Cara Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Mudah dan Gampang

Sebagai pengguna perangkat laptop atau PC, sudah seharusnya kita mengetahui Cara Melihat Spesifikasi Laptop.

Agar nantinya kita bisa menggunakan perangkat yang kita miliki untuk bekerja yang sesuai dengan kinerja laptop atau komputer kita, agar tetap awet dan tidak mudah rusak oleh perangkat kita.

Biasanya komputer atau laptop mudah rusak jika digunakan untuk melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan kemampuan dan spesifikasinya.

Jika kita memaksakan penggunaan laptop atau komputer untuk pekerjaan yang tidak semestinya, misalnya jika spesifikasi laptop atau PC kita hanya untuk mengetik, buatlah colokan listrik.

Namun kita memaksanya untuk memainkan game-game berat, tentunya hal ini dapat dengan mudah merusak perangkat kita, bisa overheat dan merusak hardware yang ada di dalamnya.

Melihat Spesifikasi Laptop

Cara melihat spesifikasi laptop dan komputer

Berikut ini cara mengetahui Melihat Spesifikasi Laptop yang kami miliki, sehingga Anda dapat mengetahui ram, prosesor, dan spesifikasi laptop lainnya di bawah ini.

1. Verifikasi spesifikasi laptop dengan Dxdiag

Untuk langkah pertama bisa di cek tanpa aplikasi tambahan, aplikasi ini bawaan windows. Berikut cara cek spek laptop.

  • Langkah pertama, buka aplikasi dxdiag, Anda dapat mencari aplikasi dengan pencarian Windows. Atau kita juga bisa menekan tombol Windows + R, lalu tulis Dxdiag, lalu tekan enter. Lebih jelas lihat gambar di bawah ini.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi terbuka seperti gambar di bawah ini.
  • Selesai, sekarang disini kita bisa melihat spesifikasi lengkap perangkat kita, mulai dari sistem operasi yang digunakan, CPU, ukuran RAM, Bios, dll.
  • Untuk mengetahui spesifikasi VGA dan kartu suara apa yang dapat Anda gunakan, klik Tampilan atau Audio di sebelah Sistem.

2. Periksa spesifikasi laptop dengan panel kontrol

Untuk langkah kedua, Anda dapat masuk ke panel kontrol, fungsi ini dibangun ke dalam windows yang dapat Anda gunakan dengan mudah.

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi manajemen file atau file explorer di PC atau laptop Anda.
  • Kemudian jika aplikasi sudah terbuka, klik kanan This PC seperti gambar di bawah ini.
  • Sekarang, jika Anda mengklik kanan pada PC ini, sobat memilih Properties.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela yang menunjukkan spesifikasi laptop atau PC Anda, namun jika menggunakan cara ini tidak selengkap jika kita menggunakan Dxdiag pada cara pertama.

3. Melalui sistem komputer

Untuk langkah pertama Melihat Spesifikasi Laptop tanpa aplikasi tambahan. Anda dapat memeriksanya secara langsung dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka Windows Explorer dengan cara biasa atau dengan menekan “Windows + E” pada keyboard Anda.
  • Selanjutnya klik kanan opsi My Computer atau opsi This PC, lalu pilih properties.
  • Kemudian Anda dapat melihat beberapa informasi tentang spesifikasi komputer Anda seperti jenis, kecepatan, RAM dan sebagainya.

4. Ketahui spesifikasi laptop dengan CPU-Z

Pada tutorial kedua, disini kita membutuhkan aplikasi CPU-Z. Aplikasi ini dapat membantu untuk Melihat Spesifikasi Laptop secara detail spesifikasi cpu laptop, ram, processor dan lain-lain.

  • Download dan install CPU Z di komputer atau laptop Anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu anda buka dan anda bisa melihat secara detail spesifikasinya di komputer atau laptop anda.
  • Anda bisa melihat detail CPU dari nama prosesor hingga kecepatan inti di kolom CPU.
  • Untuk mengetahui informasi dari motherboard komputer dan laptop Anda, Anda dapat membuka kolom mainboard yang tersedia di CPU-Z.
  • Pada kolom jenis memori, Anda dapat melihat jenis memori, sedangkan di kolom kartu SPD, Anda dapat melihat slot RAM Anda dan berbagai informasi tentang RAM Anda.

5. Penggunaan perangkat lunak tertentu

Langkah terakhir kita bisa menggunakan aplikasi tambahan, disini anda bisa mendownload secara gratis untuk cek spesifikasi komputer dan laptop.

  • Silakan unduh perangkat lunaknya terlebih dahulu untuk memulai.
  • Setelah unduhan selesai, instal.
  • Kemudian buka dan Anda akan melihat informasi detail tentang spesifikasi CPU Anda.
  • Pada tab ringkasan, Anda dapat melihat secara detail spesifikasi PC Anda.

Kesimpulan

Nah, bagaimana caranya, cukup mudah bukan? selain cara diatas sebenarnya masih banyak cara lainnya, seperti menggunakan aplikasi cpu z tambahan, mencari spek laptop yang kita punya di internet menggunakan tipe yang kita miliki, membaca box, dll.

Namun kelima cara di atas merupakan cara termudah menurut untuk mengetahui spek lengkap dan mudah dari laptop atau PC Windows kita.

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa spesifikasi ponsel yang Anda tulis di artikel. Baterai, Penyimpanan, RAM, Prosesor dapat dikontrol sepenuhnya.

Jika ada teman-teman yang kurang paham dan ada yang ingin ditanyakan, bisa disampaikan melalui kolom komentar di bawah artikel Melihat Spesifikasi Laptop/PC Windows kami dengan cepat dan mudah.