Cara Meredakan Batuk dan Menyembuhkan yang Perlu Anda Tahu

Batuk merupakan reaksi alami tubuh yang bertujuan untuk membuang berbagai zat yang dapat mengiritasi saluran pernafasan. Namun, batuk terus-menerus bisa menjadi gejala suatu penyakit. Kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untungnya, ada berbagai Cara Meredakan Batuk yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan batuk, mulai dari pengobatan rumahan, bahan-bahan alami hingga pereda batuk yang dijual bebas (OTC).

Cara Meredakan Batuk
welcomespb.com

Batuk adalah reaksi alami tubuh, bahkan saat Anda tidak sakit. Namun, batuk karena kondisi tertentu, seperti pilek atau flu, bisa mengganggu. Orang dengan alergi, sinusitis, dan asma mungkin mengalami batuk saat penyakitnya kembali.

Batuk yang terus-menerus dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan tubuh menjadi lemas, sehingga aktivitas sehari-hari Anda terganggu. Pasalnya, batuk membuat otot-otot di sekitar dada terasa sakit dan tenggorokan terasa kering dan perih.

Tips Cara Meredakan Batuk dan menyembuhkan

Agar aktivitas Anda tidak terganggu oleh batuk yang Anda alami, simak Cara Meredakan Batuk berikut ini:

1. Minum banyak cairan

Ketika pilek atau flu terjadi, virus meningkatkan produksi lendir atau lendir. Lendir berlebih dapat mengalir dari hidung ke bagian belakang tenggorokan dan menyebabkan Anda batuk dengan lendir tersebut.

Cara yang efektif dan mudah untuk mengobati batuk berdahak adalah dengan memperbanyak minum air putih. Akan lebih efektif jika Anda mengkonsumsi air panas.

Menurut studi klinis Universitas Cardiff dalam jurnal Rhinology, cairan hangat dapat membantu membersihkan tenggorokan dan mengendurkan lendir yang mengental, membuat lendir lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Ketika lendir tidak lagi menghalangi saluran udara, batuk akan mereda dan Anda akan bisa bernapas lebih mudah.

Cara menyembuhkan batuk pada ini paling baik jika dibarengi dengan peningkatan waktu istirahat. Dengan cara ini, sistem kekebalan tubuh Anda bisa lebih optimal menghentikan penyakit penyebab batuk.

2. Konsumsi obat batuk alami

Beberapa bahan atau obat batuk alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan batuk antara lain teh madu dan irisan lemon. Ini juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan membersihkan tenggorokan.

Cara Meredakan Batuk
assets.promediateknologi.com

Dalam banyak penelitian, salah satunya dari jurnal Family Physicians of Canada, madu diketahui efektif mengobati batuk pada anak bila tertelan secara teratur saat batuk.

Anda juga bisa mencoba minuman panas seperti wedang jahe atau jus nanas sebagai obat batuk alami. Nanas mengandung senyawa bromelain, yang bersifat antiinflamasi dan mukolitik, yang membantu tubuh memecah dan mengalirkan lendir yang menyumbat tenggorokan.

3. Berendam air hangat

Cara Meredakan Batuk ini memiliki khasiat yang sama dengan meminum minuman hangat untuk meredakan batuk. Uap yang dihasilkan oleh air panas yang Anda hirup dapat membantu melarutkan sekresi penghasil lendir di hidung ke faring untuk mengurangi batuk.

Mandi air hangat bisa menjadi cara mengatasi batuk yang bukan hanya karena pilek tapi juga alergi. Banyak orang percaya bahwa mandi tidak diperbolehkan jika Anda juga mengalami demam dan kedinginan saat batuk. Padahal membersihkan tubuh tetap penting bagi kesehatan.

Untuk mengobati batuk yang disertai demam, Anda bisa menggunakan waslap yang dibasahi air hangat untuk membersihkan tubuh. Untuk meredakan gejalanya, oleskan balsam yang mengandung kapur barus, minyak kayu putih, dan mentol pada dada, leher, dan punggung setelah mandi.

4. Menjaga kelembaban dan kebersihan udara

Udara yang kering dan kotor dapat memicu rinitis alergi, salah satu gejala dari reaksi alergi ini adalah batuk. Coba gunakan pelembab udara untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan sekaligus membersihkan sirkulasi udara dari partikel kotor, debu, dan bakteri penyebab batuk.

5. Berhenti merokok

Selain udara kering, semprotan beraroma dan asap rokok juga bisa memicu produksi lendir lebih banyak. Akibatnya, batuk menjadi lebih parah.

Cara terbaik dan tercepat untuk menyembuhkan batuk adalah berhenti merokok. Selain itu, salah satu bahaya merokok dapat merusak jaringan silia, yang berfungsi membersihkan dinding paru-paru dari kotoran dan lendir. Inilah sebabnya mengapa perokok aktif biasanya mengalami gejala batuk berkepanjangan dibandingkan dengan bukan perokok.

6. Berkumur dengan air garam

Saline bisa menjadi obat alami untuk mengeluarkan lendir. Cara menggunakan garam untuk meredakan batuk adalah dengan berkumur secara teratur (3-4 kali sehari) selama gejalanya berlangsung.

Selain membantu melonggarkan lendir yang telah memadat di bagian belakang tenggorokan, berkumur dengan garam dapat membersihkan bakteri dan alergen yang menempel di mulut. Anda hanya perlu 1/2 sendok makan garam yang dilarutkan dalam air hangat. Berkumurlah selama beberapa menit, tetapi berhati-hatilah agar tidak menelan larutan garam.

6. Minum obatnya

Jika Cara Meredakan Batuk di atas tidak cukup efektif untuk meredakan batuk, Anda bisa mencoba penekan batuk. Anda bisa dengan mudah mendapatkan obat batuk bebas di apotek.

Namun, ingat dulu untuk memastikan jenis batuk yang Anda derita: apakah batuk kering atau batuk berdahak? Metode ini membantu Anda memilih obat yang tepat untuk mengobati batuk Anda.

Beberapa jenis penekan batuk yang harus Anda pilih antara lain:

  • Dekongestan: Umumnya tersedia dalam jenis sirup obat batuk fenilefrin dan pseudoefedrin.
  • Supresor atau antitusif: terdiri dari dekstrometorfan, kodein
  • Ekspektoran: obat ekspektoran guaifenesin,
  • Mukolitik: obat yang melarutkan lendir bromhexine dan acetylcysteine
  • Antihistamin: Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati reaksi alergi seperti chlorphenamine, hydroxyzine, promethazine, loratadine, cetirizine dan levocetirizine.
  • Obat batuk kombinasi dalam bentuk sirup atau tablet terdiri dari campuran ekspektoran dan penekan dengan antihistamin, dekongestan dan pereda nyeri. Selain itu, ada juga obat batuk yang mengandung bahan aktif dextromethorphan HBr dan doxylamine succinate untuk memberikan sensasi hangat di tenggorokan dan membantu meringankan empat gejala batuk dan pilek.
  • Kondisioner yang mengandung kamper, minyak kayu putih dan mentol untuk memberikan efek hangat dan rileks pada saluran udara.

Penting untuk diketahui bahwa obat batuk yang dijual bebas hanya membantu Cara Meredakan Batuk tetapi tidak menyembuhkan penyakit yang mendasarinya. Oleh karena itu, jika batuk tidak kunjung reda setelah melakukan pengobatan rumahan dan meminum obat batuk tanpa resep dokter, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Batuk yang berlangsung lebih dari 3 minggu (batuk kronis) dapat menandakan masalah pernapasan yang serius.