Tutorial Cara Instal Android di Laptop Tanpa Emulator

Tahukah Anda bahwa dual boot Windows Android adalah komputer atau laptop yang memiliki banyak sistem operasi. Kita tahu bahwa dualboot sering dikaitkan dengan istilah OS Linux yang dipasang berdampingan dengan sistem operasi Windows.

Meskipun tidak hanya Linux dengan Windows yang dapat melakukan dual boot, Android dengan Windows juga dapat melakukan dual boot. Di bawah ini saya bagikan Cara Instal Android di Laptop tanpa emulator. Sehingga tidak membebani kinerja laptop.

Cara Instal Android di Laptop

Persiapan untuk menginstal Android di PC portabel

Sebelum kita masuk ke pembahasan Cara Instal Android di Laptop, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Untuk menginstal Remix OS diperlukan spesifikasi minimal agar dapat bekerja dengan baik tanpa ada masalah. Pastikan komputer dan laptop Anda memiliki spesifikasi minimal sebagai berikut:

  • Memiliki sistem operasi Windows 7 (64-bit) atau yang lebih baru.
  • Prosesor I3 atau lebih tinggi, tidak mendukung chipset AMD.
  • RAM minimal 4GB.
  • Ruang penyimpanan yang tersisa setidaknya 8GB, disarankan 16GB.
  • Aktifkan teknologi virtualisasi di BIOS.

Jika perangkat Anda memenuhi spesifikasi minimum di atas, Anda dapat memulai proses instalasi Remix OS.

Tapi pertama-tama Anda perlu mengunduh file instalasi terlebih dahulu. Setelah semua bahan siap, ikuti tutorial menginstal Remix OS di laptop dan komputer berikut:

Catatan: Siapkan partisi KOSONG misalnya di D: atau di F: untuk Anda (untuk tempat menginstal remix). Minimal 30 GB

Cara Instal Android di Laptop Tanpa Emulator

Cara ini cukup sederhana sob, tapi perlu kamu ketahui, pastikan kamu menggunakan Windows 7, 8 dan 10 atau versi terbaru. Berikut Cara Instal Android di Laptop tanpa emulator.

1. Unduh sistem operasi Android

Silahkan download aplikasinya Aplikasi ini merupakan installer untuk dual boot Android dengan Windows. Saya share untuk versi 32 bit dan bisa di install di semua bit.

2. Ekstrak file

Ekstrak terlebih dahulu file instalasi yang telah anda download tadi. Kemudian jalankan file dengan mengklik dua kali pada file tersebut.

3. Masukkan ISO

Selanjutnya klik Browser lalu cari file ISO (Remix OS) pada file yang sudah anda ekstrak tadi.

4. Atur partisi

Tentukan juga tempat kita akan menginstal Remix OS, tinggal pilih harddisk dan partisi baru kosong, bebaskan D:\lainnya lalu lanjutkan dengan klik OK.

5. Atur ukuran sistem

Pilih jumlah ruang penyimpanan yang dialokasikan untuk Remix OS ini. Pilih berdasarkan ketersediaan ruang penyimpanan di perangkat Anda, tetapi disarankan untuk memilih 32GB, lalu OK.

6. Tunggu proses ekstraksi

Proses instalasi akan berjalan, silahkan tunggu sampai proses selesai. Sampai selesainya pemasangan dua dan tiga.

7. Nyalakan ulang sistem

Setelah proses selesai, pilih Reboot agar perangkat restart.

8. Pilih Remix OS

Setelah muncul tampilan, pilih Remix OS. Sehingga anda bisa langsung mengakses sistem operasi remix os berbasis android.

Tunggu beberapa saat hingga Remix OS akhirnya siap digunakan. Selamat, PC Anda telah dual boot dengan Remix Os Android for PC.

Fitur Remix OS

Untuk lebih jelasnya, lihat beberapa fitur Remix OS di bawah ini:

1. Menu Taksbar

Menu taskbar di Remix OS ada di bagian bawah, fungsinya untuk mengatur eksekusi aplikasi yang digunakan.

2. Fungsionalitas multitasking

Seperti Android di smartphone, Remix OS juga mendukung fitur multitasking. Kita bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus seperti menonton video sambil browsing. Kita juga bisa mengatur ukuran jendela tampilan sesuai keinginan.

3. Manajer file

Ada juga pengelola file yang mudah digunakan di Remix OS, jadi mudah digunakan. Dengannya kita dapat mengatur dan mengatur berbagai file penting yang kita miliki dengan cara yang praktis dan sederhana.

4. Sistem kursor

Seperti yang digunakan pada PC dan laptop, Remix OS juga mendukung sistem kursor seperti pada perangkat komputer. Kita bisa klik kanan, klik kiri atau drag and drop menggunakan fitur ini.

5. Tombol pintas dan pintasan

Agar lebih intuitif dan mudah digunakan, Remix OS juga mendukung fungsi hotkey dan shortcut. Dengan fungsi ini kita dapat mengakses berbagai hal dengan lebih mudah.

6. Kantor keliling

Agar lebih produktif, Remix OS juga memiliki fitur yang memungkinkan kita untuk membuka berbagai file dokumen office seperti office di komputer pada umumnya. Tentunya fitur ini akan sangat bermanfaat bagi penggunanya.

Baiklah mudah sekali sobat Cara Instal Android di Laptop agar bisa dual boot android dengan windows di pc, jika masih bingung atau ada yang ingin disampaikan. Selanjutnya anda bisa mengirimkan pertanyaan melalui kotak komentar yang telah disediakan, jangan lupa ikuti terus tutorial teknoinside menarik untuk menambah pengetahuan kita semua.