Mengenal Sistem Kerja dan Fungsi Jantung yang Sehat

Fungsi jantung sangat berarti buat kelangsungan hidup manusia. Kedudukannya dalam memompa darah ke segala badan membuat seluruh sistem serta organ dalam badan senantiasa tertib. Pelajari lebih lanjut tentang guna jantung untuk badan serta metode kerjanya.

Jantung terletak di tengah dada, di sisi kiri badan. Jantung yang wajar serta sehat didukung oleh jaringan otot yang kokoh serta bekerja dengan baik buat memompa darah. Jantung yang terus berdetak sanggup mengalirkan lebih dari 14. 000 galon darah tiap hari.

Fungsi Jantung
1.bp.blogspot.com

Ukuran dan Anatomi Jantung

Jantung manusia nyaris seukuran kepalan tangan. Organ badan ini dibagi jadi 4 bagian, ialah atrium kanan serta kiri dan ventrikel kanan serta kiri. Tiap bagian jantung dipisahkan oleh susunan bilik yang diucap septum.

Proses pemompaan darah berlangsung lewat bagian- bagian ini. Buat membenarkan aliran darah, terdapat 4 katup yang bisa membuka serta menutup. Seluruh katup ini bertanggung jawab buat melindungi darah ke arah yang benar.

4 katup di jantung, ialah:

  1. Katup mitral terletak di antara atrium kiri serta ventrikel kiri. Flap ini diucap pula flap bikuspidalis sebab mempunyai 2 daun
  2. Katup aorta, terletak di antara ventrikel kiri serta aorta ataupun arteri pulmonalis
  3. Katup trikuspid, yang terletak di antara atrium kanan serta ventrikel kanan, mempunyai 3 penutup:
  4. Katup pulmonal, terletak di antara ventrikel kanan serta arteri pulmonalis

Fungsi Jantung Berdasarkan Bagian-bagiannya

Tiap bagian dari anatomi jantung mempunyai fungsinya masing-masing. Berikut uraian lebih lengkapnya bagian dan Fungsi Jantung:

1. Serambi kanan

Atrium kanan terletak di atas sisi kanan jantung. Bagian ini berperan buat menerima darah kotor dari vena serta memompanya ke ventrikel kanan. Darah kotor merupakan darah yang memiliki sedikit oksigen.

Pada bakal anak ada lubang di atrium kanan sehingga darah kaya oksigen bunda berbadan dua bisa mengalir langsung ke atrium kiri. Perihal ini berarti buat melancarkan peredaran darah bakal anak sebab paru- parunya belum dapat berperan.

Sehabis lahir, paru- paru balita hendak mengembang serta mulai berperan. Lubang tersebut hendak ditutup serta hendak terbuat pembatas antara serambi kiri serta kanan.

2. Bilik kanan

Ini merupakan bagian yang bertanggung jawab buat memompa darah kotor ke paru- paru sehingga karbon dioksida bisa ditukar dengan oksigen lewat proses respirasi. Ventrikel kanan terletak di dasar atrium kanan serta dekat ventrikel kiri.

Darah kotor yang mengalir lewat atrium kanan hendak melewati katup trikuspid buat menggapai ventrikel kanan. Darah ini setelah itu dipompa ke paru- paru lewat katup pulmonal serta mengalir lewat arteri pulmonalis.

Kala bagian jantung ini tidak berperan serta tidak bisa lagi memompa secara efektif, kandas jantung sisi kanan bisa tumbuh.

3. Serambi kiri

Atrium kiri terletak di kiri atas jantung. Bagian ini bertanggung jawab buat menerima darah bersih dari paru- paru. Darah murni merupakan darah yang memiliki oksigen. Darah murni masuk ke atrium kiri lewat vena ataupun vena pulmonalis serta setelah itu dipompa ke ventrikel kiri lewat katup mitral.

4. Bilik kiri

Ventrikel kiri jantung terletak di dasar atrium kiri serta dipisahkan dari katup mitral. Ventrikel kiri merupakan bagian sangat tebal dari jantung serta bertanggung jawab buat memompa darah murni ke segala badan. Keadaan tekanan darah besar bisa menimbulkan otot- otot di ventrikel kiri membengkak serta membeku, akibat meningkatnya beban kerja di ventrikel kiri jantung dengan memompa darah. Bila perihal ini terjalin terus menerus, guna ventrikel kiri buat memompa darah ke segala badan dapat tersendat.

Sehabis kita mengenali dimensi serta guna jantung, kita wajib menjaganya dengan pola hidup sehat, ialah makan santapan bergizi balance, olahraga secara tertib, lumayan rehat serta menyudahi merokok.

Bila Kamu hadapi kendala yang Kamu curigai terpaut dengan gangguan fungsi jantung, semacam perih dada serta sesak nafas, lekas miliki dorongan kedokteran buat perawatan.