Cara Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Ada Suara

Laptop adalah komputer portabel kecil dan ringan, dengan berat hanya 1-6 kg. tapi biasanya juga tergantung dari ukuran, bahan dan spesifikasi laptop.

Dengan ukuran yang relatif kecil dan bobot yang ringan membuat laptop ini mudah dibawa dan diletakkan dimana saja. Ini akan lebih praktis daripada komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana karena harus dicolokkan ke sumber listrik.

Laptop dan komputer sama-sama berguna untuk membantu pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari dan juga bisa digunakan untuk hiburan mengisi waktu luang kita.

Memperbaiki Speaker Laptop

Nah berbicara tentang laptop, kini telah menjadi salah satu gadget yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Ditambah dengan perkembangan zaman dan teknologi, perangkat ini mudah didapatkan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Meskipun laptop dimiliki oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia, namun tidak semua orang tahu bagaimana cara mengatasi masalah yang muncul pada laptop mereka.

Contoh masalah yang biasanya muncul dan sering terjadi adalah laptop tidak mengeluarkan suara. Apakah ada di antara Anda yang pernah mengalami masalah ini? Apakah Anda tahu cara memperbaikinya agar speaker kembali normal?

Oleh karena itu, cukup penting bagi pengguna laptop untuk mengetahui cara Memperbaiki Speaker Laptop yang tidak mengeluarkan suara. Karena suara terkadang menjadi salah satu hal utama atau penting yang Anda butuhkan. Misalnya saat Anda sedang menonton film atau sekedar mendengarkan musik, jika tidak ada suara yang tidak bagus bukan?

Speaker laptop yang tidak berbunyi pasti membuat Anda dan pengguna laptop lainnya tidak nyaman dan bingung harus berbuat apa. Karena komponen ini merupakan hardware yang cukup penting untuk sebuah laptop.

Cara Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Ada Suara

Lalu bagaimana cara Memperbaiki Speaker Laptop yang tidak mengeluarkan suara tersebut sobat? Nah, pada kesempatan kali ini kami telah merangkum beberapa informasi penting tentang cara mengatasi laptop yang tidak berdering saat memutar lagu atau video.

1. Periksa volume pengeras suara

Hal-hal kecil yang sering dilupakan oleh banyak orang. Ketika laptop tidak berbunyi, mereka bingung apa solusinya. Padahal penyebab masalah ini seringkali karena hal-hal kecil. Salah satunya adalah lupa menaikkan volume speaker atau mode mute. Coba periksa dan besarkan volume di laptop Anda terlebih dahulu untuk memastikan.

2. Menginstall Driver Sound Card

Driver yang tidak cocok atau tidak cocok dengan kartu grafis Anda bisa menjadi salah satu penyebab masalah tersebut. Hal ini menyebabkan kartu grafis tidak dapat memperoleh dan memproses informasi audio dari aplikasi yang sedang berjalan.

Nah cara mengatasinya adalah dengan menginstal driver sound card yang anda miliki dengan benar dan benar. Jika Anda tidak menginstalnya dengan benar, itu tidak akan berfungsi dan laptop Anda tidak akan mengeluarkan suara. Jangan lupa install drivernya sesuai dengan bit laptop dan OS kamu, bisa cek disini.

3. Mengganti Soundcard Baru

Kartu suara digunakan untuk menerima instruksi dari prosesor untuk menghasilkan suara dengan suara tertentu. Perangkat ini bertugas mengubah data digital yang masuk menjadi suara yang dikeluarkan melalui speaker.

Ketika perangkat kartu suara rusak, suara tidak dapat diproses. Letak dan jenis sound card bervariasi berdasarkan merek atau tipe laptop yang ada di pasaran. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jenis kartu suara yang dimiliki laptop Anda.

4. Gunakan Speaker Eksternal

Tips selanjutnya adalah mencoba menggunakan komponen speaker eksternal. Dengan cara ini, kita dapat menguji di mana kerusakan terjadi dan alternatif agar laptop dapat mengeluarkan suara lagi.

Coba sambungkan speaker eksternal menggunakan kabel atau koneksi nirkabel. Jika ternyata laptop bisa berfungsi normal dengan komponen tersebut, kemungkinan speaker internalnya rusak dan perlu diganti.

Tetapi jika Anda benar-benar tidak berencana untuk menggantinya atau tidak punya uang. Jadi Anda bisa menggunakan speaker eksternal sebagai pilihan alternatif untuk sementara waktu. Setidaknya laptop bisa mengeluarkan suara untuk menonton film atau memutar mp3.

5. Mengganti Speaker Laptop

Speaker adalah bagian dari laptop yang menghasilkan suara setelah diproses oleh kartu suara. Jika laptop tidak berdering, komponen speaker mungkin rusak. Anda bisa membawanya ke service center dan jika setelah dicek rusak, gantilah dengan hardware speaker yang baru.

6. Ganti Kernel OS Laptop

Jika Anda menggunakan sistem operasi GNU/Linux, kernel yang Anda gunakan tidak sesuai dengan sistem operasi yang Anda miliki atau terdapat bug pada aplikasi, hal ini tentunya bisa menjadi masalah.

Nah untuk mengatasinya, anda bisa menginstall kernel yang tepat dan sesuai. Unduh variasi kernel yang sesuai di berbagai repositori online atau gunakan aplikasi Ukuu-GTK.

7. Menginstall Codec

Tidak memiliki codec yang tepat untuk membaca atau memutar file audio yang Anda coba putar dapat menjadi salah satu masalahnya. Karena codec adalah semacam “driver” yang dibutuhkan oleh aplikasi yang Anda jalankan untuk membaca encoding atau data audio yang telah ditulis ke sebuah file, seperti mp3, mp4 atau MKV.

Meskipun Anda telah menginstal driver yang benar dan sesuai, jika Anda tidak memiliki codec untuk membaca file audio, aplikasi tidak akan dapat mengeluarkan suara dan menjadi error.

Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi codec, seperti K-Lite Codec Pack, atau aplikasi lain untuk menginstalnya. Sehingga laptop Anda dapat diputar kembali saat Anda menggunakannya untuk menonton film atau video, serta untuk memutar musik atau lagu.

8. Bawa ke Tempat Services

Tips terakhir yang paling ampuh untuk memperbaiki laptop yang silent adalah dengan memperbaikinya. Jika Anda sudah mencoba semua tips tapi gagal, Anda bisa langsung membawanya ke ahlinya.

Di sana laptop Anda akan diperiksa untuk mengetahui komponen mana yang rusak dan tidak berfungsi. Cara ini lebih simpel dan praktis bagi yang tidak mau repot atau punya waktu untuk memperbaikinya sendiri.

Itulah beberapa Memperbaiki Speaker Laptop yang tidak mengeluarkan suara. Semoga tips di atas dapat memperbaiki perangkat Anda tidak berdering saat memutar lagu atau video. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang artikel ini, tulis di kolom komentar.