Apa Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet? Simak Penjelasannya!

Dewasa ini, fungsi jaringan komputer dan internet semakin terasa dalam kehidupan sehari-hari. Segala macam aktivitas kita sehari-hari kini telah didukung oleh penggunaan jaringan komputer dan internet. Mulai dari tugas kuliah, bekerja, hingga memesan mototaksi secara online.

Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet
windows101tricks.com

Jaringan komputer dan internet sepintas sama jika dilihat dari segi fitur dan manfaatnya. Memang, kedua hal ini memiliki perbedaan. Apa perbedaan antara jaringan dan internet? Jangan khawatir bro, kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Namun, pertama-tama kami akan menjelaskan arti dari jaringan komputer dan internet, dan apa Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet. Ini ulasannya.

Pengertian Jaringan Lokal

Jaringan (network) atau jaringan komputer dengan sebutan lain, adalah suatu sistem yang menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lain yang terhubung untuk digunakan bersama-sama dalam cakupan area yang sempit. Jaringan komputer yang sama terdiri dari sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya, yang selanjutnya disebut node, yang semuanya terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel.

Jaringan komputer juga dapat didefinisikan sebagai seperangkat terminal komunikasi yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang terhubung bersama. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi atau data yang diangkut oleh pengirim (sender) dapat sampai kepada penerima (recipient) secara tepat dan akurat.

Setiap node bertindak sebagai workstation. Nah, salah satu node bertindak sebagai penyedia layanan atau biasa disebut sebagai server dan komputer lainnya sebagai klien. Perbedaan antara komputer server dan klien terletak pada otoritas yang mereka miliki. Node server mengelola fungsi tertentu dari node lain. Sedangkan client akan menggunakan layanan yang diberikan oleh server untuk berbagai hal, salah satunya adalah mencetak dokumen dengan printer yang terhubung dengan komputer server.

Jaringan komputer memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk integrasi data antar komputer klien, sehingga pengumpulan data yang berkesinambungan dapat dicapai dan diakses oleh setiap klien.

Cakupan penggunaan jaringan komputer umumnya cenderung kecil, karena jaringan komputer terhubung melalui kabel jaringan LAN biasa atau menggunakan jaringan nirkabel dalam satu area. Oleh karena itu, ruang lingkup penggunaannya terbatas dan hanya dapat digunakan di tempat yang tidak terlalu luas. Contohnya termasuk kantor, perguruan tinggi, dan sekolah.

Jika cakupan akan lebih diperluas, perangkat jaringan tambahan seperti hub, switch, jembatan dan router diperlukan sebagai perangkat yang mendukung interkoneksi. Perbedaan antara hub dan switch dengan perangkat lainnya terletak pada fungsi masing-masing perangkat dalam jaringan komputer. Fungsi router, misalnya, adalah untuk mengimplementasikan lapisan TCP tingkat ketiga, yaitu jaringan, yang menghubungkan area jaringan yang berbeda.

Sedangkan jenis jaringan komputer yang umum dijumpai adalah LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network).

Manfaat jaringan komputer atau Jaringan Lokal

Beberapa manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

  • Kami dapat mengakses file yang dimiliki oleh anggota jaringan
  • Kami mampu melakukan proses pengiriman data dengan cepat dan efisien.
  • Pengguna dapat mengirim teks, gambar, dokumen, audio atau video secara real time.
  • Efisiensi sumber daya dalam jaringan. Misalnya printer sangat dibutuhkan di sebuah kantor, maka kita cukup membeli sebuah printer untuk digunakan oleh semua karyawan di kantor tersebut.

Pengertian Internet

Pengertian Internet (atau istilah jaringan interkoneksi lainnya) adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan hingga milyaran jaringan komputer dari berbagai jenis dan jenis, dengan menggunakan berbagai jenis komunikasi, mulai dari jaringan telepon, satelit dan lainnya.

Internet juga dapat diartikan sebagai susunan umum PC (personal computer) yang saling berhubungan dan mengatur penggunaan konvensi Internet berupa protokol TCP/IP, yang dimaksudkan untuk menghubungkan berbagai gadget di seluruh dunia.

Perkembangan Internet pada awalnya merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui sebuah proyek yang disebut ARPANET. Awalnya, proyek ini dimaksudkan hanya untuk keperluan militer. Namun seiring berjalannya waktu internet terus berkembang hingga akhirnya bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Ini dimungkinkan berkat hibah dari National Science Foundation Network pada 1980-an, serta pendanaan swasta untuk ekspansi bisnis. Sehingga mendorong perkembangan Internet secara menyeluruh untuk mendorong inovasi dalam Internet.

Fasilitas yang tersedia di Internet

Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Internet:

  • E-mail (surat elektronik) adalah surat elektronik yang dikirim dan diterima melalui komputer atau gadget. Dengan e-mail, surat yang dikirim akan sampai ke penerima dalam sekejap.
  • File Transfer Protocol (FTP) adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Internet untuk mentransfer file.
  • Telnet (Jaringan Telekomunikasi) adalah protokol jaringan yang digunakan untuk menghubungkan ke server melalui port tertentu.
  • Telnet biasanya digunakan untuk berinteraksi langsung dengan komputer server.
  • World Wide Web (WWW), adalah kumpulan dokumen multimedia yang saling berhubungan dengan hyperlink, atau dengan kata lain
  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol), yang merupakan link yang digunakan untuk transfer antar dokumen.

Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet

Setelah mengetahui Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet, kali ini kita akan menjawab pertanyaan apa perbedaan jaringan dan internet? Inilah jawabannya.

  1. Jaringan komputer mengelola komputer dari awal, dari proses hingga akhir informasi atau data yang dikirimkan, yang disebut sebagai hub jaringan. Sedangkan Internet adalah susunan umum dari PC (personal computer) yang saling berhubungan yang mengatur penggunaan konvensi Internet melalui protokol TCP/IP, dalam menghubungkan berbagai gadget di seluruh dunia.
  2. Internet membantu pengguna mengakses World Wide Web (WWW), sementara koneksi jaringan membantu pengguna mengakses perangkat komputasi tertentu.
  3. Jaringan memungkinkan orang yang menggunakan komputer untuk terhubung ke web, dan setelah terhubung ke internet, orang dapat belajar banyak dan mendapatkan pengetahuan. Sementara di jaringan komputer, orang dibatasi untuk mengakses informasi yang dibagikan melalui jaringan.
  4. Internet menjadi kumpulan jaringan yang berbeda dan saling berhubungan di seluruh dunia. Komputer atau gadget yang terhubung dapat menjangkau hingga jutaan perangkat. Sedangkan jaringan adalah kumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung untuk melakukan tugas-tugas hanya pada suatu area tertentu.
  5. Jaringan adalah penghubung antar komputer. Sehingga transfer informasi dapat terjadi dengan kecepatan yang lebih cepat dan biasanya transfer informasi ini berlaku untuk dua orang atau perangkat. Sementara itu, Internet merupakan sumber untuk mendapatkan informasi dari orang yang jumlahnya tidak terbatas dan tidak ada batasnya.
  6. Jaringan merupakan sistem yang terpusat dan dikendalikan oleh orang-orang yang memiliki otoritas tertentu, yang diimplementasikan dalam jaringan client-server. Sementara itu, internet terdesentralisasi dan tidak ada pihak yang berwenang untuk mengendalikannya.

Kesimpulan

Dari berbagai Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet yang telah dibahas, maka dapat ditarik kesimpulan dan pokok-pokok perbedaan antara jaringan dan internet, yaitu:

  • Internet memiliki jaringan yang sangat luas, bahkan mendunia. Sedangkan jaringan hanya berada pada sekumpulan komputer dalam area yang kecil dan tidak terlalu besar.
  • Internet memiliki jaringan yang kuat, karena didukung oleh berbagai jenis komunikasi. Mulai dari telepon, satelit, serat optik dan jaringan lainnya.
  • Perkembangan internet semakin pesat. Sementara itu, perkembangan jaringan komputer secara umum cenderung lambat
  • Anda dapat mengakses Internet kapan saja, di mana saja. Sedangkan jaringan komputer biasa digunakan oleh perkantoran, sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit dan tempat terbatas lainnya.

Demikian artikel kami kali ini membahas Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet. Semoga informasi yang kami berikan kali ini dapat menambah pengetahuan anda. Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih jauh tentang jaringan dan internet, coba baca artikel kami yang membahas perbedaan Intranet, Internet, dan Extranet.