Urutan Organ Pernapasan dan Fungsinya yang Benar!

Apakah Anda menyadari bahwa kita bernapas rata-rata 12-18 kali per menit? Artinya kita akan bernapas 17.280 kali dalam satu hari! Wah banyak juga ya! Meski terdengar banyak dan mudah, proses bernapas dalam tubuh kita bukanlah proses yang mudah, lho. Ada banyak organ yang berperan dan membantu proses pernapasan. Apa yang kamu lakukan? Mari kita bahas satu per satu Urutan Organ Pernapasan!

www.ayoksinau.com
www.ayoksinau.com

Urutan Organ Pernapasan dan Fungsinya

1. Hidung dan rongga hidung

Hidung merupakan organ terluar yang bersentuhan langsung dengan gas atau udara untuk bernafas. Fungsi hidung adalah untuk menghirup oksigen (O2) dan sebagai jalan keluarnya karbondioksida (CO2). Organ ini ditemukan di tengkorak dan terdiri dari tulang rawan, tulang, otot, dan kulit. Di dalam hidung terdapat rongga hidung yang berperan penting dalam proses pernapasan.

Rongga hidung berfungsi untuk melembabkan, memanaskan dan menyaring (menyaring) udara yang masuk ke dalam tubuh. Bulu serta lendir di rongga hidung berperan buat menangkap debu, spora jamur serta zat asing di hawa

2. Tenggorokan (faring)

Tenggorokan, juga dikenal sebagai faring, adalah saluran di mana kita menghirup udara melalui hidung. Di tenggorokan, Urutan Organ Pernapasan lanjutan dari laring (laring), trakea dan bronkus.

3. Pangkal tenggorokan (laring)

Laring, yang dikenal sebagai “kotak suara”, adalah hubungan antara faring dan trakea. Pada bagian ini terdapat pita suara dan katup epiglotis, yang memisahkan saluran makanan dari saluran udara.

4. Trakea

Trakea menghubungkan laring dengan bronkus dan menyediakan saluran udara dari leher ke dada. Dalam bentuk pipa. Fungsi utamanya adalah untuk membiarkan udara masuk dan keluar dari paru-paru. Organ ini terdiri dari cincin tulang rawan dan terletak di depan kerongkongan.

5. Bronkus

Bronkus adalah cabang dari trakea. Organ ini memiliki 2 cabang di sebelah kanan dan kiri paru-paru. Setelah melewati bronkus, percabangan akan berlanjut dari bronkiolus dan berakhir di alveolus atau gelembung udara. Bronkus dan bronkiolus berfungsi sebagai saluran udara dari trakea ke paru-paru.

6. Paru-paru

Paru-paru adalah organ vital pernapasan yang dilapisi oleh lapisan yang disebut pleura. Terletak di rongga dada di atas diafragma. Bentuknya mirip spons dan terdiri dari 2 bagian yaitu kiri dan kanan. Paru-paru kiri hanya memiliki 2 segmen. Sedangkan paru-paru kanan memiliki 3 ruas.

Benar? Bernapas tidak hanya melalui hidung. Masih banyak Urutan Organ Pernapasan lain yang berperan dalam proses pernapasan kita. Menurut Anda, organ mana yang paling unik dan memiliki banyak kelebihan?