8 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Cepat dan Dijamin Aman!

Berbagai macam Cara Memutihkan Wajah termasuk produk-produk pemutih kulit memang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai Cara Memutihkan Wajah?

Salah satu faktor yang memperbanyak produksi melanin adalah polusi udara. Produksi melanin yang banyak membuat kulit terlihat lebih gelap dan kusam. Jika Anda melakukan kegiatan, apalagi di luar ruangan, usahakan untuk memakai sunscreen, ya.

Sunscreen berguna untuk melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar matahari. Supaya protesi itu bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

Cara Memutihkan Wajah
3.bp.blogspot.com

Kulit wajah yang terlihat kusam tentunya akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Nah, ada beberapa cara memutihkan kulit wajah secara alami yang bisa Anda lakukan dengan mudah, baik melalui perawatan luar maupun dalam.

Kulit wajah tampak bersih dan berkilau memang diinginkan oleh banyak orang. Melakukannya tidak sulit dan tidak memerlukan penggunaan produk perawatan kulit wajah yang mahal.

Anda hanya perlu rutin menjaga kesehatan dan kemurnian kulit wajah serta memastikannya tetap terhidrasi. Selain itu, penting juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh untuk mencapai kulit yang lebih bersih dan sehat.

8 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Ada beberapa Cara Memutihkan Wajah secara alami dan mudah dilakukan, yaitu:

1. Membersihkan wajah secara rutin

Untuk mencerahkan kulit wajah, pastikan untuk membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari, pagi dan sore hari sebelum tidur. Ini adalah salah satu langkah awal dalam perawatan wajah untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kulit.

Sebaiknya gunakan pembersih wajah berdasarkan jenis kulit Anda. Misalnya, pembersih wajah dengan bahan pelembab untuk jenis kulit kering atau produk berlabel hypoallergenic untuk kulit sensitif.

Saat mencuci muka, disarankan untuk menggunakan air hangat. Pijat wajah Anda dengan gerakan melingkar ringan, bilas sampai bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

2. Memakai toner

Setelah membersihkan wajah, Anda dapat menggunakan toner untuk menutrisi, menghidrasi, dan menutrisi kulit. Teknik pembersihan ganda ini juga menghilangkan sisa riasan atau kotoran yang tidak terdeteksi oleh pembersih wajah biasa.

Beberapa tonik juga dapat mengatasi masalah kulit, seperti kulit kusam, jerawat, dan kulit yang rusak akibat sinar matahari. Hasilnya, kulit di wajah tidak hanya tampak lebih sehat, tetapi juga lebih jernih, bersih, dan lembut.

3. Menggunakan pelembap wajah

Saat wajah Anda sudah benar-benar bersih, aplikasikan pelembab wajah sesuai dengan jenis kulit Anda agar kelembapan pada kulit tetap terjaga dengan baik. Tak hanya itu, beberapa produk pelembab juga telah diperkaya dengan antioksidan yang mampu mencerahkan kulit wajah.

Untuk hasil yang maksimal, oleskan pelembab pada kulit yang masih sedikit basah setelah mandi atau setelah mencuci muka.

4. Mengoleskan tabir surya

Tabir surya merupakan bagian dari perawatan untuk mencerahkan kulit wajah, jangan sampai terlewatkan. Mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 30 setiap hari juga dapat mencegah kanker kulit, melindungi kulit dari efek negatif sinar ultraviolet, dan memperlambat penuaan kulit.

Tabir surya harus dioleskan kembali setiap 2 jam dan saat kulit terkena air atau keringat. Selain itu, tabir surya juga harus dioleskan 30 menit sebelum keluar rumah.

5. Menggunakan masker wajah alami

Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti masker wajah seperti lemon, madu, mentimun, susu, yogurt, teh hijau, minyak zaitun, bibit gandum, lidah buaya, dan kopi.

Jika dilakukan secara rutin, perawatan masker wajah berbahan alami ini dapat mencerahkan kulit Anda. Hal ini karena kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral dan antioksidan pada bahan alami masker mampu membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan memperbaiki jaringan kulit wajah yang rusak.

Meskipun umumnya aman, penggunaan masker wajah alami tidak boleh sembarangan karena beberapa orang mungkin alergi terhadap bahan-bahan tertentu.

Oleh karena itu, uji terlebih dahulu dengan mengoleskan bahan-bahan alami yang akan digunakan untuk kulit di tangan Anda. Tunggu hingga 24 jam dan lihat bagaimana kulit Anda merespons. Jika muncul tanda-tanda kemerahan, benjolan, dan gatal-gatal, sebaiknya hentikan penggunaan bahan-bahan tersebut dan coba bahan lainnya.

6. Minum air putih yang cukup

Kecerahan kulit wajah tidak cukup jika hanya datang dari luar, tetapi juga harus didukung dengan perawatan dari dalam. Salah satunya adalah memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari untuk menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Ketika asupan cairan tubuh tercukupi, sel-sel kulit juga akan berfungsi dengan baik dan sirkulasi serta aliran darah akan lebih merata. Dengan begitu, kulit dan wajah juga akan tampak lebih sehat dan cerah.

7. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Selain minum air putih yang cukup, untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan awet muda, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat untuk kulit Anda. Misalnya, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan kaya protein.

Hal ini karena berbagai nutrisi dalam makanan berperan penting dalam memperbaiki jaringan kulit dan merangsang pembentukan kolagen.

8. Mengendalikan stres

Stres juga tampaknya mempengaruhi kesehatan kulit. Stres yang tidak terkontrol dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif dan memicu berbagai masalah kulit, seperti kulit kusam, jerawat, eksim, psoriasis, dan rosacea.

Ada banyak cara untuk mengatasi stres, seperti tidur yang cukup dan meluangkan waktu untuk aktivitas yang Anda sukai. Jangan lupa untuk berlatih secara teratur, oke?

Akhir Kata

Ada beberapa Cara Memutihkan Wajah secara alami. Jika Anda sudah mengaplikasikannya dengan baik tetapi kulit Anda masih terlihat kusam dan tidak cerah, Anda bisa menghubungi dokter. Dokter dapat membantu Anda memberikan perawatan kulit yang tepat untuk kondisi dan masalah kulit Anda.