkan slot RAM. Karena bisa jadi bagian slot RAM yang kotor karena terkena debu atau kotoran lainnya.

Anda dapat membersihkan slot RAM menggunakan kuas. Selain menggunakan kuas, Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya.

3. Ubah sistem operasi

Sistem operasi juga dapat berpengaruh pada RAM. Jika kapasitas RAM bisa sesuai dengan sistem operasi yang digunakan, sistem operasi akan kesulitan ketika dibaca oleh sistem.

Misalnya, Anda mengupgrade RAM menjadi 8GB, tetapi sistem operasi Anda menggunakan versi 32-bit.

Hal ini akan menyebabkan sistem operasi kesulitan membaca kapasitas RAM yang telah diupgrade atau diupgrade.

Oleh karena itu, solusi yang tepat untuk masalah seperti ini adalah dengan mengupgrade sistem operasi laptop Anda ke versi 64-bit.

Karena jika Anda meng-upgrade RAM, Anda perlu meng-upgrade perangkat lunak juga.

4. Mengatur RAM

Jika masalah tidak sah Anda tidak terpecahkan, Anda dapat mengatur ulang RAM MSConfig. Ada fitur yang disebut Memori Maksimum di MSConfig.

Fungsi dari fungsi Maximum Memory dapat digunakan untuk menambah memori RAM pada saat booting. Anda juga dapat memperbaiki RAM menggunakan MSConfig dengan cara berikut.

  • Akses menu Start pada toolbar.
  • Temukan kemudian buka aplikasi Run.
  • Jika sudah, ketik MSConfig lalu klik Enter.
  • Kemudian akan muncul menu System Setup. Buka tab Startup.
  • Kemudian klik Advanced Options, maka akan terbuka menu Advanced Options BOOT.
  • Centang pada bagian Maximum Memory, isi kapasitas memori yang paling tinggi hingga maksimal.
  • Jika Anda mengklik OK.
  • Terakhir, restart laptop Anda.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis laptop bisa menggunakan cara ini. Oleh karena itu, jika terjadi kesalahan pada laptop, berarti cara ini tidak dapat digunakan pada laptop.

Anda dapat mencoba mengulangi seperti di atas tetapi mengembalikan semua pengaturan seperti sebelumnya atau pengaturan default.

5. Ganti RAM

Jika keempat cara Memperbaiki RAM Tidak Terbaca diatas sudah anda lakukan namun tidak ada perubahan, maka satu-satunya cara untuk mengatasi masalah RAM ini adalah dengan mengganti RAM laptop lama dengan RAM baru.

Namun sebelum mengganti RAM baru, Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah RAM Anda yang bermasalah atau tidak.

Caranya cukup sederhana yaitu jika anda dan teman anda pernah menggunakan RAM yang masih bagus, coba instal di laptop anda.

Jika laptop bisa bekerja dengan baik, masalah terjadi pada RAM laptop. Di sisi lain, jika masih tidak mungkin untuk membacanya di laptop, masalahnya terjadi pada laptop itu sendiri.

Berikut cara Memperbaiki RAM Tidak Terbaca. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang bingung bagaimana cara memperbaiki RAM laptop yang tidak terbaca. Demikian dari teknoinside, semoga bermanfaat.