Organ Penyusun Sistem Pencernaan Dari Mulut Hingga Anus Pada Manusia

Organ Penyusun Sistem Pencernaan – Sistem pencernaan merupakan rangkaian organ dalam tubuh yang berfungsi untuk mencerna makanan. Mencerna makanan yang telah dimakan adalah cara tubuh mendapatkan energi. Karena begitu makanan atau minuman tersebut dicerna, akan ada nutrisi yang bisa diubah menjadi energi.

Oleh karena itu, tubuh yang penuh dengan makanan atau minuman akan terasa lebih sehat dan dapat beraktivitas tanpa merasa lemas. Ini pasti berbeda jika seseorang tidak makan.

Organ Penyusun Sistem Pencernaan
3.bp.blogspot.com

Mengacu pada buku harian sistem pencernaan makanan Agustinaniati, proses sistem pencernaan dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu proses mekanis dan proses kimia.

  • Proses mekanis terdiri dari mengunyah gigi menggunakan lidah dan meremas yang terjadi di perut.
  • Proses kimia adalah pembubaran dan degradasi makanan oleh enzim pencernaan dengan mengubah molekul makanan besar menjadi molekul yang lebih kecil.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang sistem pencernaan, berikut adalah organ-organ yang berperan penting dalam pencernaan manusia.

Organ Penyusun Sistem Pencernaan Dari Mulut Hingga Anus

Merujuk pada jurnal Dr. Ramlawati Organ Systems in Humans, M Ya, Organ Penyusun Sistem Pencernaan mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mulut

Makanan yang masuk ke mulut terlebih dahulu melewati mulut. Di dalam mulut ini terdapat lidah dan gigi yang berfungsi untuk mengunyah makanan dalam porsi yang lebih kecil. Ini membuat makanan lebih mudah dicerna.

2. Kerongkongan

Setelah makanan dicerna di dalam mulut, makanan akan masuk ke kerongkongan. Bentuk kerongkongan diperkirakan menyerupai pipa air dengan panjang 25-30cm. Makanan di kerongkongan hanya bertahan 6 detik dan tidak ada proses pencernaan.

Namun, makanan sebelum masuk ke kerongkongan akan melewati tenggorokan atau faring. Untuk mencegah makanan masuk ke saluran udara, ada epiglotis di faring. Setelah tertelan, epiglotis akan menutup saluran udara.

3. Lambung

Setelah kerongkongan, Organ Penyusun Sistem Pencernaan selanjutnya adalah Lambung, makanan akan menuju ke organ lain yang disebut lambung. Di dalam lambung ini, makanan akan dicerna secara mekanis karena lambung memiliki lapisan otot.

Dengan adanya lapisan otot ini maka perut dapat melakukan gerakan kontraksi yang berfungsi mencerna makanan dan mencampurnya dengan enzim sehingga membentuk bubur.

4. Usus Halus

Saat dicerna oleh lambung, makanan akan berpindah ke usus halus. Pada bagian ini, usus halus memiliki struktur yang disebut vili. Fungsinya untuk memperluas permukaan usus dan dengan demikian meningkatkan penyerapan.

5. Usus Besar

Ada beberapa zat di usus kecil yang tidak bisa diserap. Oleh karena itu, obat akan berpindah ke usus besar. Di usus besar, sisa makanan akan diurai menggunakan bakteri Escherichia coli.

Juga, salah satu fungsi usus besar adalah menyerap air yang tersisa dalam makanan. Kemudian katup akan memastikan bahwa sisa makanan yang masuk ke usus besar tidak kembali ke usus kecil.

6. Anus

Di usus besar, sisa makanan akan berubah menjadi tinja dan pindah ke anus. Kotoran ini akan dikeluarkan ketika orang memiliki kotoran. Proses ini juga disebabkan oleh otot-otot dinding perut.

Itulah artikel tentang Organ Penyusun Sistem Pencernaan pada manusia, semoga menabah wawasan, Thanks